Advertorial

Visualabs, Cara Pengusaha Muda Rico Huang Bantu UMKM

Kompas.com - 03/03/2021, 09:10 WIB
Pebisnis Muda Rico Huang. (Dok. PT Alona Indonesia Raya) Pebisnis Muda Rico Huang.

KOMPAS.com - Sudah kenyang merasakan jatuh-bangun menggeluti usaha hingga akhirnya meraih kesuksesan pada usia muda tak lantas membuat Rico Huang berpuas diri.

Perjalanannya menjadi pebisnis sukses sehingga bisa membeli Ferrari California pada usia 24 tahun diawali dari bisnis berjualan casing handphone (HP).

Sayangnya, bisnis kecil yang dirintis saat ia duduk di bangku SMP itu mengalami kebangkrutan akibat tak sanggup bersaing harga dengan kompetitor lain.

“Dari situlah muncul jiwa entrepreneur dalam diri saya. Selagi masih muda, habisin jatah gagal supaya jatah sukses lebih cepat datang,” ucap Rico, seperti dikutip dari Kompas.com (18/02/2020).

Menurut Rico, jatuh berkali-kali adalah hal yang biasa baginya. Meski begitu, kegagalan tak membuat Rico berputus asa. Ia kemudian mencoba bangkit dengan memulai bisnis casing HP custom.

Saat itu, casing HP custom memang tengah menjadi primadona. Banyak orang tertarik untuk membeli casing dengan gambar yang sesuai dengan keinginan sendiri.

Tidak hanya casing HP, Rico kemudian merambah bisnis custom kaos, topi, mug, dan jaket. Lama-kelamaan, ia mulai membentuk platform jualan online, Dropshipaja.com. Dari situ, lini bisnis Rico terus berkembang.

Dari UMKM untuk UMKM

Perjalanan Rico sebagai pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) inilah yang membuatnya begitu tertarik membantu UMKM Indonesia mengembangkan bisnisnya.

Sejak 2013, pria kelahiran Jakarta ini fokus untuk membantu para pelaku UMKM agar bisa mendapatkan pundi-pundi uang melalui jualan online.

Rico pun semakin menguatkan visinya untuk membantu lebih banyak UMKM di Indonesia dengan terlibat sekaligus memberikan pendanaan untuk Visualabs Indonesia pada 2021.

Keterlibatan Rico dalam Visualabs diharapkan bisa membantu UMKM untuk bisa naik kelas ke tahap selanjutnya dan memiliki pendapatan yang semakin besar.

Sebagai informasi, Visualabs adalah sebuah perusahaan creative agency yang membantu UMKM agar memiliki konten berkualitas dan profesional. Bantuan yang ditawarkan pun beragam, mulai dari foto produk hingga copywriting.

Dengan konten berkualitas dan profesional, UMKM diharapkan memiliki daya jual dan branding yang kuat sehingga penjualan dapat meningkat, terlebih di masa pandemi akibat Covid-19 seperti saat ini.

UMKM go digital

Go digital bukan perkara yang mudah bagi pelaku UMKM pemula. Sebab, biasanya mereka memiliki keterbatasan waktu dan sumber daya.

Menilik situasi tersebut, tak heran bila masih sedikit UMKM yang hadir di ekosistem digital. Padahal, pemanfaatan teknologi dan media sosial berperan besar dalam meningkatkan penjualan dan membangun brand UMKM. Di sinilah pelaku UMKM bisa memanfaatkan jasa creative agency yang mendukung bisnis UMKM secara online.

Meski kerap dianggap bisnis kecil-kecilan, UMKM harus ditangani layaknya bisnis besar, termasuk untuk pembuatan konten. Pasalnya, konten yang profesional akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap produk yang dipasarkan.

Misalnya, ketika melihat “toko” UMKM di Instagram, calon pelanggan akan lebih menyukai tampilan toko yang dikemas dengan apik dan profesional.

Upaya tersebut dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan jasa creative agency yang mendukung bisnis UMKM secara online, seperti yang dilakukan Visualabs.

Melalui Visualabs, Rico Huang siap memberikan “tangan ekstra” miliknya untuk memajukan UMKM Indonesia.