Advertorial

Pelindo III Gandeng BTN Sediakan Layanan Transaksi Kepelabuhan

Kompas.com - 05/03/2021, 23:13 WIB

KOMPAS.com – PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo) menggandeng PT Bank Tabungan Negara (BTN) untuk mewujudkan sinergi bisnis antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Kedua perusahaan pelat merah tersebut menjalin rangkaian kerja sama, mulai dari pemanfaatan jasa dan produk hingga layanan perbankan. Kerja sama ini merupakan sinergi kedua antara Pelindo III dan Bank BTN.

Adapun kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Direktur Keuangan Pelindo III Endot Endrardono dengan Direktur Distribution and Retail Funding Bank BTN Jasmin di Surabaya, Jumat (5/3/2021).

Pada MoU tersebut, kedua perusahaan berkomitmen saling mengoptimalkan pelayanan dan penggunaan jasa, produk hingga layanan perbankan, terutama di wilayah kerja Pelindo III.

Sebagai informasi, saat ini Pelindo III mengoperasikan 44 pelabuhan yang tersebar di 7 provinsi.

Dalam kesempatan itu, Endot Endrardono mengatakan, selain meningkatkan pelayanan, pihaknya juga berkomitmen untuk mengimplementasikan salah satu core values BUMN, yaitu kolaboratif.

“MoU ini merupakan awal yang baik bagi Pelindo III dan Bank BTN dalam mewujudkan sinergi antar BUMN. Kami berharap, melalui kerja sama ini peluang pengembangan bisnis grup (Pelindo III dan BTN) semakin berkembang, " ujar Endot dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat.

Sementara itu, Jasmin menuturkan, pihaknya sangat mendukung upaya Pelindo III mewujudkan pelayanan prima kepada pelanggan. 

Upaya itu diyakininya tak hanya membantu transaksi perbankan. Ke depan, tak menutup kemungkinan pihaknya juga menyediakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) lunak bagi pekerja Pelindo III dan supply chain financing proyek-proyek investasi strategis Pelindo III.

“BTN siap menyediakan produk perbankan terbaik bagi pegawai Pelindo III maupun pembiayaan lain untuk kebutuhan korporasi, khususnya proyek strategis Pelindo III,” terangnya.

Jasmin berharap, upaya tersebut bisa segera terealisasi dan memberikan dampak positif bagi bisnis perusahaan masing-masing pihak.

Sebagai informasi, Pelindo III merupakan perusahaan operator pelabuhan yang memiliki wilayah kerja luas.

Sebelumnya, Pelindo III telah melakukan perjanjian kerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara atau (Himbara) yang terdiri dari BNI, BRI, dan Mandiri.

Kerja sama tersebut dilakukan sebagai upaya penyediaan layanan jasa perbankan dan pengembangan Terminal Multipurpose Pelabuhan Labuan Bajo.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com