Advertorial

Mudah dan Praktis, bjb DigiCash Dapat Digunakan di Seluruh Gerai Berlogo QRIS

Kompas.com - 13/02/2021, 18:49 WIB
Aplikasi bjb DigiCash (Dok. bank bjb) Aplikasi bjb DigiCash

KOMPAS.com – Saat ini, teknologi digital berkembang begitu pesat di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini ditandai dengan bisnis e-commerce yang semakin menjamur.

Seiring peningkatan jumlah e-commerce, metode pembayaran nontunai pun semakin banyak digunakan untuk bertransaksi.

Dari berbagai metode pembayaran nontunai yang tersedia, e-money berbasis Quick Response (QR) Code menjadi salah satu yang paling populer di tengah masyarakat.

Pasalnya, metode tersebut dinilai mudah dan praktis. Cukup memindai barcode yang tersedia, transaksi dapat selesai dalam hitungan detik.

Akan tetapi, ada satu masalah yang kerap dihadapi pengguna QR Code, yakni penyedia layanan memiliki QR Code yang berbeda-beda. Hal ini kerap membuat bingung pengguna karena harus memiliki berbagai aplikasi uang elektronik untuk bertransaksi.

Namun, kini pengguna uang elektronik berbasis QR Code tidak perlu khawatir. Sebab, Bank Indonesia (BI) selaku pemegang otoritas uang elektronik di Indonesia telah menetapkan standardisasi penggunaan QR Code di Indonesia, yakni Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS merupakan satu-satunya QR Code yang berlaku di Indonesia dan dikembangkan oleh BI serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Tujuan QRIS adalah untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional.

Adapun salah satu uang elektronik yang dapat digunakan di gerai-gerai berlogo QRIS adalah bjb DigiCash.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, kemudahan bertransaksi adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan penyedia layanan uang elektronik. bjb DigiCash menawarkan kemudahan serupa dengan memberikan akses pembayaran yang luas untuk memenuhi berbagai kebutuhan belanja.

“Kehadiran bjb DigiCash sebagai alat bayar elektronik ini merupakan inovasi yang dipersembahkan bank bjb kepada masyarakat Indonesia,” kata Widi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (13/2/2021).

Widi menambahkan, pihaknya memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna bjb DigiCash, termasuk dalam hal aksesibilitas. Metode pembayaran ini dapat digunakan di berbagai merchant yang memiliki alat bayar elektronik berlogo QRIS tanpa kecuali sehingga pengguna memiliki opsi belanja yang luas dan sangat beragam.

Cara menggunakan bjb DigiCash di gerai berlogo QRIS ini sangat mudah. Cukup memindai QRIS melalui aplikasi bjb DigiCash atau bjb DIGI, pengguna dapat bertransaksi di berbagai merchant berlogo QRIS selama saldo uang elektronik mencukupi.

Kelebihan lainnya, uang elektronik keluaran bank bjb tersebut dapat digunakan untuk pembayaran tagihan pajak, seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Tak hanya itu, bjb DigiCash juga dapat digunakan untuk transfer ke sesama nasabah bank bjb, dikonversi menjadi tabungan bank bjb, dan transfer uang elektronik antarbank.

Selain itu, penggunaan uang elektronik menjadi metode pembayaran yang dianjurkan di masa pandemi Covid-19. Sebab, metode ini dapat meminimalisasi penyebaran virus melalui kontak fisik. bjb DigiCash dapat digunakan sebagai alat transaksi yang mudah dan aman di tengah pandemi.