Advertorial

Bulan Ramadhan Sebentar Lagi Tiba, Sudah Siap Sambut Momen Suci?

Kompas.com - 23/02/2021, 18:47 WIB
Ilustrasi mengecek jadwal shalat di aplikasi online. (DOK. SHUTTERSTOCK) Ilustrasi mengecek jadwal shalat di aplikasi online.

KOMPAS.com – Tak terasa, bulan Ramadhan akan segera tiba. Persiapan menyambut momen suci tersebut pun bisa kamu lakukan dari sekarang.

Seperti diketahui, Ramadhan merupakan salah satu momen bagi umat Islam untuk meningkatkan ketakwaan dengan melakukan beberapa ibadah, seperti berpuasa dan shalat tarawih.

Tak hanya itu, Ramadhan juga kerap dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas diri dan menyambung tali silaturahmi dengan kerabat serta sanak saudara.

Nah, agar lebih siap menyambut momen suci Ramadhan, kamu bisa melakukan tiga cara praktis berikut.

  1. Unduh aplikasi Al Quran online

Bulan Ramadhan kerap dimanfaatkan muslim untuk lebih giat membaca, memahami, serta mempraktikkan ilmu yang ada pada Al Quran.

Namun, di tengah padatnya aktivitas sehari-hari, banyak orang kerap kali lupa membawa Al Quran saat bepergian. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu mengunduh aplikasi Al Quran online di perangkat elektronik.

Selain memudahkan dalam membaca Al Quran, aplikasi tersebut biasanya juga menyediakan terjemahan dan tafsiran dari setiap ayat atau juz. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah memahami makna dari masing-masing ayat.

  1. Unduh aplikasi jadwal imsak dan buka puasa

Salah satu ibadah yang wajib dilakukan umat Islam pada bulan Ramadhan adalah berpuasa. Dalam bahasa Arab, puasa disebut shaum atau shiyam yang memiliki makna menahan diri.

Makna itulah yang kerap menjadi motivasi umat Islam untuk semakin memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri pada momen bulan Ramadhan.

Saat berpuasa, umat Islam harus melakukan santap sahur sebelum matahari terbit (azan subuh) dan berbuka puasa setelah matahari terbenam (azan magrib).

Seperti diketahui, waktu imsak dan magrib berbeda setiap hari. Untuk itu, umat Islam perlu mengetahui waktu tersebut agar ibadah puasa terasa lebih nyaman.

Guna memudahkan aktivitas tersebut, sebaiknya kamu mengunduh aplikasi jadwal imsak dan buka puasa di perangkat elektronik. Melalui aplikasi online, kamu juga bisa mengatur alarm kala waktu imsak dan berbuka tiba.

  1. Beli pakaian baru secara online

Setelah kurang lebih 30 hari menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, umat Islam akan merayakan hari kemenangan dengan menyambut Lebaran. Untuk menyambut momen Idul Fitri, biasanya banyak orang akan membeli pakaian baru untuk dikenakan pada hari tersebut.

Kamu dapat membeli pakaian baru tersebut secara online. Selain menghemat waktu dan energi, kamu juga bisa mendapatkan promo menarik berupa potongan harga atau cashback.

Melalui aplikasi Tokopedia, misalnya. Saat ini, Tokopedia memiliki layanan Tokopedia Salam yang menawarkan cashback hingga 90 persen. Kamu pun bisa memilih ragam busana muslim untuk dikenakan pada momen Lebaran nanti.

Selain itu, Tokopedia Salam juga menyediakan fitur Al Quran online yang menampilkan terjemahan serta tafsiran setiap ayat.

Lebih istimewanya lagi, Tokopedia Salam memiliki fitur untuk cek jadwal sholat, imsak, dan berbuka puasa. Jadi, kamu mendapatkan banyak fitur dan keuntungan hanya dari satu aplikasi.