Advertorial

Tutup Rangkaian Kegiatan Bulan K3, Pelindo III Gelar Webinar Kesehatan Kerja

Kompas.com - 12/02/2021, 11:26 WIB

KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menutup rangkaian kegiatan Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional 2021 dengan menggelar webinar kesehatan kerja.

Adapun webinar itu diselenggarakan dengan tema "Penerapan Kesehatan Kerja di Masa Pandemi COVID-19". 

Tema tersebut dipakai dengan pertimbangan masa pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia membuat sejumlah perusahaan beradapatasi dalam berbagai hal. Adaptasi ini terkait dengan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan kerja.

Sevelumnya, Pelindo III sudah menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional 2021.

Di antaranya, empat kali penyelenggaraan webinar K3 dengan topik yang berbeda, mulai dari budaya K3, Keselamatan Pelayaran, Jaminan Ketenagakerjaan, dan Kesehatan kerja pada masa pandemi.

“Setiap webinar yang diselenggarakan setidaknya dikuti lebih dari 1.000 peserta yang berasal dari seluruh wilayah Indoensia,” ujar Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (12/2/2021).

Edy menjelaskan, peserta hadir terdiri dari ragam profesi. Di antaranya, karyawan, mahasiswa, akademisi, pengawas ketenagakerjaan, praktisi K3, asosiasi dan juga serikat karyawan.

Di samping webinar, Pelindo III juga menyelenggarakan lomba foto, Tiktok, dan video sosialisasi K3 yang diikuti lebih dari 600 peserta.

Ada pula kegiatan sosial seperti aksi donor darah. Pada aksi ini, Pelindo III berhasil mengumpulkan 304 kantong darah.

Tak hanya itu, Pelindo III juga melaksanakan gerakan donor plasma konvalesen dan edukasi kepada para penyintas sebagai salah satu upaya memberikan pertolongan bagi para penderita Covid-19 kategori sedang dan berat. Dalam aksi ini, Pelindo III berhasil mengumpulkan 276 kantong plasma.

Di luar kompetisi dan kegiatan sosial, Pelindo III juga mengisi rangkaian acara dengan kegiatan peningkatan kewaspadaan dan kesiapan K3. Ada latihan pemadam kebakaran menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), hydrant, dan mobil pemadam kebakaran.

 Latihan pemadam kebakaran menggunakan hydrant(Dok Pelindo III) Latihan pemadam kebakaran menggunakan hydrant

Acara dilanjutkan dengan latihan evakuasi keadaan darurat seperti pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K), serta berbagai kegiatan lainnya.

Berbagai kegiatan tersebut digelar sebagai upaya Pelindo III dalam menyosialisasikan pentingnya K3 di dunia kerja kepada masyarakat pekerja, baik di lingkungan internal Pelindo III maupun perusahaan lainnya.

Dalam penutupan Bulan K3 Nasional 2021, Kepala Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Jatim, Himawan Estu Bagijo mengapapresiasi PT Pelindo III yang telah menyelesaikan serangkaian program tersebut.

Ia menuturkan, acara tersebut bagus dari segi konsep dan penerapan. Terbukti, PT Pelindo III meraih prestasi dalam Penghargaan Zero Accident, penerapan SMK3 hingga program HIV/AIDS.

“Kami harap, apa yang telah dilakukan Pelindo III sebagai upaya penerapan budaya K3 di lingkungan kerjanya bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain,” ujar Himawan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com