Advertorial

Suka Bermain Game Online di Smartphone? Perhatikan Hal Berikut agar Tidak Jengkel

Kompas.com - 25/02/2021, 21:46 WIB
Ilustrasi bermain game online di smartphone (Dok. Shutterstock/Dean Drobot) Ilustrasi bermain game online di smartphone

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, bermain game adalah candu. Perkembangan teknologi pada ponsel pintar yang mendukung portabilitas kegiatan tersebut turut menjadi faktor penyebabnya. Terlebih, bermain game kini bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja lewat smartphone.

Minat masyarakat pada mobile gaming pun terbilang tinggi. Dikutip dari TechCrunch, Jumat (23/8/2019), jenis game tersebut mampu merajai 45 persen pasar game global.

Ada alasan mengapa bermain game diminati banyak orang, salah satunya adalah rasa senang yang ditimbulkannya. Namun, hasil studi Universitas Oxford yang dimuat sky.com, Senin (16/11/2020), menunjukkan bahwa bermain game memiliki manfaat lebih dari sekadar menimbulkan perasaan senang.

Bermain game ternyata bagus untuk kesehatan mental, dapat memberi pengaruh positif, dan memberikan kesejahteraan.

Meski begitu, dalam bermain game ada juga tantangan dan kendala yang membuat sebal, baik dari dalam permainan maupun dari faktor eksternal.

Berikut beberapa kendala menjengkelkan yang sering dirasakan gamers kala mereka asyik bermain.

Jaringan hilang

Jaringan merupakan hal krusial dalam bermain game online. Pencapain gamer dalam permainan, salah satunya ditentukan oleh kualitas jaringan seluler yang digunakan.

Seringkali gamer dibuat geram saat sedang asyik bermain karena jaringan yang tiba-tiba memburuk. Jika sudah begitu, gamer harus rela keluar dari permainan dan memulai kembali dari awal.

Perangkat tidak mendukung

Tak hanya koneksi jaringan yang baik, faktor perangkat juga bisa menjadi penentu lancar atau tidaknya sebuah game saat sedang dimainkan.

Pada dasarnya, tidak semua perangkat smartphone mampu menunjang kehadiran game, apalagi game yang menuntut performa tinggi.

Karena itu, sebelum menginstal game, ada baiknya mencermati dulu spesifikasi smartphone yang digunakan. seperti sistem operasi, core, memory internal, proses, baterai, dan random access memory (RAM).

Sebagai contoh, jika kamu hanya bermain game dengan performa ringan, pemilihan prosesor Snapdragon seri 4xx seperti Snapdragon 425 atau 450 bisa jadi pertimbangan.

Untuk kamu yang memainkan game dengan performa berat, pemilihan smartphone dengan prosesor berkinerja tinggi seperti Snapdragon seri 8xx sangat disarankan.

Selain itu, pemilihan RAM juga harus diperhatikan. Umumnya, semakin besar kapasitas RAM, performa yang dihasilkan juga lebih maksimal.

Jumlah core serta clock-speed chipset juga menjadi hal penting. Pastikan smartphone yang kamu punya memiliki chipset dengan minimal empat core alias quad-core. Hal ini penting agar beban yang dipikul oleh central processing unit (CPU) bisa dibagi secara merata.

Jadi perhatikan dengan baik spesifikasi ponsel pintar kamu jika ingin digunakan untuk bermain game. Jika spesifikasi smartphone yang digunakan kurang mendukung bisa dipastikan kamu akan kesal lantaran game yang dimainkan kerap mengalami lag.

Satu tim dengan newbie

Karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Mungkin itulah peribahasa yang tepat untuk menggambarkan rasanya bermain satu tim bersama gamer pendatang baru atau newbie.

Acap kali sistem atau strategi permainan yang sudah diatur sedemikian rupa tak berjalan dengan baik lantaran sang pendatang baru tak tahu apa yang harus dilakukan.

Selain itu, skill bermain yang masih pas-pasan seakan melengkapi penderitaan gamer senior. Hal tersebut sering terjadi di beberapa game online yang menuntut kerja sama tim.

Alhasil, newbie hanya menjadi beban dan kendala bagi kamu yang ingin memenangkan pertandingan.

Lawan lebih hebat

Menang adalah tujuan utama bermain game. Namun, untuk mencapainya bukanlah perkara mudah. Apalagi jika lawan lebih hebat secara skill dan ketersediaan senjata.

Meski begitu, kamu masih punya kesempatan untuk menyeimbangkan diri dengan lawan. Caranya, lewat kerja keras dan latihan. Kamu bisa berlatih terus menerus untuk meningkatkan skill dan menambah stok senjata.

Opsi lainnya, dengan membeli item-item penunjang game, seperti karakter dan amunisi persenjataan. Item-item tersebut bisa dimiliki dengan cara membeli voucher game yang dijual oleh perusahaan penerbit game.

Misalnya, voucher game Garena untuk permainan, seperti Free Fire, FIFA, GKART, Arena of Valor, Ring of Elysium, dan Heroes Newerth. Kemudian, voucher game Mobile Legend khusus permainan Mobile Legend. Di luar game yang disebutkan, kamu bisa mencarinya di voucher game Unipin.