Advertorial

Ramaikan HUT BCA ke-64, Welma Bagi-bagi Hadiah Buat Para Investor

Kompas.com - 16/03/2021, 14:47 WIB
Ilustrasi berinvestasi (iStock/Baona) Ilustrasi berinvestasi (iStock/Baona)

KOMPAS.com – Berinvestasi menjadi salah satu cara untuk menjaga keuangan di masa depan di samping menabung.

Saat ini, ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih. Namun, Anda perlu bijak menentukan pilihan karena setiap instrumen memiliki risiko dan keuntungan yang berbeda.

Jika ingin memulai tetapi masih ragu, Anda bisa mencoba berinvestasi dalam bentuk reksa dana dan obligasi lewat Welma, platform investasi online besutan Bank Central Asia (BCA).

Akan tetapi, sebelum mengetahui lebih jauh mengenai platform tersebut, yuk berkenalan dengan reksa dana dan obligasi.

Reksa dana

Merujuk Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 yang dikutip dari laman www.ojk.go.id, reksa dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Secara umum, ada empat jenis reksa dana dengan profil risiko rendah hingga tinggi, yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Praktik reksa dana terbilang mudah karena uang yang disetor oleh penanam modal akan dikelola secara profesional oleh Manajer Investasi (MI) berpengalaman. Hal ini membantu para investor yang tidak memiliki banyak waktu dan kurang berpengalaman dalam menavigasi kondisi pasar.

Obligasi

Obligasi adalah surat utang berjangka lebih dari satu tahun dan bersuku bunga tertentu yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk menarik dana dari masyarakat guna menutup pembiayaan perusahaan.

Obligasi terdiri dari dua jenis, yakni obligasi yang diterbitkan pemerintah atau Surat Berharga Negara (SBN) dan obligasi korporasi yang diterbitkan perusahaan swasta.

Instrumen obligasi dinilai memiliki profil risiko konservatif, terutama obligasi pemerintah dengan jangka waktu pendek, sehingga cocok bagi investor pemula maupun profesional.

Itulah dua jenis investasi yang bisa jadi pilihan Anda. Pada platform Welma dari BCA, obligasi & reksa dana bisa dijual beli dengan mudah.

- -

Investasi berhadiah

Dalam rangka BCA Expoversary Online 2021, BCA memberikan promo menarik bagi Anda yang berinvestasi di Welma. Anda bisa mendapatkan GetPlus Point hingga satu juta poin/produknya jika registrasi di BCA Expoversary dan melakukan transaksi pada produk reksa dana tertentu di aplikasi tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar promo investasi Welma, kamu bisa mengunjungi BCA Expoversary Online 2021 melalui tautan ini.

Adapun BCA Expoversary Online 2021 merupakan pameran virtual yang berlangsung selama satu bulan penuh, yaitu dari 27 Februari hingga 27 Maret 2021.

Selain GetPlus Point, BCA juga memberikan hadiah menarik, seperti iPhone 12, di acara tersebut. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengumpulkan Expo Poin yang bisa diperoleh usai melakukan aktivitas tertentu di BCA Expoversary Online 2021.

Bagi 64 nasabah yang dapat mengumpulkan Expo Poin tercepat dan tertinggi, yaitu minimum 300 poin per hari, masing-masing berkesempatan mendapatkan hadiah saldo Flazz atau Sakuku sebesar Rp 150.000.

Bagaimana, menarik bukan? Yuk, kunjungi BCA Expoversary Online 2021 dengan mengklik tautan ini

- -

Atur anggaran investasi

Untuk memulai investasi di Welma, Anda perlu menyesuaikan kecukupan anggaran yang dimiliki dengan harga produk investasi terlebih dahulu.

Pada reksa dana misalnya, Welma BCA menawarkan produk instrumen investasi mulai dari harga Rp100.000. Sementara itu, untuk obligasi dapat dibeli mulai dari Rp 1 juta atau kelipatannya.

Perlu diketahui, BCA merupakan Mitra Distribusi Kementerian Keuangan dalam memasarkan produk obligasi pemerintah atau SBN.

Produk obligasi pemerintah ritel yang dipasarkan BCA lewat Welma, yaitu Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Sukuk Negara Ritel (SR).

Melalui Welma, nasabah juga dapat membeli maupun menjual produk obligasi pemerintah lain, seperti Fixed Rate (FR), Project Based Sukuk (PBS), Obligasi Negara Valas (INDON) dan Obligasi Negara Valas Syariah (INDOIS).

Tak hanya menawarkan investasi seperti reksa dana dan obligasi, Welma juga memiliki informasi asuransi (bancassurance), serta leave contact asuransi.

Saat ini, Welma sudah tersedia di Google Play Store (android) maupun App Store (iOS). Namun, sebelum menggunakan aplikasi tersebut, Anda perlu mendaftarkan BCA ID terlebih dahulu. Lalu, ikuti instruksi selanjutnya yang bisa dilihat pada tautan ini.