Advertorial

Ringankan Beban Mahasiswa, Itenas Bandung Kembali Berikan Beasiswa dan Kuota Internet dengan Total Rp 3 Miliar

Kompas.com - 26/02/2021, 14:14 WIB
 Itenas Bandung memberikan beasiswa berupa potongan 50 persen UKT dan subsidi kuota kepada mahasiswa pada semester genap 2020/2021. (DOK. ITENAS BANDUNG) Itenas Bandung memberikan beasiswa berupa potongan 50 persen UKT dan subsidi kuota kepada mahasiswa pada semester genap 2020/2021.

KOMPAS.com – Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung memberikan beasiswa kepada 300 mahasiswa aktif angkatan 2017, 2018, dan 2019 berupa potongan 50 persen uang kuliah tetap (UKT) pada semester genap 2020/2021.

Pemberian beasiswa tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Itenas Bandung terhadap mahasiswa yang mengalami kesulitan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Adapun seluruh proses pengajuan dan pendaftaran program beasiswa dilakukan secara online guna memudahkan mahasiswa dalam mengaksesnya.

Hal itu dilakukan sebagai komitmen Itenas Bandung menjalankan protokol kesehatan ketat serta konsisten di lingkungan kampus. Kebijakan ini bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung.

Selain potongan UKT, Itenas juga membantu meringankan beban mahasiswa dan memperlancar perkuliahan yang dilakukan secara daring dengan memberikan subsidi kuota.

Subsidi kuota diberikan selama 4 bulan dalam 1 semester pembelajaran jarak jauh untuk seluruh mahasiswa Itenas. Nilai bantuan ini sebesar Rp 400.000 per mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Itenas Bandung Abinhot Sihotang, M.T. mengatakan, jumlah beasiswa berupa potongan 50 persen UKT yang dikeluarkan adalah sebesar Rp 375 juta.

“Sementara, jumlah dana yang diberikan Itenas untuk kuota internet bagi mahasiswa semester genap 2020/2021 sebesar Rp 2,68 miliar,” tutur Abinhot dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (25/2/2021).

Jadi, lanjutnya, terdapat lebih dari Rp 3 miliar untuk total dana beasiswa dan subsidi kuota internet yang diberikan.

“Selain kedua beasiswa tersebut, Itenas juga memberikan beasiswa UKT atau sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bagi mahasiswa aktif di semester 4, 6, dan 8 untuk tahun akademik 2020/2021,” jelas Abinhot.

Tak hanya itu, Itenas juga memiliki beberapa program beasiswa lain, seperti Beasiswa Cahaya Itenas, Beasiswa Online Scholarship Competition (OSC), Beasiswa Mahasiswa Unggulan, Jabar Future Leaders, BAWAKU, Bidikmisi, Beasiswa BNI, Taekwang, dan program beasiswa lainnya yang diberikan pemerintah maupun non-pemerintah.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai program beasiswa Itenas, kunjungi laman https://kemahasiswaan.itenas.ac.id.