Advertorial

Rivan A Purwantono dan Transformasi KB Bukopin

Kompas.com - 09/03/2021, 15:42 WIB
 Sosok Rivan A Purwantono yang telah bergabung selama 15 tahun di Bank KB Bukopin. (Dok. KB Bukopin) Sosok Rivan A Purwantono yang telah bergabung selama 15 tahun di Bank KB Bukopin.

KOMPAS.com – Rivan Achmad Purwantono merupakan salah satu sosok pemimpin transformasional dalam sejarah Bank Bukopin yang kini telah berganti nama menjadi Bank KB Bukopin.

Melalui tangan dingin Rivan, Bank KB Bukopin berhasil lepas dari sejumlah gejolak, mulai dari permasalahan likuiditas hingga isu negatif yang menyebabkan penarikan dana besar-besaran oleh nasabah.

“Saat itu, saya sangat memahami dan berupaya berempati terhadap nasabah. Kemudian, saya buktikan secara langsung dengan cara menemui dan memberi klarifikasi terkait permasalahan yang sedang kami alami,” ujar Rivan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Hal tersebut, tambah Rivan, tidak hanya ia lakukan kepada nasabah, tetapi juga ke regulator, media, dan seluruh stakeholder Bank KB Bukopin.

Masuknya KB Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali (PSP) pun menuntut Rivan untuk terus berkomitmen meningkatkan corporate value KB Bukopin.

“Sejak September 2020, kami berupaya untuk melakukan sinergi melalui serangkaian upaya transformasi. Hal ini kami lakukan untuk melahirkan ‘New Bukopin’ dan mewujudkan misi kami menjadi bank (berpredikat) top ten di Indonesia,” jelas Rivan.

Peningkatan corporate value berhasil Rivan buktikan melalui pertumbuhan harga saham Bank KB Bukopin. Hal ini terlihat dari harga saham Bank KB Bukopin yang menunjukkan performa cukup outperform.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Harga saham Bank KB Bukopin sempat terpuruk di Rp 98. Kini, harga saham (kami) berhasil melesat hingga Rp 500. Apabila dilihat dari tren pergerakannya, saham KB Bukopin memiliki pergerakan yang serupa dengan saham top five,” ujarnya.

Rivan juga menjelaskan, jika dilihat dari pergerakan saham secara fundamental, saham Bank KB Bukopin memiliki performa yang baik.

Keberhasilan kepemimpinan Rivan Achmad Purwantono dalam meningkatkan corporate value Bank KB Bukopin tidak terlepas dari pengalaman yang cukup panjang di dunia perbankan.

Sebelum menjadi Direktur Utama (Dirut) Bank KB Bukopin, Rivan juga pernah menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Pengalaman tersebut menjadi modal untuk menjalankan roda kepemimpinannya saat ini.

Rivan telah bergabung selama hampir 15 tahun dan berpengalaman menjabat berbagai posisi. Dengan demikian, ia memahami Bank KB Bukopin dari hulu hilir.

Pada 2006, Rivan mulai merintis kariernya di Bukopin sebagai private banking group head. Pada posisi ini, ia banyak meletakkan pondasi-pondasi customer banking di Bank KB Bukopin.

Setelah posisi tersebut, ia juga pernah memegang sejumlah jabatan manajerial, mulai dari general manager pengembangan bisnis, general manager bisnis konsumer, hingga direktur konsumer.

Pada banyak kesempatan, Rivan berkali-kali menegaskan mengenai moto hidupnya yang berbunyi, “Jangan pernah menyerah, kecuali kita ingin kalah. Masalah dalam hidup bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi dan dijalani.”

Moto hidup tersebut membuat Rivan merasa harus terus bergerak dan berinovasi untuk membuat perusahaan yang dinahkodainya tetap eksis.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Bank KB Bukopin, Anda dapat menghubungi Sekretaris Perusahaan PT Bank KB Bukopin Tbk Meliawati melalui surat elektronik corsec@bukopin.co.id atau telepon 021-7988266.

Anda juga bisa mengunjungi laman websitewww.kbbubukopin.com dan media sosial @bukopinsiaga.