Advertorial

Antiboros, Ini 5 Tips Hemat Belanja Online Sehabis Gajian

Kompas.com - 25/02/2021, 16:28 WIB
 Ilustrasi seorang wanita berbelanja secara online (DOK. Shutterstock) Ilustrasi seorang wanita berbelanja secara online

KOMPAS.com - Aktivitas belanja online masyarakat Indonesia meningkat drastis selama pandemi Covid-19.

Seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (27/10/2020), masyarakat lebih memilih berbelanja berbagai kebutuhan melalui e-commerce demi menghindari keramaian. Tren ini diprediksi akan terus meningkat selama pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Selain menghindari kerumunan, berbelanja melalui e-commerce juga memiliki berbagai kelebihan dibandingkan belanja secara offline.

Adapun kelebihan yang ditawarkan di antaranya kemudahan dalam bertransaksi, produk yang lebih bervariasi, dan sejumlah promo menarik.

Sayangnya, berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh e-commerce bisa membuat sebagian masyarakat cenderung lebih boros.

Pasalnya, e-commerce menawarkan barang-barang idaman yang menggoda, seperti gadget canggih, kosmetik, jam tangan, pakaian, dan peralatan memasak.

Lalu, bagaimana cara belanja barang impian secara online dengan hemat dan aman? Simak tips berikut ini.

  1. Buat daftar barang belanjaan

Salah satu penyebab orang boros saat berbelanja online adalah tidak memiliki daftar prioritas barang yang dibutuhkan. Imbasnya, hasrat berbelanja pun menjadi tidak terkendali.

Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menuliskan semua barang yang dibutuhkan. Selanjutnya, pilah barang apa saja yang menjadi prioritas untuk dibelanjakan.

Langkah tersebut bisa membantu Anda mengerem hasrat belanja barang-barang yang tidak sesuai kebutuhan.

  1. Selalu bandingkan harga

Setiap penjual online bisa menjual barang dengan harga berbeda-beda. Bila ingin berhemat, Anda bisa membandingkan harga barang di beberapa toko.

Terlebih bila hendak membeli barang yang agak mahal seperti smartphone keluaran terbaru atau laptop gaming.Tujuannya untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Selain itu, pertimbangkan juga reputasi toko sebagai jaminan keamanan barang, terutama bila membeli barang yang dijual dengan harga jutaan.

  1. Manfaatkan cashback

Salah satu keuntungan dari belanja online adalah kehadiran promo cashback yang sering diadakan sejumlah e-commerce.

Cashback merupakan suatu penawaran berupa persentase pengembalian uang jika pembeli memenuhi persyaratan pembelian yang sudah ditentukan oleh e-commerce atau pihak toko.

Dengan memanfaatkan promo tersebut, Anda dapat menghemat pengeluaran.

  1. Manfaatkan kode kupon

Terkadang penjual online turut menyertakan kode kupon yang memberikan berbagai keuntungan bagi konsumen seperti potongan cashback atau gratis ongkos kirim (ongkir). Kode ini bisa didapat melalui akun sosial media atau situs belanja milik penjual.

Selain itu, kupon belanja juga bisa didapat bila pembeli bertransaksi menggunakan platform pembayaran tertentu yang menjadi mitra dari toko online.

  1. Mengikuti program khusus dari e-commerce

E-commerce berskala besar kerap menghadirkan berbagai program menarik untuk memanjakan pelanggan. Acara khusus tersebut lazimnya diadakan pada akhir bulan alias saat para pegawai gajian.

Anda bisa mengikuti program tersebut untuk mendapatkan berbagai promo menarik. Salah satu program e-commerce menarik yang tidak boleh dilewatkan adalah promo Waktu Indonesia Belanja (WIB) dari Tokopedia.

Promo WIB menghadirkan berbagai tawaran menarik untuk pelanggan, seperti promo Kejar Diskon, cashback spesial, bebas ongkir sepuasnya, dan promo menarik lainnya.

Dengan memanfaatkan promo tersebut, Anda bisa mendapatkan barang impian dengan harga miring. Sebut saja smartphone keluaran terbaru atau laptop gaming canggih.

Selain potongan harga, Anda juga bisa menyaksikan acara WIB TV Show yang tayang pada Kamis (25/02/2020) pukul 20.00 sampai 21.30 di SCTV dan channel YouTube resmi Tokopedia.

Acara tersebut menghadirkan musisi papan atas tanah air, seperti Rizky Febian, Bunga Citra Lestari, Vina Panduwinata, Potret & Melly Goeslaw, serta Kahitna.