Advertorial

Berencana Pergi ke Surabaya? Cek Dulu 5 Tips Liburan Aman dan Nyaman Ini

Kompas.com - 05/03/2021, 16:32 WIB
Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura. (DOK. POP! HOTEL) Jembatan Suramadu yang menghubungkan Surabaya dan Madura.

KOMPAS.com – Menikmati liburan di tengah pandemi Covid-19 kini sudah mulai dilakukan oleh sebagian orang. Berlibur memang bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh. Apalagi, sejak pandemi merebak setahun lalu, nyaris sebagian besar waktu dihabiskan di rumah.

Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berpikir untuk sesekali mengajak keluarga atau orang tercinta berlibur sejenak meninggalkan rutinitas harian?

Jika iya, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini pemerintah telah melonggarkan aturan terkait batasan bepergian dan melakukan aktivitas di luar rumah.

Adaptasi kebiasaan baru yang diberlakukan pemerintah tersebut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata ke daerah tertentu yang sudah mendapat izin khusus.

Kini, pilihan berwisata di ruang terbuka dan staycation di penginapan menjadi alternatif liburan yang dapat dipilih masyarakat.

Meski sudah boleh melakukan aktivitas wisata, Anda tetap perlu ekstra hati-hati dan waspada dengan selalu menjalankan protokol kesehatan 3M, yakni menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun setiap saat.

Selain itu, Anda juga bisa mengikuti lima tips berikut agar tetap aman dan nyaman selama liburan di tengah pandemi.

  1. Pastikan stamina prima

Saat memutuskan untuk pergi berlibur, pastikan kondisi kesehatan Anda sedang prima. Cek juga suhu tubuh secara teratur sehari sebelum keberangkatan.

Kondisi kesehatan yang prima akan membuat tubuh lebih terlindungi saat berada di tempat wisata. Pasalnya, bila Anda sedang sakit, daya tahan tubuh akan menurun sehingga memudahkan berbagai virus dan penyakit, termasuk Covid-19 masuk ke dalam tubuh.

Meski kondisi kesehatan Anda terasa fit, ada baiknya melakukan rapid test atau polymerase chain reaction (PCR) test sebelum bepergian untuk memastikan Anda tidak positif terinfeksi virus corona. Hal ini penting agar Anda tidak menularkan virus tersebut kepada siapa saja yang ditemui selama liburan nanti.

  1. Selektif memilih tempat wisata

Lakukan riset tentang tempat wisata yang akan dikunjungi. Pastikan tempat wisata tersebut tetap buka dan menerapkan protokol kesehatan yang tepat.

Agar lebih aman dan terlindungi, pilihlah tempat wisata luar ruangan supaya Anda tetap bisa menjaga jarak dengan pengunjung lain. Tempat wisata luar ruangan juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari udara kotor yang terjebak dalam ruangan.

  1. Pilih restoran terbuka

Sebaiknya hindari restoran yang tertutup atau tidak mempunyai sirkulasi udara terbuka. Pasalnya, virus dan kuman lebih mudah menyebar dan berpindah dari satu media ke media lain di ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara baik.

Sebaliknya, Anda bisa menikmati udara segar nan bersih di restoran yang memiliki konsep terbuka. Misalnya, restoran dengan konsep outdoor yang menyediakan gazebo, balai-balai, atau ruangan terbuka tanpa kaca akan jauh lebih aman.

Selain itu, pastikan restoran yang dipilih tidak terlalu ramai sehingga Anda tetap bisa menjaga jarak dengan pengunjung lain.

Bila memungkinkan, bawalah peralatan makan sendiri, seperti tempat minum, sendok, dan tempat makan.

Selain menjaga higienitas, menggunakan peralatan sendiri akan memperkecil peluang penularan virus corona dari benda asing. Untuk memudahkan, Anda bisa membawa peralatan makan portabel yang ringan dan praktis. 

  1. Pilih penginapan yang aman dan nyaman

Liburan tak akan lengkap rasanya bila tidak menginap di destinasi Anda berlibur. Selain bisa beristirahat, menginap di hotel atau penginapan akan memberi suasana berbeda untuk Anda dan keluarga sehingga bisa lebih menikmati suasana dan rileks selama liburan.

Saat Anda berlibur di Surabaya, contohnya, ada ragam pilihan hotel murah dan berkualitas yang menerapkan protokol kesehatan dengan baik, yaitu POP! Hotels.

Selain itu, Anda juga bisa memilih jaringan hotel yang paling dekat dengan destinasi wisata yang Anda kunjungi di Ibu Kota Jawa Timur itu, seperti POP! Hotel Diponegoro, POP! Hotel Stasiun Kota, dan POP! Hotel Gubeng.

Selain memiliki fasilitas kamar yang memadai dan modern, kelebihan menginap di hotel murah POP! Hotels Surabaya adalah jaminan kebersihan.

Hotel murah di Surabaya tersebut secara berkala melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh kamar dan area hotel. Jadi, meski sedang menginap di hotel murah, kenyamanan dan keamanan Anda tetap akan terjaga.

Untuk kenyamanan, hotel backpacker itu dilengkapi dengan televisi kabel, kamar mandi dalam, air conditioner (AC), WiFi 24 jam, safe deposit box, dan layanan resepsionis 24 jam nonstop.

Perlu diketahui, POP! Hotels Surabaya juga merupakan hotel murah yang aksesnya dekat dengan pusat kota, bandara, dan stasiun sehingga memudahkan Anda melakukan perjalanan.

  1. Selalu patuhi protokol kesehatan

Di mana pun Anda berada, pastikan selalu setia menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Guna memastikan terbebas dari virus, bawa selalu hand sanitizer dan disinfectant spray ke mana pun Anda pergi.

Jangan lupa pula membawa minimal tiga masker cadangan agar Anda dapat dengan mudah menggantinya bila masker yang dipakai kotor atau basah.

Tidak ada salahnya juga untuk selalu membawa suplemen berupa vitamin untuk memastikan stamina tetap terjaga selama berlibur.

Nah, berbekal lima tips tersebut, Anda akan lebih aman dan nyaman dalam menikmati liburan bersama keluarga dan orang tercinta.

Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa menikmati momen istimewa dan rehat sejenak dari rutinitas yang hampir sama dilakukan selama setahun terakhir sejak pandemi merebak.

Terakhir, selalu pastikan destinasi, tempat makan, dan penginapan yang dipilih sudah menerapkan protokol kesehatan, ya. Bila Anda hendak berlibur dan mencari hotel murah di Surabaya, POP! Hotels Surabaya siap menjadi pilihan akomodasi Anda dan keluarga.