Advertorial

Fungsi Air Hidrogen Alkali untuk Perkuat Imunitas dan Daya Tahan Tubuh

Kompas.com - 18/02/2021, 22:31 WIB
 Ilustrasi mengonsumsi air hidrogen alkali untuk memperkuat sistem imun tubuh. (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi mengonsumsi air hidrogen alkali untuk memperkuat sistem imun tubuh.

KOMPAS.com – Penyebaran Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan penurunan kasus. Kekhawatiran terinfeksi virus SARS-CoV-19 pun masih terus menghantui.

Namun, ada satu cara yang bisa meminimalisasi risiko terinfeksi virus tersebut, yakni dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun.

Untuk menjaga sistem imun, ahli penyakit dalam dr Andi Pratama Dharma membeberkan dua cara yang bisa dijalankan.

“Pertama, tingkatkan kesehatan dan kemampuan menjaga daya tahan tubuh. Kedua, kurangi paparan pada berbagai hal yang dapat menyebabkan kerusakan sistem imun, misalnya radikal bebas,” kata dr Andi dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/2/2021)

Radikal bebas, kata dr Andi, memiliki efek buruk pada tubuh manusia karena dapat mengganggu sistem pertahanan atau kekebalan seseorang.

“Siapa pun dapat terpapar radikal bebas dalam berbagai bentuk sepanjang hari, sepanjang tahun, bahkan seumur hidup. Semakin bertambah usia, kemampuan sistem pertahanan tubuh juga akan semakin menurun,” paparnya.

Oleh karena itu, saran dr Andi, tak ada salahnya mengenal serta memahami berbagai jenis radikal bebas yang sering dijumpai sehari-hari.

“(Contohnya) polusi udara dan air yang dikonsumsi sehari-hari, pestisida dari beras atau sayuran, serta mikroplastik dan bisphenol-A (BPA) dari plastik air mineral yang kita minum,” ujarnya. 

Radikal bebas juga berasal dari bahan pengawet makanan, radiasi dari gadget, asap rokok, alkohol, logam berat, obat-obatan tertentu, minyak goreng yang digunakan berulang-ulang, dan makanan tinggi lemak jenuh.

“Untuk menetralkan radikal bebas, Anda bisa mengonsumsi antioksidan yang berkualitas, seperti air hidrogen alkali secara rutin,” bebernya.

Air hidrogen alkali pun dapat diproduksi dengan cara mudah, yakni menggunakan Botol Hidrogen Alkali Trifinity. Dengan pemanfaatan botol khusus ini, air mineral biasa dapat diubah menjadi air alkali, hidrogen, dan microcluster secara bersamaan.

 Manfaat Botol Hidrogen Alkali Trifinity. (DOK. TRIFINITY) Manfaat Botol Hidrogen Alkali Trifinity.

Botol Hidrogen Alkali Trifinity dapat menghasilkan air hidrogen yang mampu menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh untuk menangkal berbagai serangan virus,” ucap dr Andi.

Sebab, kata dia, kandungan alkali yang terdapat pada botol tersebut bisa mengubah kandungan pH menjadi basa. Untuk diketahui, air minum normal memiliki pH netral atau pH 7, sedangkan kadar pH air alkali cenderung lebih basa, yaitu di atas 8.

Dengan begitu, kandungan air alkali dapat menetralkan kondisi tubuh yang asam sehingga bisa mengurangi panas dalam, sariawan, radang, batuk pilek, dan gejala lainnya yang timbul akibat virus.

“Sementara itu, fungsi hidrogen pada alkali dapat meregenerasi sel dan menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, kandungan air alkali juga harus disertai zat hidrogen yang sesuai kadar,” jelas dr Andi.

Sebaliknya, tanpa kandungan alkali, molekul hidrogen pada air akan sulit menangkal radikal bebas. Dengan kata lain, imun tubuh sukar untuk ditingkatkan karena kinerja molekul hidrogen kurang efektif.

“Apabila air hanya mengandung alkali tanpa hidrogen, pH tubuh jadi netral dan radikal bebas sulit ditangkal,” jelas dr Andi.

Terakhir, ada fungsi microcluster pada Botol Hidrogen Alkali Trifinity. Botol ini bisa menghasilkan molekul air dengan ukuran sangat kecil, yakni 2-3 mikrometer.

Dengan ukuran itu, air akan lebih mudah masuk ke jaringan tubuh sampai ke tingkat sel terdalam dan membuang kotoran atau racun melalui urine. Perut pun jadi tidak terasa kembung atau begah.

“Ketiga fungsi tersebut saling melengkapi. Jika kurang salah satu, hasilnya tidak efektif. Tubuh manusia cenderung mudah terserang panas dalam. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor cuaca atau pun makanan sehingga perlu dinetralkan dengan air alkali hidrogen,” terang Andi.