Advertorial

UKM Virtual Expo 2021 Bank Jateng, Berikan Semangat kepada Pelaku UMKM di Jawa Tengah

Kompas.com - 17/02/2021, 11:04 WIB

KOMPAS.com - Tak bisa dimungkiri, pandemi Covid-19 yang berlangsung hampir satu tahun telah berdampak bagi sektor kesehatan dan perekonomian di Indonesia. Sejumlah pihak pun telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pandemi.

Salah satu pihak yang ikut ambil bagian dalam penanganan dampak Covid-19 terhadap ekonomi adalah Bank Jateng. Bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Jawa Tengah (Jateng), Bank Jateng menyelenggarakan UKM Virtual Expo 2021 bertajuk Bank Jateng Wonderfood UKM” secara daring pada 16-18 Februari 2021.

Mengusung tagline “Kudu Strong, Say No to Nglokro”, acara tersebut diselenggarakan untuk memberikan semangat kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19.

 UKM Virtual Expo 2021 terbagi dalam dua kegiatan, yaitu UMKM Virtual Expo melalui situs web www.ukmvirtualexpo.com dan enam sesi talk show tentang UKM.

Pada hari pertama, Selasa, (16/02/2021) terdapat dua sesi talk show dengan tema “Prosedur Ekspor Makanan dan Minuman & Memperkenalkan Bimart sebagai E-commerce-nya Jawa Tengah” dan “Talkshow Ekspor Makanan”.

Sesi pertama menghadirkan beberapa narasumber, yakni Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Aman Santosa, Kepala Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Jateng Pribadi Santoso, dan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai. Jateng Padmoyo Tri Wikanto.

Kemudian, sesi kedua diisi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng Ema Rachmawati, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Jateng I Gusti Ayu Adhi Aryapatni, Ketua Koperasi Wanita Srikandi Susilowati, dan Trisila dari Yuasa Food sebagai perwakilan UKM yang telah melakukan ekspor produknya.

Merry Riana menjadi salah satu pembicara di UKM Virtual Expo 2021. (Dok. Bank Jateng) Merry Riana menjadi salah satu pembicara di UKM Virtual Expo 2021.

Pada hari kedua, Rabu, (17/02/2021) terdapat sesi talk show bertajuk “Bincang Bisnis UKM” yang menyajikan kisah sukses dari pelaku UKM. Sesi ini menghadirkan Motivator Bisnis Merry Riana, pemilik UKM Abon Koki Purbalingga Novi, dan UKM Singkong Keju Gempi Yuli Prasetyo.

Selanjutnya, terdapat sesi talk show dengan tema “Bincang E-Commerce dan Branding” dengan pembicara Founder and CEO Kencar Creative Addi Ippe, digital marketer Agung Pambudi, dan Destha dari UKM Mie Ongklok Wonosobo.

Pada hari ketiga, Kamis, (18/02/2021) terdapat sesi “Ngobrol Santai” sekaligus demo plating tumpeng, fruit carving bersama Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Jateng Siti Atikoh Ganjar Pranowo, Ema Rachmawati, serta Indonesia Chef Association.

Terdapat talk show inspiratif di UKM Virtual Expo 2021. (Dok. Bank Jateng) Terdapat talk show inspiratif di UKM Virtual Expo 2021.

Sementara, sesi talk show terakhir akan membahas topik “Ngobrol Permodalan dan Literasi Keuangan”. Narasumber yang dihadirkan adalah pengamat perbankan Hanawijaya, konsultan keuangan Melvin Mumpuni, dan pemilik UKM Cowek Ireng Semarang Arya Dimas.

Sebagai informasi, UKM Virtual 2021 diikuti lebih dari 100 UMKM di bidang kuliner. Para peserta merupakan nasabah Bank Jateng dan binaan Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah.

Acara tersebut juga menghadirkan agenda kurasi produk yang memenuhi persyaratan, seperti izin Industri Rumah Tangga Pangan (IRTP), sertifikasi halal Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan kedaluwarsa produk.

Rangkaian acara UKM Virtual Expo 2021 dapat disaksikan melalui kanal Youtube Bank Jateng dan situs web www.ukmvirtualexpo.com.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.