Advertorial

Semakin Mudah, Begini Cara Gunakan Aplikasi MyBlueBird 5 untuk Pesan Taksi hingga Kirim Paket

Kompas.com - 10/02/2021, 20:20 WIB
Ilustrasi: Dok. Humas Bluebird Ilustrasi: Dok. Humas Bluebird

KOMPAS.com – PT Blue Bird Tbk, sebagai salah satu penyedia layanan transportasi terdepan di Indonesia, kini menghadirkan inovasi terbaru untuk meningkatkan layanannya.

Demi menyuguhkan pengalaman bermobilisasi yang lebih mudah, aman, dan praktis, Bluebird Group meluncurkan aplikasi pemesanan versi terbaru, yaitu MyBlueBird 5.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, beragam layanan Bluebird semakin mudah untuk diakses.

Mengusung filosofi "A New Mobility Symphony", Bluebird memperbarui desain antarmuka untuk memberi kenyamanan kepada pelanggan saat menggunakannya.

Tampilan aplikasi MyBlueBird 5 juga lebih segar dibandingkan versi sebelumnya dengan memberikan user experience (UX) yang lebih baik.

Untuk memudahkan Anda dalam melakukan perjalanan, MyBlueBird 5 telah dilengkapi delapan fitur andal. Fitur-fitur tersebut adalah Chat to Driver, Fixed Price, Multi-Payment, All-in-One Service, Reorder, Predictable Pick Up Time, Customizable Favorite Places dan All New Design.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui fitur-fitur tersebut, Anda bisa menggunakan berbagai layanan Bluebird Group dengan lebih praktis, mulai dari memesan taksi, sewa taksi untuk keluarga, hingga memakai layanan ekspedisi BirdKirim, kini bisa dilakukan lewat satu aplikasi.

Berikut langkah-langkah memesan layanan Bluebird dengan aplikasi MyBlueBird 5.

Pesan taksi

Berkat MyBlueBird 5, memesan taksi Bluebird kini semudah mengetukkan jari di layar smartphone.

Misalnya, Anda berencana melakukan perjalanan dari kawasan Setiabudi Kuningan ke mal Senayan City, Jakarta Pusat.

Saat membuka aplikasi MyBlueBird 5, antarmuka aplikasi tersebut langsung menyuguhkan isian lokasi penjemputan dan alamat tujuan. Jadi, Anda bisa langsung mengisi “Setiabudi One” untuk lokasi penjemputan dan “Senayan City” sebagai alamat tujuan.

Berikutnya, Anda mengetuk button "Lanjut" yang terdapat di sisi bawah sebelah kanan. Pilihan jenis armada taksi yaitu Bluebird (sedan), Bluebird Van, dan Silverbird akan tampil pada layar. Terdapat juga informasi estimasi waktu penjemputan ke lokasi Anda, estimasi harga, dan kapasitas penumpang di masing-masing jenis armada.

Sebagai contoh, Anda ingin melakukan perjalanan menggunakan armada Bluebird Van. Estimasi kedatangan Bluebird Van ke lokasi penjemputan yaitu 2-3 menit dengan estimasi harga Rp 40.000 sampai Rp 46.000.

Sebagai informasi, Bluebird menyediakan fitur fixed price di aplikasi terbarunya. Fitur ini memungkinkan Anda mendapatkan tarif perjalanan yang lebih pasti.

Lewat fitur tersebut, tarif perjalanan yang dibayarkan akan sama dengan nominal yang tertera pada aplikasi, terlepas dari kondisi jalanan macet atau sedang jam sibuk.

Setelah setuju dengan penawaran tersebut, Anda bisa langsung klik ikon taksi Bluebird Van, kemudian masuk ke halaman konfirmasi. Di laman tersebut, Anda dapat menuliskan pesan instruksi penjemputan kepada driver (opsional).

Di laman yang sama, Anda bisa memilih metode pembayaran secara tunai maupun nontunai melalui fitur multi-payment.

Untuk pembayaran nontunai, Bluebird menyediakan kanal e-voucher Bluebird, kartu kredit, dan dompet digital rekanan.

Setelah menentukan metode pembayaran, ketuk button "Konfirmasi Bluebird". Pengemudi akan segera tiba menjemput Anda. Namun, bila Anda ingin melakukan perjalanan di waktu tertentu, Anda bisa mengetuk button "Jadwalkan" untuk menentukan hari, tanggal, dan jam penjemputan.

Nah, sembari menunggu pengemudi, Anda juga bisa memanfaatkan fitur chat to driver. Melalui fitur ini, Anda dapat melakukan chatting dengan pengemudi Bluebird Group.

Yang tak kalah spesial, sistem akan menginformasikan ke pemesan apabila pengemudi tidak dapat membalas pesan ketika sedang mengemudi guna memastikan keamanan bagi sesama pengguna jalan. Fitur keamanan ekstra ini dimungkinkan dengan adanya teknologi GPS yang sudah tertanam di setiap armada Bluebird.

Layanan rental Goldenbird

Dengan MyBlueBird 5, Anda juga bisa menyewa kendaraan dengan lebih mudah. Layanan ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan rencana perjalanan bersama Goldenbird.

Misalnya, Anda kedatangan anggota keluarga dari luar kota dan ingin mengajak mereka jalan-jalan keliling Jakarta. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan layanan sewa melalui aplikasi MyBlueBird 5.

Caranya pun mudah. Anda tinggal mengisi lokasi titik penjemputan dan tujuan. Lalu, pilih menu layanan “Sewa”.

Setelah itu, Anda dapat memilih beragam jenis armada Goldenbird, mulai dari Toyota Avanza, Innova, Camry, Mercedes Benz, hingga Alphard. Anda pun dapat mengatur durasi sewa yang diinginkan, baik per jam maupun harian.

Tarif yang ditawarkan juga tergantung pada jenis armada yang dipilih serta durasi sewa. Setelah memilih jenis armada, ketuk pilihan “Konfirmasi” bila ingin langsung melakukan perjalanan. Anda juga dapat menjadwalkan rencana perjalanan dengan mengetuk pilihan “Jadwalkan Golden Bird”.

Sama dengan jenis pesanan sebelumnya, metode pembayaran yang bisa dipilih adalah secara tunai dan nontunai melalui fitur multi-payment rekanan Bluebird.

Pengiriman paket

Di aplikasi MyBlueBird 5, Bluebird juga menghadirkan layanan pengantaran logistik untuk para pelanggan, yakni BirdKirim.

Layanan tersebut merupakan salah satu bagian dari fitur all-in-one service. Dengan layanan ini, Anda bisa mengirim barang menggunakan jasa Bluebird.

Cara mengakses layanan tersebut sangat mudah. Setelah membuka aplikasi MyBlueBird 5 dan memasukkan alamat penjemputan dan alamat tujuan, Anda tinggal memilih opsi layanan“Kirim”.

Setelah itu, estimasi biaya pengiriman paket yang telah disesuaikan antara jarak lokasi penjemputan barang dan alamat tujuan pengiriman akan tampil pada layar.

Selanjutnya, Anda akan diminta memasukkan detail informasi, seperti jenis barang yang dikirim, data pengirim (nama dan nomor telepon), dan data penerima (nama dan nomor telepon), kemudian klik “Simpan”.

Anda bisa langsung mengirimkan paket saat itu juga atau menjadwalkan waktu pengiriman sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sama dengan dua layanan sebelumnya, Anda bisa memilih metode pembayaran yang bisa dilakukan secara tunai maupun nontunai melalui fitur multi-payment rekanan Bluebird.

Nah, itulah langkah-langkah mengakses layanan Bluebird Group melalui aplikasi MyBlueBird 5. Mudah bukan?

Kini, aplikasi MyBlueBird 5 dapat diunduh melalui sejumlah platform, seperti App Store untuk perangkat dengan sistem operasi iOS, Play Store untuk Android, serta Huawei AppGallery untuk pengguna Huawei.

Segera unduh dan rasakan kenyamanan bepergian menggunakan aplikasi MyBlueBird 5.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.