Advertorial

Agar Tetap Hemat Belanja Online Saat Gajian, Simak Tips Berikut

Kompas.com - 18/03/2021, 19:40 WIB
 Ilustrasi belanja. (Dok. Freepik/snowing) Ilustrasi belanja.

KOMPAS.com – Berbelanja merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk sebagian orang, terutama di momen setelah gajian.

Apalagi, di zaman yang semakin modern ini, aktivitas berbelanja semakin mudah dan praktis. Salah satunya dengan mengakses toko online. Cukup bermodalkan smartphone dan koneksi internet, kegiatan belanja dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun.

Selain kemudahan akses, fitur yang ada di platform belanja online memudahkan pelanggan dalam memilih produk.

Lantaran kemudahan tersebut, sebagian orang kerap kalap ketika belanja online. Jika dibiarkan, hal ini berpotensi mengganggu kondisi keuangan.

Karena itu, simak tips berikut ini agar tidak kalap dan lebih hemat saat belanja online.

  1. Buat daftar belanja

Agar tidak kalap, upayakan untuk membuat daftar barang yang dibutuhkan sebelum belanja online.

Langkah itu dapat menghindarkan kamu dari pembelian barang-barang yang tidak dibutuhkan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat pengeluaran.

  1. Bandingkan harga

Sebelum memutuskan membeli suatu barang, alangkah baiknya kamu membandingkan harga terlebih dahulu. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang bisa kamu manfaatkan ketika berbelanja online. Sebab, pembeli dapat dengan mudah melihat dan membandingkan harga suatu produk dari berbagai lapak.

Dengan membandingkan harga, kamu bisa mendapatkan produk yang kamu butuhkan dengan harga yang lebih murah.

Akan tetapi, jangan lupa untuk tetap membaca deskripsi produk tersebut terlebih dahulu sebelum membelinya, ya!

  1. Pilih promo bebas ongkos kirim

Selain mendapatkan harga termurah dari produk yang dibutuhkan, kamu juga bisa memanfaatkan promo gratis ongkos kirim (ongkir).

Beberapa situs belanja online biasanya memberikan gratis biaya antar atau free shipping dengan ketentuan minimum belanja.

Meski nilainya tidak terlalu besar, hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menekan pengeluaran.

  1. Manfaatkan berbagai promo menarik

Kelebihan berbelanja online yang tidak boleh terlewatkan adalah berbagai promo menarik yang ditawarkan. Misalnya, beli satu gratis satu, cashback, dan diskon hingga 80 persen. Promo-promo ini biasanya jarang ditemui saat berbelanja secara offline.

Karena itu, tidak ada salahnya kamu memanfaatkan promo menarik yang ditawarkan berbagai e-commerce atau marketplace agar belanja lebih hemat.

Salah satu marketplace yang memberikan berbagai penawaran menarik adalah Tokopedia.

Saat ini, Tokopedia tengah mengadakan pesta promo Waktu Indonesia Belanja (WIB). Promo ini menghadirkan diskon besar, cashback spesial, dan bebas ongkir sepuasnya di Tokopedia.

Selain itu, kamu juga dapat menyaksikan WIB TV Show, program bulanan dari Tokopedia TV Show yang digelar setiap tanggal 25.

Acara pembuka promo WIB tersebut menyajikan penampilan dari berbagai artis papan atas, baik artis Indonesia maupun internasional.

Dengan memanfaatkan promo tersebut, kamu bisa belanja lebih hemat saat waktu gajian tiba.