Advertorial

7 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan secara Alami

Kompas.com - 11/02/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi diet sehat untuk menurunkan berat badan. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi diet sehat untuk menurunkan berat badan.

KOMPAS.com - Memiliki berat badan berlebih kerap menimbulkan masalah kepercayaan diri. Sebagian besar perempuan bahkan merasa bahwa kelebihan berat badan akan mengurangi ketertarikan dari lawan jenis.

Selain itu, memiliki badan besar juga mempersulit dalam memilih pakaian. Dari sisi kesehatan, orang dengan berat badan berlebih juga rentan mengalami penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, menjaga ukuran tubuh tetap ideal perlu dilakukan agar menghindari permasalahan tersebut. Anda dapat menggunakan cara diet alami tanpa obat pelangsing berikut agar bisa menjaga berat badan tetap ideal. Berikut ulasannya.

  1. Olahraga

Kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah berolahraga teratur setiap hari. Olahraga dapat membakar kalori dan lemak dari asupan makanan Anda. Bila ingin mengurangi berat badan, lakukan latihan selama 200-300 menit per minggu atau sekitar 30 menit setiap hari.

Anda disarankan untuk berolahraga dengan intensitas sedang, seperti latihan kardio. Berikut jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan.

  • Jalan santai

Setiap joging santai sejauh 2,3 kilometer (km) dapat membakar 255 kalori.

  • Sepeda santai

Ternyata bersepeda dengan kecepatan 16 kilometer per jam dapat membakar hingga 364 kalori per jam, lho!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Latihan aerobik atau senam.

Senam selama satu jam dengan gerakan sederhana bisa membakar lemak hingga 455 kalori.

  • Lari

Satu jam berlari dapat membakar hingga 1.000 kalori.

  • Gunakan treadmill

Anda bisa pula menggunakan treadmill di rumah atau gym. Satu jam berolahraga dengan treadmill dapat membakar 255 kalori.

Selain kelima olahraga tersebut, Anda juga bisa melakukan olahraga lain sesuai kesukaan Anda, seperti lompat tali, berenang, squat, dan burpees, untuk membentuk badan ideal. Bila sudah terbiasa, Anda dapat memilih jenis latihan yang lebih berat dengan durasi lebih lama.

  1. Makan sayur

Anda perlu menjalani diet sehat dan aman agar bisa menjaga berat badan. Untuk diketahui, diet bukan berarti tidak makan nasi atau membatasi asupan makan. Hal ini justru akan membahayakan kesehatan.

Diet yang dimaksud adalah rajin menjaga pola makan dengan memenuhi asupan sayur, buah, serta membatasi makanan berlemak dan tinggi kalori. Sayur dan buah mengandung vitamin, kaya serat, serta rendah kalori. Kedua asupan tersebut cocok untuk program diet sehat.

Adapun sayuran untuk diet yang direkomendasikan adalah bayam, kentang, kale, wortel, labu, selada air, dan jenis sayuran lainnya. Selain itu, Anda bisa mengganti camilan dengan buah seperti stroberi, apel, bayam, pir, atau alpukat.

Kemudian, hentikan kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti gorengan, makanan cepat saji, dan makanan ringan tinggi lemak.

Ganti menu makan Anda dengan berbagai jenis olahan sayur. Bila ingin sehat dan berat badan terjaga, sayur dan buah harus dikonsumsi tiap hari.

  1. Minum air putih yang cukup

Cara menurunkan berat badan secara alami dan sehat selanjutnya adalah banyak minum air putih. Anda disarankan untuk mengonsumsi air putih 2 liter per hari atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Minum air putih yang cukup dapat membantu membakar lebih banyak kalori.

Selain itu, minum air putih sebelum makan dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini cocok dilakukan untuk menurunkan berat badan. Dengan begitu, Anda akan mengonsumsi makanan lebih sedikit dan cepat kenyang.

  1. Tidur cukup

Setelah rajin berolahraga, Anda juga harus istirahat yang cukup. Berdasarkan penelitian, orang yang tidur larut malam akan sering merasa lapar.

Kemudian, mereka akan makan camilan tidak sehat di malam hari. Hal ini dapat menyebabkan berat badan meningkat karena tubuh tetap menimbun lemak pada jam istirahat.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa tidur lebih cepat. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi durasi tidur ideal untuk orang dewasa, yakni 8 jam per hari.

Manfaat lainnya, saat Anda tidur, tubuh akan membakar lemak dengan efektif. Anda juga akan menjadi lebih bugar dan sehat. Jadi, jangan begadang lagi, ya!

  1. Hindari minuman manis

Sebagian besar orang mungkin menyukai minuman manis, seperti es cokelat, boba drink, teh manis, dan minuman botol kemasan. Walaupun rasanya enak, minuman manis mengandung banyak gula dan tinggi kalori.

Tanpa disadari, kandungan kalori dalam minuman manis yang Anda konsumsi sehari-hari menyebabkan penumpukan gula, lemak, dan menambah berat badan.

Oleh karena itu, sebaiknya batasi minuman manis. Bila perlu, jangan minum minuman manis sama sekali.

Berdasarkan penelitian, asupan gula harian yang ideal hanya 50 gram atau sekitar 4 sendok makan per hari. Jadi, jangan konsumsi minuman atau makanan manis lebih dari itu.

Anda bisa mengganti minuman manis dengan air putih atau air lemon. Kedua jenis minuman itu ampuh mengeluarkan lemak dan rendah kalori.

  1. Makan sebelum pukul 7 malam

Kapan waktu ideal untuk makan malam agar berat badan tetap terjaga ideal? Beberapa ahli kesehatan menyarankan Anda untuk makan sebelum pukul 7 malam atau sekitar 1-2 jam sebelum tidur. Dengan demikian, tubuh memiliki waktu yang cukup untuk membakar kalori dan mengolah lemak menjadi energi.

Bila Anda makan malam dekat dengan waktu tidur, tubuh tidak dapat membakar kalori dengan efektif. Anda pun akan tidur dengan lemak-lemak yang tersimpan di perut.

Ingat, menurunkan berat badan bukan berarti tidak makan malam sama sekali. Anda tetap bisa makan malam dengan mengonsumsi menu sehat sebelum pukul 7 malam. Dengan jadwal makan malam seperti itu, Anda juga akan tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar di pagi hari.

  1. Pola diet seimbang

Pola makan dan pola hidup seimbang penting untuk menurunkan berat badan. Saat Anda memutuskan untuk diet, bukan berarti Anda harus tidak makan. Anda bisa tetap makan, tetapi porsi dan kadar asupan gizinya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan diimbangi dengan olahraga teratur.

Itulah cara mudah untuk menjaga atau menurunkan berat badan secara alami. Kunci untuk mendapatkan berat badan ideal, Anda harus fokus dengan aturan pola makan, jadwal makan, jadwal olahraga, dan pola hidup secara keseluruhan. Dengan begitu, Anda dapat menurunkan berat badan.

Anda juga bisa melengkapi pola diet Anda dengan mengonsumsi suplemen herbal alami, seperti Slim Trifinity.

Slim Trifnity. (Dok. Slim Trifnity) Slim Trifnity.

Pelangsing Slim Trifinity diet herbal (bukan obat) dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Produk herbal ini mengandung serat buah dan sayur untuk membakar lemak dengan efektif tanpa efek samping.

Kandungan herbal pada Slim Trifinity dapat membantu memblokir kelebihan karbohidrat, lemak, dan kalori yang menyebabkan naiknya berat badan.

Dengan mengonsumsi pelangsing diet herbal dan diimbangi tujuh cara diet sehat di atas, proses penurunan berat badan akan lebih optimal. Anda pun bisa tetap sehat dan memiliki penampilan menarik tanpa ribet.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.