Advertorial

Catat Kinerja Apik, Saham BJBR Masuk Indeks Unggulan IDX BUMN 20

Kompas.com - 22/02/2021, 14:17 WIB
Dok. Humas bank bjb Dok. Humas bank bjb

KOMPAS.com – Saham emiten PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Bank BJB) dengan kode BJBR berhasil masuk dalam indeks unggulan IDX BUMN 20 di bursa perdagangan.

Berdasarkan ketetapan yang dikeluarkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI), BJBR masuk dalam indeks saham unggulan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) periode Februari-Juli 2021. Keputusan tersebut diambil usai BEI melakukan evaluasi mayor pada Januari 2021.

Sebagai informasi, IDX BUMN 20 merupakan indeks saham unggulan yang mengukur kinerja harga dari 20 saham BUMN, BUMD, maupun afiliasinya.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan, kembali masuknya BJBR dalam daftar IDX BUMN 20 merupakan titik awal positif bagi perusahaan dalam memasuki 2021.

Widi menilai, hasil tersebut merupakan cerminan kinerja apik yang diperlihatkan perusahaan, khususnya sepanjang 2020.

"Masuknya BJBR ke dalam Indeks IDX BUMN 20 menunjukkan kinerja Bank BJB, khususnya di bursa saham, sangat konsisten dalam memperlihatkan tren penguatan positif,” ujar Widi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Karena itu, lanjut Widi, pihaknya akan terus meningkatkan kinerja lewat berbagai langkah strategis dan inovasi. Tujuannya, untuk mengakselerasi ekspansi usaha sekaligus meningkatkan kualitas kinerja BJBR di bursa saham.

Adapun kinerja nilai saham BJBR di bursa perdagangan konsisten memperlihatkan penguatan.

Tercatat, harga per lembar saham BJBR pada Senin (1/2/2021), sebesar Rp 1.535. Saham BJBR menguat menjadi Rp 1.605 atau meningkat 4 persen per Kamis (18/2/2021).

Sebelumnya, BJBR juga tercatat dalam daftar saham unggulan indeks IDX30 periode 10 Agustus 2020 hingga 21 Februari 2021.

Agar bisa masuk ke dalam daftar 30 saham paling prospektif tersebut, perseroan harus memiliki kondisi fundamental yang terjaga baik dan terus-menerus mencatatkan laba. Hal ini berarti, fundamental Bank BJB dinilai bagus oleh BEI.