Advertorial

New Pajero Sport Meluncur di Indonesia, Tampilannya Makin Gahar dan Mewah

Kompas.com - 22/02/2021, 10:41 WIB
 New Pajero Sport (Dok. Mitsubishi motors) New Pajero Sport

KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku distributor resmi dari produk Mitsubishi Motors Corporation (MMC) meluncurkan New Pajero Sport untuk pasar Indonesia, Selasa (16/2/2021).

President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, keberadaan New Pajero Sport selalu mendapat respons positif dari konsumen, media, dan institusi nasional di Indonesia.

“Total populasi Pajero Sport di Indonesia saat ini mencapai 164.773 unit. Dengan segala keunggulan yang dilengkapi pada New Pajero Sport, kami berharap model ini mendapatkan penerimaan yang lebih baik lagi,” ujar Naoya dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (17/2/2021).

Adapun seri Pajero Sport terbaru terdiri dari enam tipe yang dijual dengan harga berbeda, yaitu Dakar Ultimate 4x4 AT seharga Rp 734 juta, Dakar Ultimate 4x2 AT senilai Rp 625 juta, Dakar 4x2 AT seharga Rp 576 juta, Exceed 4x2 AT seharga Rp 518 juta, Exceed 4x2 MT seharga Rp 503 juta, dan GLX 4x4 MT Rp 568 juta.

Mitsubishi menyediakan lima pilihan warna pada masing-masing tipe, yakni graphite gray, deep bronze, quartz white pearl, sterling silver, dan jet black mica.

Selain itu, Pajero Sport versi teranyar juga hadir dengan berbagai macam keunggulan dari seri sebelumnya.

Namun, sebelum membahas performa New Pajero Sport, tak ada salahnya menengok perjalanan mobil ini mulai dari awal kemunculannya.

Sejarah Pajero Sport di Indonesia

Perjalanan Pajero Sport di Indonesia dimulai pada 2009. Saat itu, Pajero Sport hadir dalam tiga varian, yakni Exceed, GLS dan GLX. Mitsubishi melengkapi ketiga mobil jenis sport utility vehicle (SUV) itu dengan mesin berkonfigurasi empat silinder segaris (4D56) 2.5L DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled.

Selang dua tahun, yakni pada 2011, Mitsubishi menambahkan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 2.5-liter DI-D Common Rail agar lebih bertenaga tapi tetap hemat bahan bakar.

Pada 2013, Pajero Sport mendapatkan pembaharuan dari sisi eksterior dan interior agar terlihat sporty dan gahar.

Selanjutnya, pada 2014, MMKSI mengeluarkan varian Pajero Sport V6 dengan mesin MIVEC 3.0 L berbahan bakar bensin.

Pada 2016, Mitsubishi meluncurkan model baru untuk SUV andalannya tersebut dengan tampilan yang lebih fresh dan modern.

Masih dalam rentang waktu yang sama, Mitsubishi melengkapi Pajero Sport dengan mesin baru 4N15 2.4L MIVEC. Dengan transmisi otomatis delapan percepatan, mesin ini bisa menyemburkan tenaga hingga 181 Pferdestarke (PS) dan torsi maksimal 430 Nm.

Pada awal 2021, Mitsubishi pun memperkenalkan versi teranyar Pajero Sport. Pabrikan asal Negeri Sakura ini menyematkan tagline “Live the Adventure” pada New Pajero Sport.

Lewat tagline tersebut, Mitsubishi ingin mengajak pengendara untuk tetap menjaga passion atau semangat hidup agar bisa meraih pencapaian dan mimpi yang lebih baik.

Performa

Soal dapur pacu, Mitsubishi membekali New Pajero Sport dengan mesin diesel 4N15 2.4L VGT-Intercooler. Tenaga yang dikeluarkan mesin tersebut mencapai 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimum 43,5 kilogram meter (kgm).

Performa Pajero Sport terbaru itu didukung transmisi otomatis delapan percepatan dengan konfigurasi sportsequential. Sedikit informasi, konfigurasi perpindahan gigi tersebut umum digunakan di mobil balap.

Berbeda dengan sistem perpindahan gigi manual konvensional, transmisi sport sequential menggunakan pola “I” atau segaris. Jadi, pengemudi cukup menggeser tuas persneling ke depan dan ke belakang untuk memindah gigi. Sistem transmisi gigi itu juga membuat mesin jadi lebih responsif.

SUV dari Mitsubishi tersebut punya ground clearance sebesar 218 mm dan radius putar minimum 5,6 meter.

Khusus tipe 4x4, Mitsubishi membekali New Pajero Sport fitur Super Select 4WD-II dan mode Off-Road serta dikombinasikan dengan paddle shifter.

Eksterior dan interior

Selain mesin gahar, desain eksterior dan interior New Pajero Sport juga tampak lebih fresh.

Pada bagian luar, desain khas Mitsubishi Motors Dynamic Shield dibuat lebih tegas sehingga memberikan visibilitas baik dan kesan percaya diri.

Lampu depan New Pajero Sport dilengkapi dengan light-emitting diode (LED) active cornering lamp dan LED foglamp terbaik di kelasnya.

Sementara, bagian belakang New Pajero Sport dilengkapi power tailgate dengan kick censor. Sistem ini memudahkan pengguna untuk membuka bagasi tanpa harus menyentuhnya.

New Pajero Sport terlihat semakin gagah dengan ukuran pelek 18 inci dan desain terbaru rear combination lamp yang menjadi ciri khas SUV tersebut.

Pada bagian interior, mobil pabrikan Jepang itu hadir dengan nuansa luxury yang berbeda dari generasi sebelumnya. Kesan tersebut terlihat dari lapisan jok berwarna beige dan keberadaan roof monitor yang berfungsi sebagai fasilitas hiburan keluarga.

Fitur

New Pajero Sport hadir dengan berbagai macam fitur terbaik di kelasnya. Satu di antaranya adalah fitur 8 Inch Color LCD Meter. Fitur ini memungkinkan pengendara mengatur tampilan pada speedometer sesuai dengan preferensi yang diinginkan.

Ada pula fitur 8 inch Entertainment Head Unit. Dengan fitur ini, pengendara bisa dengan mudah menghubungkan smartphone ke sistem audio mobil yang terdiri dari enam speaker.

New Pajero Sport juga dilengkapi Mitsubishi Remote Control untuk memudahkan pengoperasian power tailgate, mencari posisi parkir, dan mendapatkan informasi seputar kendaraan.

Soal keamanan, New Pajero Sport dilengkapi sistem keselamatan terbaik di kelasnya, yakni forward collision mitigation (FCM), ultrasonic miss-acceleration mitigation system (UMS), blind spot warning-lane change assist (BSW-LCA), rear cross traffic alert (RCTA), electric parking brake (EPB), dan brake auto hold (BAH).

Masih terkait aspek keselamatan, Pajero Sport terbaru juga dibekali 7 SRS Airbags dan active stability and traction control (ASTC), anti-lock braking system, electronic brake distribution, brake assist, teknologi reinforced impact safety evolution (RISE) body, dan rigid lightweight body.

Selain keunggulan-keunggulan tadi, pemilik New Pajero Sport juga dimanjakan dengan layanan purnajual yang diberikan MMKSI. Konsumen akan diberikan garansi servis kendaraan hingga 100.000 km atau tiga tahun penggunaan.

Pengguna juga mendapatkan kemudahan dan keuntungan biaya perawatan dengan SMART Package Silver. Dengan paket ini, konsumen akan memperoleh garansi suku cadang asli, biaya perawatan lebih hemat dan berkualitas tinggi, serta harga service tetap selama 4 tahun.

Bukan itu saja, konsumen pun akan mendapatkan gratis kaca film V-Kool dan hadiah langsung berupa bluetooth portable speaker Bose Soundlink Mini II. Khusus speaker bluetooth, hadiah ini berlaku untuk Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) periode 16 Februari 2021 – 31 Maret 2021.

Selain itu, ada pula program pembiayaan spesial dari Dipo Star Finance. Lewat program ini, konsumen bisa memiliki New Pajero Sport secara mencicil dengan bunga ringan mulai 0 persen.

Segera pesan New Pajero Sport dan rasakan sendiri kegagahan SUV yang merajai ajang reli Paris-Dakar itu.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai New Mitsubishi Pajero, silahkan kunjungi http://www.mitsubishi-motors.co.id/livetheadventure.