Advertorial

3 Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik

Kompas.com - 20/03/2021, 12:38 WIB
Kucing sedang menyantap makanan kering. Dok. MypetsKucing sedang menyantap makanan kering.

KOMPAS.com – Sebagai salah satu hewan peliharaan, kucing membutuhkan nutrisi yang cukup dan seimbang. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi oleh pemelihara kucing dengan memilih makanan yang tepat.

Meski demikian, memilih makanan kucing terbaik bukan perkara mudah. Sebab, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan si kucing, seperti mempertimbangkan umur, berat badan, jenis, dan rasa favorit kucing.

Ada dua jenis makanan kucing yang bisa Anda pilih, yakni makanan kering atau dry food dan makanan basah atau wet food.

Makanan kering biasanya diproses dengan metode ekstrusi atau pengolahan pada temperatur bertekanan tinggi. Kemudian, bahan tambahan lain disemprotkan untuk meningkatkan rasa dan palatabilitas.

Karena proses pembuatannya, makanan kering hanya mengandung sekitar 8-10 persen air. Apabila Anda memberikan dry food secara rutin, kucing perlu meminum lebih banyak air.

Adapun kelebihan makanan kering bagi kucing adalah baik untuk kesehatan gigi, tidak mudah rusak, dan dapat bertahan selama beberapa hari jika dibiarkan di dalam mangkuk makanan kucing.

Selain itu, beberapa ahli hewan berpendapat bahwa makanan berjenis dry food dapat mencegah deposito tartar.

Jenis makanan kucing berikutnya adalah makanan basah atau wet food. Makanan kucing jenis ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sebesar 75-78 persen.

Oleh sebab itu, makanan basah dianggap baik untuk kesehatan saluran pencernaan, mencegah diabetes, gagal ginjal, serta obesitas pada kucing.

Akan tetapi, makanan jenis tersebut kurang baik untuk kesehatan gigi. Gigi kucing yang kerap diberi makanan basah harus sering disikat. Hal tersebut dilakukan agar gigi kucing tidak berlubang, muncul plak gigi, dan erosi.

Selain jenis makanan dan nutrisi, harga seringkali menjadi salah satu faktor yang memengaruhi pemilik ketika memilih makanan hewan peliharaannya.

Sebab, tidak semua pemilik kucing memiliki kondisi keuangan yang sama. Beberapa di antaranya memiliki keuangan yang terbatas, cukup, dan ada pula yang berlebih.

Meski begitu, nutrisi yang terkandung dan bahan baku tetap harus menjadi pertimbangan utama dalam pemilihan makanan kucing. Jangan sampai Anda memilih makanan kucing murah, tetapi tidak baik bagi sang kucing.

Untuk memudahkan memilih, simak rekomendasi makanan kucing terbaik berikut yang ditinjau dari kualitas dan harga.

Hero

Hero merupakan salah satu brand makanan kucing terbaik di Indonesia. Sebab, produk ini diproses dengan mesin berteknologi tinggi di Belgia.

Kemudian, terdapat kandungan urinary tract pada makanan kucing yang diproduksi Hero. Hal ini dapat mencegah terjadinya penyakit feline urologic syndrome (FUS) pada kucing.

Selain itu, ada pula antihairball yang dapat melancarkan sistem pencernaan kucing ketika terdapat bulu kucing yang tertelan.

Untuk kemasan 8 kilogram (kg), makanan kucing Hero dibanderol sekitar Rp 475.000 di marketplace Tokopedia.

Yummy

Apabila kucing Anda lebih menyukai wet food, Yummy dapat menjadi pilihan tepat bagi si kucing.

Pasalnya, makanan kucing dari merek tersebut mengandung nutrisi lengkap yang dapat menjaga kesehatan hewan berbulu kesayangan Anda. Dengan begitu, kucing dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Makanan kucing brand Yummy juga terbilang murah, yakni di kisaran Rp 15.000 untuk kemasan 375 gram di marketplace Bukalapak.

Royal Canin

Makanan kucing dari Royal Canin memiliki kandungan gizi yang lengkap dan dapat mencegah kerontokan bulu kucing kesayangan Anda. Tak heran, merek ini memiliki reputasi bagus di kalangan pencinta kucing.

Akan tetapi, harga Royal Canin terbilang sangat tinggi, yaitu Rp 250.000 untuk kemasan 2 kg di marketplace Tokopedia.

Itulah tiga rekomendasi makanan kucing terbaik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan kucing dan kondisi keuangan Anda.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih Hero atau Yummy dengan harga yang lebih terjangkau. Kandungan gizi di dalamnya pun tidak kalah baik dengan brand ternama lain.