Advertorial

Segudang Manfaat yang Terdapat dalam Minyak Zaitun

Kompas.com - 24/02/2021, 17:45 WIB

KOMPAS.com – Minyak zaitun sudah tidak asing lagi bagi kamu yang menggemari hidangan khas Italia. Minyak ini seringkali digunakan untuk membuat salad, hidangan pasta, hingga roti.

Minyak esensial tersebut didapat dari buah zaitun (Olea eupae) yang banyak tumbuh di negara-negara Mediterania. Buah zaitun yang telah matang diperas untuk memperoleh minyak ini. Pada zaman dahulu, pemerasan dilakukan dengan cara tradisional, yaitu menggiling buah zaitun di antara dua batu besar.

Kini, minyak zaitun diproduksi di pabrik-pabrik dengan proses pemerasan modern menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi. Minyak zaitun dalam kemasan botol kaca dari berbagai merek pun dapat dengan mudah ditemukan di swalayan.

Untuk diketahui, popularitas minyak zaitun sebenarnya sudah dimulai sejak zaman Mesir kuno. Fungsinya tidak hanya sebagai bahan pangan, tetapi juga sebagai bahan pembuat obat-obatan dan minyak untuk lampu.

Pada abad ke-7, minyak zaitun mulai digunakan untuk merawat kecantikan di Yunani. Kaum Sparta di era Yunani kuno juga menggunakan minyak zaitun untuk melumasi permukaan kulit saat berlatih di gymnasium.

Kamu yang hidup di zaman modern pun masih dapat menikmati segudang manfaat minyak zaitun, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Berikut ulasannya.

  1. Alternatif minyak untuk memasak

Dibandingkan minyak goreng dari kelapa sawit, minyak zaitun dinilai lebih sehat untuk memasak. Pasalnya, dalam 100 mililiter minyak buah zaitun, terkandung total 884 kalori dan 100 gram lemak total. Lemak tersebut dapat mencukupi 153 persen kebutuhan lemak harian tubuh.

Namun, kandungan lemak tersebut tidak mengganggu kesehatan. Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dikenal sebagai lemak baik.

  1. Mencerahkan warna bibir

Minyak zaitun juga banyak digunakan untuk perawatan kecantikan. Minyak ini mengandung sejumlah nutrien, seperti vitamin A, B, D, E, K, dan antioksidan.

Selain melembapkan kulit, minyak zaitun dapat mencerahkan warna bibir yang menghitam.

Meski demikian, perlu diingat bahwa kamu tidak bisa memperoleh hasil instan dengan perawatan menggunakan bahan alami. Oleskan minyak zaitun ke bibir setiap hari untuk memperoleh hasil maksimal. Warna bibir perlahan-lahan akan menjadi lebih cerah.

  1. Mencegah penuaan dini

Zat linoleic acid yang terkandung dalam minyak zaitun juga dapat membantu menjaga kadar air pada kulit wajah. Dengan demikian, timbulnya keriput pada usia dini dapat dicegah.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

  1. Memperbaiki rambut bercabang

Perlu diketahui, kandungan antioksidan, vitamin A, dan juga vitamin E dalam minyak zaitun dapat memperbaiki rambut bercabang yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Minyak zaitun mampu menyerap dan melembapkan akar rambut dan kulit kepala. Rambut akan memperoleh kelembapan sehingga tidak rapuh dan bercabang.

Cara penggunaannya, cukup oleskan sedikit minyak zaitun ke kulit kepala dan ujung-ujung rambut yang masih sedikit basah.

  1. Menurunkan risiko kanker payudara

Berdasarkan riset yang dilakukan Universitat Autonoma de Barcelona di Spanyol pada 2010, minyak zaitun berpotensi mencegah kanker payudara.

Temuan tersebut didapat setelah tim peneliti melakukan uji coba terhadap sel kultur pada sel kanker payudara. Sel ini kemudian diteteskan minyak zaitun.

Hasilnya, minyak zaitun dapat membantu mengurangi aktivitas sel kanker tipe p21Ras, mencegah kerusakan DNA, dan mempercepat kematian sel tumor. Khasiat ini tidak ditemukan pada jenis minyak nabati lainnya.

Itulah beragam manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan.

Selain minyak zaitun murni, kamu juga bisa menggunakan perawatan tubuh halal yang memiliki kandungan minyak zaitun di dalamnya, misalnya losion, sampo, dan kondisioner. Dengan demikian, kamu bisa lebih praktis dalam merawat kecantikan.

Untuk menjaga kesehatan, terdapat juga minyak zaitun yang dikemas dalam bentuk kapsul atau softgel. Suplemen ini dapat dikonsumsi sehari-hari.

Kamu bisa mendapatkan minyak zaitun murni atau produk perawatan tubuh halal serta obat halal dengan kandungan minyak zaitun sesuai dengan kebutuhanmu di Tokopedia Salam. Platform dari Tokopedia ini juga menyediakan produk halal lain untuk keperluan harian.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com