Advertorial

Salihara Jazz Buzz 2021 Siap Hibur Penonton secara Virtual

Kompas.com - 20/02/2021, 00:00 WIB
 Salihara Jazz Buzz 2021 siap manjakan penikmat musik Jazz (Dok. Komunitas Salihara) Salihara Jazz Buzz 2021 siap manjakan penikmat musik Jazz

KOMPAS.com – Komunitas Salihara Arts Center merupakan salah satu pusat kesenian yang ada di Jakarta.

Sejak berdiri pada 2008, komunitas ini memiliki salah satu acara yang paling diminati penonton, yakni Salihara Jazz Buzz. Festival jazz tahunan tersebut menampilkan komposisi dan presentasi konsep musik baru.

Sederet musisi ternama yang memberikan pembaruan terhadap musik jazz telah tampil pada festival ini. Sebut saja Dewa Budjana, Indra Lesmana, Tohpati, Adra Karim, Gerald Situmorang, dan Sri Hanuraga.

Kali ini, Salihara Jazz Buzz 2021 mengusung tema “Joyous Metamorphosis”. Tema ini menawarkan gagasan dalam menyikapi situasi pandemi. Seperti diketahui, situasi ini mengubah perilaku dan gaya hidup manusia. Salah satunya dalam menyaksikan pertunjukan seni.

Perubahan tersebut seyogianya ditanggapi dengan sikap terbuka dan gembira (joyous) sebagai alternatif dari pesimisme serta sikap menutup diri.

Sementara itu, metamorphosis dimaknai sebagai penerimaan kenyataan dalam menghadapi dunia atau kehidupan yang tidak pernah sama lagi seperti sebelumnya.

Tema tersebut sesuai dengan sifat musik jazz yang senantiasa mengeksplorasi genre musik lain, selalu mencari pembaruan, sekaligus gairah untuk mengolah presentasi dengan cara baru. Dalam festival tahun ini, musik jazz dipresentasikan dalam bentuk digital.

“Walaupun situasi belum memungkinkan untuk membuka ruang pertunjukan, Salihara Jazz Buzz akan digelar secara virtual sehingga tetap menemani Anda dengan tema, konsep, dan penampil segar,” sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (18/02/2021).

Tahun ini, tiga dari empat penampil Salihara Jazz Buzz adalah musisi yang terpilih melalui program Undangan Terbuka (Open Call) yang diadakan pada 2020.

Untuk diketahui, program Open Call baru pertama kali diselenggarakan oleh Salihara Jazz Buzz. Tujuannya, untuk membuka ruang partisipasi bagi musisi, mulai dari segi gagasan hingga konsep bermusik baru dalam ranah musik jazz di Indonesia.

Para musisi dan grup terpilih adalah trio Daniel Dyonisius, Hanhan dan Qadra Shakuhachi, Ferdy and Friends, Jason Mountario, serta Rupa Baru. Musisi-musisi itu menawarkan hembusan napas baru bagi musik jazz di Indonesia dalam setiap penampilannya.

Sebagai informasi, Salihara Jazz Buzz 2021 bisa disaksikan setiap Sabtu dan Minggu pada 20-21 Februari 2021 dan 27-28 Februari 2021, pukul 19.00 WIB.