Advertorial

Dibanderol Rp 2 Jutaan, Ini Berbagai Keunggulan Vivo Y20

Kompas.com - 19/02/2021, 18:27 WIB
 Vivo Y20, smartphone yang memiliki fasilitas mumpuni dengan harga terjangkau. (Dok.Vivo) Vivo Y20, smartphone yang memiliki fasilitas mumpuni dengan harga terjangkau.

KOMPAS.com – Di masa sekarang, smartphone seakan menjadi urat nadi kedua yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak produsen pun menawarkan smartphone dengan harga yang bersahabat. Salah satunya adalah Vivo yang menawarkan smartphone Vivo Y20.

Smartphone besutan produsen asal China itu dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. Harga Vivo Y20 yang terjangkau membuat smartphone ini masuk ke dalam jajaran entry level.

Meski terjangkau, kualitas Vivo Y20 bukan kaleng-kaleng. Berikut beberapa keunggulan dari smartphone terbaru dari Vivo ini.

  1. Baterai berkapasitas besar

Daya tahan baterai menjadi salah satu faktor penting dalam pemilihan smartphone, terutama di kalangan anak muda. Pasalnya, mereka senang merekam, bermain game, dan menonton menggunakan smartphone.

Demi menjawab kebutuhan tersebut, para produsen smartphone berlomba-lomba untuk menciptakan berbagai jenis perangkat dengan daya tahan baterai yang tinggi. Begitu pun dengan Vivo Y20.

Vivo membekali smartphone tersebut dengan baterai sebesar 5.000 mAh. Dengan baterai sebesar itu, smartphone dapat digunakan hingga 11 jam dengan pemakaian berat, seperti bermain game atau streaming video HD. Dalam penggunaan normal, baterai Vivo Y20 dapat bertahan hingga 16 jam.

  1. Side-Mounted Fingerprint

Faktor keamanan adalah hal berikutnya yang tidak kalah penting. Pasalnya, smartphone menyimpan semua hal yang sifatnya pribadi.

Vivo Y20 memiliki fitur keamanan berupa sidik jari dan pengenalan wajah untuk membuka smartphone. Uniknya, jika sistem pengunci berupa sidik jari biasanya terpasang di bagian belakang atau di bagian depan, tidak dengan Vivo Y20.

Pengaturan sidik jari berada di samping dan digabung dengan tombol power. Hasilnya, bagian belakang bersih dari sensor. Tidak hanya itu, proses membuka kunci di samping juga terasa lebih seamless. Durasi pembukaan layarnya pun cukup cepat, yakni hanya 0.22 detik

  1. Dilengkapi triple camera
    Untuk smartphone kelas entry level, kamera Vivo Y20 terbilang istimewa karena dilengkapi tiga kamera.

Vivo membekali kamera utama berkapasitas 13 megapiksel (MP) pada smartphone tersebut. Sementara, kamera lainnya, kamera makro dan kamera bokeh, masing-masing berkapasitas 2 MP.

Tak hanya itu, Vivo Y20 juga mendukung perekaman video dengan resolusi 1080p dan frame rate 30 FPS.

  1. Memori internal besar

Smartphone dengan memori internal besar biasanya banyak dicari kaum kekinian untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan memori cukup besar.

Maka dari itu, Vivo Y20 dilengkapi dengan memori internal sebesar 64 GB. Dengan memori tersebut, Anda bisa memasang beragam aplikasi yang mendukung keperluan sehari-hari, mulai dari aplikasi editing, layanan transportasi, game, hingga media sosial.

Tidak hanya untuk aplikasi, memori internal smartphone tersebut juga bisa digunakan untuk menyimpan file besar, seperti video atau film.

  1. Tiga slot SIM
    Kebanyakan ponsel sekarang memiliki dua atau tiga slot SIM. Biasanya, slot pertama digunakan untuk memasang kartu SIM dan slot lainnya dapat diisi memori eksternal.


Oleh sebab itu, pengguna yang memiliki dua kartu SIM biasanya menggunakan slot tersebut secara bergantian dengan memori eksternal. Hal ini cukup merepotkan.


Bagi pemilik Vivo Y20, hal itu takkan ditemui lagi. Sebab, smartphone ini memiliki 3 slot SIM. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengobarkan salah satu slot untuk kartu SIM kedua ataupun memori eksternal.

Anda pun bisa memilih jumlah memori eksternal yang Anda inginkan kalau merasa jumlah ruang memori internal smartphone kurang besar. Kapasitas memori eksternal bisa ditambah hingga 256 GB, lho.

  1. Desain menarik
    Bagi anak muda, penampilan adalah segalanya. Karena itu, smartphone yang menyasar anak muda ini dirancang semenarik mungkin. Vivo Y20 dirancang dengan warna yang memiliki tampilan yang layaknya paparan cahaya.

    Ada dua varian warna dari smartphone ini, yakni Nebula Blue dan Dawn White. Nebula Blue merupakan perpaduan warna ungu dan biru. Sementara Dawn White yang serupa warna putih susu.

Ditambah dengan sisi bodi berbentuk 2,5 dimensi, pengguna dapat semakin percaya diri saat menggunakan smartphone Vivo Y20.

  1. Kemampuan reverse charging
    Keunggulan Vivo Y20 selanjutnya mungkin akan sulit ditemukan pada smartphone dengan kelas entry level. Ya, smartphone ini bisa digunakan sebagai powerbank dengan fitur reserve charging.


Jadi, baterai jumbo sebesar 5.000 mAh itu bisa disalurkan kembali ke perangkat lain yang sedang membutuhkan.

Reverse charging umumnya bisa ditemukan pada perangkat kelas menengah atau malah high end. Anda yang memiliki perangkat lainnya, seperti smartwarch hingga produk pintar lainnya, bisa mengisi daya pada Y20 kalau tiba-tiba mati di tengah jalan.

Fitur itu juga bisa membantu teman atau kolega Anda yang mungkin sedang membutuhkan pengisian daya dan tidak membawa powerbank atau tidak ada kabel charging.

  1. Display layar waterdrop
    Layar merupakan pusat semua aktivitas yang dilakukan dengan smartphone. Maka dari itu, kualitas dan desain layar menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan sebelum membeli ponsel. Sebaiknya, pilih ponsel dengan layar yang mudah dioperasikan dan memiliki bezel tipis.

    Vivo Y20 sudah menggunakan layar waterdrop yang membuat layar terlihat luas. Tak hanya itu, Y20 dilengkapi dengan funtouch 10.5 berbasis Android 10 yang membuat layar semakin responsif.


Anda yang suka bermain game ataupun membutuhkan layar yang tidak lelet akan ngiler dengan fasilitas tersebut.

Sejumlah fakta unik dan kelebihan dari smartphone Vivo

Selain kelebihan-kelebihan tadi, Anda juga wajib tahu dengan produsen yang memproduksi Vivo Y20. Sebagai informasi, Vivo merupakan salah satu produsen ternama asal China yang masuk 5 besar produk yang ramai di pasaran.

Sebagai salah satu bagian dari Vivo, produk Vivo Y20 tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, sebagai perusahaan teknologi, Vivo memang memiliki beberapa keunggulan dan fakta unik di bawah ini.

  • Fitur kamera unggulan
    Ketika menyebut Vivo, hal pertama yang sering terlintas adalah fitur kameranya. Ya, produsen smartphone yang satu ini memiliki keunggulan di kamera yang mumpuni meskipun kapasitasnya tidak terlalu tinggi.

    Banyak konsumen yang menggemari kamera memilih smartphone besutan Vivo. Jadi, Anda tidak perlu memandang besarnya kapasitas kamera karena hasil yang didapatkan kemungkinan besar akan bagus.

  • Harga yang tergolong murah
    Memiliki harga yang kompetitif merupakan kunci untuk memenangkan persaingan di lini smartphone. Sebab, smartphone sudah layaknya urat nadi kedua. Banyak orang ingin memilikinya, termasuk masyarakat kalangan menengah ke bawah.


Mengerti akan kebutuhan itu, sebagian besar produk Vivo dirancang dengan sejumlah fitur unggulan dengan harga jual yang relatif terjangkau. Hal ini membuat nama Vivo melejit di pasar ponsel pintar.

  • Mengedepankan pengalaman musik
    Salah satu tagline Vivo berkaitan dengan musik. Oleh karena itu, Vivo menyematkan hardware sound yang tidak main-main.


Contohnya teknologi hifi yang disematkan ke masing-masing perangkat Vivo. Teknologi ini membuat output musik lebih mendetail dan berkualitas. Dengan begitu, pengguna dapat lebih puas dan bebas dalam menikmati musik.

  • Selalu memberikan inovasi baru

Keberhasilan sebuah merek smartphone di pasar berkaitan dengan inovasi baru yang dibuat. Nah, Vivo adalah salah satu merek yang selalu berhasil menciptakan inovasi yang tidak disangka-sangka.


Sebut saja teknologi fast charging dan teknologi pop up camera. Teknologi tersebut ternyata dipelopori oleh Vivo. Teknologi tersebut membuat beberapa pabrikan lainnya pun meniru inovasi dari Vivo.

  • Desain menawan
    Bagi sebagian orang, faktor desain tidak terlalu dianggap penting dalam pemilihan smartphone. Akan tetapi, Vivo yang memang menyasar kalangan anak muda sangat mengedepankan hal ini.


Vivo juga yang termasuk pelopor smartphone dengan desain yang tidak hanya mengandalkan satu warna. Tidak heran, hampir semua perangkat Vivo memiliki desain yang cukup banyak.

  • Banyak varian
    Vivo memiliki jajaran series yang cukup banyak. Sebut saja S, Y, V, Z series, dan beberapa series lainnya lagi. Keberadaan huruf di awalnya itu sebenarnya membuat smartphone Vivo memiliki masing-masing kelebihan fitur yang ditawarkan. Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan yang ada di masing-masing series-nya.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari Vivo dan juga salah satu smartphone-nya, yakni Vivo Y20. Anda yang menginginkan smartphone dengan harga rendah tetapi memiliki fitur unggulan bisa memilih smartphone ini. Pilih berdasarkan warna serta kelebihan lainnya yang sudah dijabarkan di atas.