Advertorial

Lewat Program Gernas BBI 2021, Jayaboard Tingkatkan Kualitas SDM Sidikalang

Kompas.com - 01/03/2021, 19:24 WIB
 Pendampingan pelatihan aplikasi papan gipsum dan kerajinan casting oleh Jayaboard (DOK. PT. Petrojaya Boral Plasterboard (Jayaboard)) Pendampingan pelatihan aplikasi papan gipsum dan kerajinan casting oleh Jayaboard

KOMPAS.com – PT. Petrojaya Boral Plasterboard (Jayaboard) mendukung program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 (Gernas BBI 2021) dengan membantu meningkatkan peluang kerja bagi sumber daya manusia (SDM) di Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Sabtu (20/2/2021).

Sebelumnya, pemerintah berkomitmen mencetak tambahan 30 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada 2023 sebagai lanjutan dari peluncuran program Gernas BBI 2021 yang diluncurkan di Bali, Senin (11/1/2021).

Mengawali langkah tersebut, Gernas BBI 2021 mulai diluncurkan di wilayah Toba, Sumatera Utara, Sabtu (20/2/2021). Momen ini yang kemudian dipakai Jayaboard untuk ikut berperan dan berkontribusi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pemberdayaan UMKM, utamanya yang berderak di bidang industri konstruksi.

Dukungan itu diwujudkan dengan melakukan pendampingan pelatihan aplikasi papan gipsum dan kerajinan casting—yakni kerajinan berbahan gipsum—yang berlangsung selama 2 hari, yakni Rabu (24/2/2021) sampai Kamis (25/2/2021) di Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja (UPT-BLKSidikalang.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan adalah siswa–siswi tingkat semester akhir sekolah menengah kejuruan (SMK) di Sidikalang.

Pihak Jayaboard mengatakan, kontribusi tersebut merupakan bentuk perhatian perusahaan untuk meningkatkan keahlian para calon aplikator di daerah yang kekurangan tenaga aplikator seperti Sidikalang.

Industri konstruksi di Sidikalang biasanya mendatangkan tenaga aplikator dari kota Medan yang membutuhkan waktu kurang lebih lima jam.

Peningkatan kualitas SDM

Pada hari pertama, peserta mendapatkan pelatihan mulai dari aplikasi sistem plafon dan partisi, materi teori, hingga praktik langsung..

Kemudian, pada hari kedua, peserta mendapatkan pelatihan kerajinan casting. Pada kesempatan ini, peserta dapat berkreasi dalam membuat ornamen berbahan dasar gipsum.

Pelatihan diselenggarakan dengan harapan agar peserta dapat terinspirasi untuk membuat produk lokal berkualitas yang dapat dijual di marketplace.

 “Melalui pelatihan ini, kami berharap dapat terus mengemban visi dan misi Jayaboard dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia melalui pembangunan yang berkualitas,” ujar Presiden Direktur Jayaboard Ahmad Hamdani.

Asa juga terlontar dari Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu yang juga hadir saat sambutan.

“Kami harap, pelatihan ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan skill pemuda–pemudi Sidikalang di bidang industri konstruksi,” ujarnya.

Ia juga menuturkan, kemampuan yang didapat dari pelatihan dapat dierapkan di masa mendatang dan dapat membantu pembangunan berkualitas untuk pariwisata Sidikalang yang lebih maju.

Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Asisten Deputi Kemenko Kemaritiman dan Investasi RI Sartin Hia, dan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan, Marisi Sianturi.

Sebagai informasi, penyelenggaraan pelatihan dilaksanakan dengan prosedur protokol kesehatan ketat sesuai anjuran pemerintah.

Sebelum mengikuti pelatihan, baik peserta maupun penyelenggara telah menjalani pemeriksaan rapid test antigen.

Informasi lebih lanjut mengenai Jayaboard

https://www.usgboral.com/en_id/