Advertorial

#MelihatHarapan Bike Trenggalek 2021 Menebar Pesan Baik Kepada Masyarakat dengan Bersepeda

Kompas.com - 07/03/2021, 10:32 WIB
 #MelihatHarapan Bike Trenggalek 2021 (Dok. Kompas.com/Garry A Lotulung) #MelihatHarapan Bike Trenggalek 2021

KOMPAS.com - Setelah berhasil menggelar program #MelihatHarapan Bike Pangandaran pada Januari 2021, Kompas.com kembali menggelar acara serupa.

Kali ini, kegiatan gowes atau riding tersebut akan digelar di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (6/3/2021). Acara tersebut akan dihadiri oleh Pimpinan Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, dan tim internal Kompas.com.

Penyelenggaraan kegiatan ini menjadi bukti konsistensi Kompas.com terhadap visi dan misi yang digagas dalam kampanye #MelihatHarapan. Melalui kampanye tersebut, Kompas.com membawa pesan positif dan semangat optimisme guna menguatkan bangsa di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Selain itu, program #MelihatHarapan Bike Trenggalek menjadi sebuah pembuktian terkait keseriusan Kompas.com untuk ikut serta dalam pembangunan berkelanjutan di tengah masyarakat Indonesia.

Program tersebut tidak hanya menjadi ajang gowes semata, tetapi juga dijadikan kesempatan untuk menyalurkan donasi dari pembaca Kompas.com. Donasi digalang melalui kerja sama Kompas.com dengan Kitabisa.com dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dengan jarak kurang lebih sejauh 28 kilometer, rute gowes akan melalui titik donasi pangan di Kecamatan Karangan dan titik donasi internet di Taman Ilmu Trenggalek Kecamatan Pogalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bantuan pangan tersebut diberikan kepada masyarakat setempat yang membutuhkan dan akan dibagikan selama satu bulan ke depan.

Tidak hanya itu, Kompas.com juga memfasilitasi rak penyimpanan donasi pangan di Desa Sumberingin, Kecamatan Karangan.

Dengan demikian, selain tempat pengambilan bantuan bagi yang membutuhkan, rak tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin berdonasi kebutuhan pangan.

Sementara itu, donasi internet menyasar sektor penunjang pendidikan. Donasi ini ditujukan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar jarak jauh siswa siswi di Trenggalek.

Adapun bantuan tersebut berupa pemasangan jaringan internet dan penyaluran 230 judul buku bacaan. Bantuan ini dapat dimanfaatkan anak-anak serta masyarakat sekitar Taman Ilmu Trenggalek, Kecamatan Pogalan.

Program donasi internet terselenggara berkat kolaborasi Kompas.com dengan gerakan #AkuBaca yang diinisiasi Literasi Nusantara. Program ini merupakan inspirasi pendidikan dalam lingkup kontribusi sosial yang diadakan Kompas Gramedia.

Pemimpin redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho menjelaskan, kegiatan sosial seperti ini akan dapat mengembalikan akar kebudayaan yang sudah tertanam di masyarakat Indonesia, walaupun dalam pelaksanaannya tetap membutuhkan intervensi dari pihak luar.

“Kami berharap bahwa bantuan seperti ini akan tetap berkelanjutan dan kembali ke akar dari culture yang dimiliki,” ungkap Wisnu dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Selain itu, ia juga berharap upaya-upaya baik ini bisa terus dipertahankan dan dapat dilakukan juga di tempat-tempat lain.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.