Advertorial

Produk Dalam Negeri dengan TKDN Tinggi Mampu Ekspor dan Siap Layani Industri Energi Indonesia

Kompas.com - 19/03/2021, 13:29 WIB
- dok. PT Fajar Benua Indopack-

KOMPAS.comExpansion joint atau sambungan muai merupakan alat yang berfungsi untuk menyerap pergerakan termal dalam perpipaan atau peralatan. Alat ini banyak digunakan dalam industri perangkat, seperti minyak dan gas, petrokimia, pembangkit listrik, pabrik semen, pabrik pupuk, serta smelter.

Untuk memenuhi kebutuhan expansion joint di Indonesia, pada tahun 2002, pemegang saham asal Australia dan partner Indonesia membentuk perusahaan bernama PT Hidroflex Indonesia.

Hidroflex kemudian berhasil dipercaya sejumlah perusahaan ternama. Perusahaan sekelas Pertamina, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Gudang Garam, Krakatau Steel, Chevron, Asahimas, dan Indocement menjadi pelanggan Hidroflex pada tahun pertama berdiri.

Hidroflex Indonesia pun menjadi perusahaan pelopor yang memproduksi metal dan non metal expansion joint di kawasan Asia Tenggara. Dengan begitu, Hidroflex memiliki kemampuan memberikan solusi, servis, dan pemeliharaan di site dengan lebih cepat.

Perkembangan Hidroflex Indonesia tidak terlepas dari dukungan perusahaan mitra, yakni PT Fajar Benua Indopack yang kini menjadi holding company di Fajar Benua Group. Perusahaan yang telah berdiri sejak 1983 ini memiliki jaringan kuat di 11 cabang di seluruh Indonesia. Kerja sama tersebut membuka peluang bagi Hidroflex untuk memperbesar ragam dan besaran pasar.

-dok. PT Fajar Benua Indopack -

Selain itu, Hidroflex juga membuka kantor perwakilan di Malaysia pada 2004 untuk memperluas pasar di kawasan Asia Tenggara.

Malaysia dipilih sebagai tempat kantor perwakilan lantaran pasar di Negeri Jiran mirip dengan Indonesia. Industri kilang dan petrokimia di Malaysia dan Singapura pun tidak memiliki rekanan atau pemasok yang dapat menyelesaikan permasalahan terkait metal expansion joint.

Oleh karena itu, Hidroflex percaya diri melakukan ekspansi karena telah mampu menyelesaikan permasalahan serupa di dalam negeri. Sebagai contoh, pada Juli 2004 PT Pertamina Plaju RU III mengalami kegagalan pada regenerator metal expansion joint mereka. Membantu mengatasi masalah tersebut PT Hidroflex Indonesia segera mengirimkan elemen expansion joint yang diproduksi hanya dalam satu hari.

PT Hidroflex Indonesia juga telah memiliki sejumlah sertifikasi untuk membuktikan produknya diakui. Pertama, sertifikasi ISO 9001:2008 sebagai Sistem Manajemen Mutu yang kemudian diperbaharui menjadi ISO 9001:2015.

Kedua, sertifikasi ASME “U” dan “R” Stamp. Sertifikasi ini penting untuk pembuatan peralatan yang diakui secara internasional seperti expansion joint dan pressure vessel.

Ketiga, sertifikasi PED untuk menjual peralatan produksi di Uni Eropa. Keempat, sertifikasi ISO 14001-2004 dan OHSAS 18001-2007 yang dikenal dengan Sistem Manajemen Kesehatan, Keselamatan dan Lingkungan.

Dengan pembuktian tersebut, PT Hidroflex Indonesia dapat menentukan biaya, penghematan efisiensi, integrasi proses, menciptakan budaya perbaikan berkelanjutan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

PT Hidroflex Indonesia juga menambah produksi produk, seperti pressure vessel, heat exchanger, strainer, damper, dan silencer. Penambahan kapabilitas teknik dan teknologi manufaktur untuk mendukung divisi fabrikasi juga dilakukan Hidroflex pada 2010.

Selama beroperasi di Indonesia, PT Hidroflex Indonesia telah berhasil menggarap beberapa proyek. Pada 2014, perusahaan ini membuat chimney atau cerobong asap setinggi 72 meter untuk Unilever Group di Sei Mangke, Medan.

Pada 2016, Hidroflex berhasil menggarap proyek dengan Technip FMC - Saipem untuk ENI Saipem dan memasok banyak pig launcher dan receiver, tank, serta vessels.

Pada 2017, Hidroflex mampu memproduksi 28 unit expansion joint FCCU/RCC yang diselesaikan dalam waktu singkat dan diekspor ke Dangote Group di Nigeria.

Hal itu merupakan impian Hidroflex yang berhadil diwujudkan. Sebagai expansion joint manufacture yang telah memproduksi ribuan bellows, Hidroflex akhirnya mampu memproduksi expansion joint jenis FCCU Bellows dan dipasarkan ke luar negeri.

Sebelum dipercaya dalam mega proyek Dangote Group, Hidroflex telah berhasil membangun fasilitas uji destruktif untuk memverifikasi design cycle life selain mengandalkan finite element analysis.

FCCU Bellows yang didesain dan diproduksi oleh Hidroflex untuk Dangote Group berkapasitas lebih besar dari kilang minyak Pertamina. Pengalaman ini membuat Hidroflex semakin percaya diri untuk turut serta dalam berbagai proyek strategis nasional.

Pada 2018, Hidroflex mendapatkan penghargaan dari rekayasa untuk Panca Amara Utama-Sulawesi serta memasok strainer dan expansion joint ke pabrik pupuk. Perusahaan ini juga menetapkan pencapaian lain dalam bidang teknik dan kualitas.

Di 2020, PT Hidroflex Indonesia dipercaya oleh Hyundai Korea untuk memproduksi sebagian expansion joint metal and non metal di proyek refinery development master plan (RDMP) Balikpapan.

Saat ini, PT Hidroflex Indonesia memiliki 20 orang tenaga ahli dalam desain mekanik, analisis factor evaluation system (FES), analisis termal, dan perangkat lunak computer-aided design (CAD). Tenaga ahli tersebut merupakan kombinasi antara tim Indonesia dan ekspatriat.

Hidroflex Indonesia juga memiliki peralatan khusus untuk membuat expansion joint, memeriksa cycle life, melakukan non-destructive testing (NDT), dan pengujian tekanan sesuai spesifikasi unit of production (UOP).

Sebagai perusahaan fabrikator bersertifikasi U Stamp, PT Hidroflex Indonesia siap menangani semua jenis fabrikasi kritis dengan menggunakan berbagai jenis material.

PT Hidroflex Indonesia juga memberikan layanan berupa inspeksi, investigasi, dan rekondisi expansion joint untuk mengurangi biaya proyek. Bahkan, Hidroflex siap membantu kapan pun dalam keadaan darurat apa pun.

Dalam mendukung program pemerintah dan perekonomian Indonesia, Hidroflex pun telah memperoleh sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) untuk produk expansion joint FCCU/RCC dengan nilai TKDN mencapai 43,5 persen.

Hal tersebut berarti bahwa hampir setengah bahan yang digunakan dalam produk PT Hidroflex Indonesia berasal dari dalam negeri. Dengan demikian, juga produk Hidroflex sudah melampaui standar yang disyaratkan dalam berbagai proyek strategis nasional.

Berbagai pengalaman dan keunggulan yang dimiliki oleh Hidroflex Indonesia tersebut, dapat menjadi jawaban atas tantangan akan kebutuhan produk fabrikasi dengan kandungan lokal dan kualitas yang tinggi guna meningkatkan daya saing pelaku industri nasional.