Advertorial

Ibu Bisa Tetap Hemat dengan Empat Tips Belanja Online Ini

Kompas.com - 19/03/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi ibu sedang belanja online. (Dok. Shutterstock) Ilustrasi ibu sedang belanja online. (Dok. Shutterstock)

KOMPAS.com – Mengatur keuangan keluarga merupakan salah satu tugas ibu di dalam rumah tangga. Demi memenuhi kebutuhan makan sehari-hari, belanja bulanan, kebutuhan anak, hingga menabung, para ibu dituntut untuk dapat mengatur keuangan rumah tangga secara cerdas.

Hemat, efisien, dan penuh pertimbangan menjadi kunci dalam mengatur keuangan. Dengan menghemat pengeluaran, ibu dapat menyisihkan uang untuk ditabung. Biasanya, prinsip hemat ini diterapkan saat berbelanja.

Kelebihan uang dari hasil menghemat tersebut dapat ditabung. Kemudian, tabungan dapat digunakan untuk biaya sekolah atau keperluan lain di masa depan

Meski berhemat, setiap kebutuhan tetap harus terpenuhi, terutama untuk anak. Lebih dari itu, ibu juga harus berorientasi pada kualitas saat memilih kebutuhan, seperti pakaian, susu, popok, vitamin, dan makanan agar anak-anak terus merasa nyaman.

Untuk memenuhi kebutuhan anak, beberapa ibu memilih berbelanja secara online. Cara ini dianggap lebih hemat karena ibu tidak mengeluarkan ongkos transportasi dan terhindar dari risiko “lapar mata” sehingga membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Namun, jika mau benar-benar hemat, berbelanja online juga perlu dilakukan dengan cermat. Jika tidak, ibu juga bisa lho kalap saat berbelanja daring. Tak hanya kalap, ibu bisa saja mengalami penipuan saat belanja online.

Supaya bisa menghemat pengeluaran saat belanja daring, ibu bisa mengikuti beberapa tips berikut.

  1. Cari toko tepercaya
    Saat berbelanja daring di marketplace seperti Tokopedia, ibu bisa mencari official store dari merek yang diinginkan. Sebab, barang yang dijual di official store ini bisa dipastikan orisinal.

    Selain itu, ibu juga bisa mencari toko dengan reputasi bintang lima. Reputasi ini menandakan toko telah terverifikasi dan tepercaya sehingga kecil kemungkinan untuk melakukan penipuan.

  2. Beli barang di toko yang sama
    Setelah memilih produk yang diinginkan di sebuah toko, cobalah untuk melihat produk lain di toko yang sama. Pasalnya, membeli beberapa barang di toko yang sama bisa mendapat beberapa keuntungan.

    Pertama, ibu bisa menghemat biaya pengiriman. Sebab, barang akan dikirimkan dari toko yang sama. Kedua, ibu bisa mendapatkan potongan harga. Terkadang, ada beberapa toko yang memberikan potongan harga dengan minimal pembelian bagi pelanggannya.

  1. Manfaatkan promo yang ada
    Selain potongan harga, ibu juga bisa berhemat dengan memanfaatkan bentuk promo lain yang kerap ditawarkan platform belanja online, seperti bundling produk, flash sale, dan cashback.

    Kini, banyak toko online yang menawarkan produk dalam bentuk bundling. Toko tersebut menjual beberapa produk dalam satu paket dengan harga yang lebih hemat dibandingkan membeli secara satuan.

    Contohnya, bundling produk popok. Dalam paket bundling, terdapat dua atau empat pak popok dengan ukuran yang sama. Harga yang ditawarkan dalam bundling tersebut akan lebih murah dari harga satuan. Dengan demikian, ibu bisa menghemat pengeluaran bulanan .

  1. Gratis ongkir
    Salah satu hal menyenangkan saat berbelanja secara daring adalah ketika ibu mendapatkan promo bebas biaya pengiriman. Ibu pun tak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan karena mendapatkan free ongkir.

Keempat tips tersebut bisa ibu manfaatkan untuk membeli berbagai kebutuhan anak dan rumah tangga lainnya di Tokopedia. Melalui marketplace yang telah menjadi perusahaan decacorn ini, ibu bisa membeli produk dari seluruh Indonesia.