Advertorial

Biar Aman dan Enggak Waswas, Ini Tip Bepergian Naik Pesawat di Masa Pandemi

Kompas.com - 22/03/2021, 12:53 WIB
 Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan perjalanan di bandara. (DOK. Shutterstock) Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan perjalanan di bandara.

KOMPAS.com - Pesawat masih menjadi moda transportasi andalan masyarakat untuk bepergian jarak jauh, baik antarkota maupun antarnegara, pada masa pandemi Covid-19. Alasannya, bepergian dengan pesawat dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dibandingkan menggunakan moda transportasi lainnya.

Meski begitu, menggunakan pesawat di masa pandemi membutuhkan penyesuaian.

Agar perjalanan tetap nyaman, otoritas transportasi udara dan maskapai penerbangan telah menerapkan persyaratan dan protokol kesehatan. Karena itu, masyarakat yang memilih pesawat harus mematuhi ketentuan baru tersebut.

Kemudian, masyarakat juga perlu memperhatikan kebijakan di kota maupun negara tujuan. Pasalnya, beberapa kota dan negara punya kebijakan berbeda-beda terkait pendatang selama masa pandemi. Misalnya, Jerman yang memperpanjang lockdown hingga Minggu (28/03/2021).

Hal tersebut membuat siapa pun yang hendak bepergian ke luar kota atau luar negeri harus lebih matang dan detail dalam membuat perencanaan perjalanan.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan saat bepergian jauh menggunakan transportasi udara? Simak tips berikut ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Melakukan tes Covid-19

Tes Covid-19 menjadi salah satu syarat wajib bila Anda hendak menggunakan jasa maskapai penerbangan.

Untuk melakukan tes itu, Anda bisa mendatangi rumah sakit, klinik kesehatan, laboratorium, atau datang langsung ke bandara yang menyediakan layanan swab antigen atau swab test virus Corona.

Anda akan mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19 bila hasil tesnya negatif.

  1. Jaga protokol kesehatan saat terbang

Setiap penumpang yang bepergian wajib menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Terdapat berbagai protokol kesehatan yang patut Anda patuhi.

Pertama, menjaga jarak aman minimal dua meter dengan orang lain. Selanjutnya, hindari kontak langsung dengan orang-orang yang terlihat sakit.

Anda juga harus membatasi kontak langsung dengan benda-benda di sekitar. Misalnya, tidak menyentuh permukaan benda, tombol lift, pegangan tangan, dan benda lain. Bila terlanjur menyentuh benda-benda itu, segera bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

Selain itu, Anda juga harus memakai masker sepanjang perjalanan. Bawalah beberapa masker supaya Anda bisa menggantinya setiap beberapa jam sekali.

  1. Periksa ketentuan kota atau negara tujuan

Setiap negara memiliki aturan tersendiri dalam menangani pendatang dari luar negeri pada masa pandemi. Negara yang masih berstatus lockdown akan menutup rapat-rapat akses keluar-masuk pengunjung dari luar negeri.

Karenanya, Anda harus meneliti apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku di destinasi tujuan sebelum memutuskan terbang ke sana.

Sebagai contoh, beberapa destinasi mengharuskan Anda menunjukkan hasil tes yang dilakukan maksimal 72 jam sebelum keberangkatan.

Periksa pula protokol kesehatan di kota atau negara tujuan. Ada beberapa pemerintah kota maupun negara yang menerapkan protokol kesehatan yang lebih rumit. Misalnya, mengunduh aplikasi tracing, pemeriksaan riwayat kesehatan, dan salinan mutasi rekening bank dengan besaran saldo minimal tertentu.

  1. Siapkan dokumen perjalanan

Pada masa pandemi, penumpang pesawat terbang tidak hanya harus membawa paspor dan visa, tetapi juga berbagai dokumen pendukung. Misalnya, surat bukti negatif Covid-19, serta formulir riwayat kesehatan soal gejala Covid-19 yang diisi untuk kedatangan dan transit.

Anda harus mempersiapkan berbagai dokumen yang diperlukan sesuai negara yang dituju. Simpan dokumen berbentuk hard copy dalam satu berkas sehingga mudah dikeluarkan.

Selain itu, simpan juga dalam bentuk soft copy di ponsel. Tujuannya, bila ada peristiwa yang tidak diinginkan, Anda masih memiliki file cadangannya.

5 Bawa obat-obatan pribadi

Tubuh membutuhkan tambahan vitamin dan nutrisi agar sistem imun terjaga selama masa pandemi, terlebih bila Anda melakukan perjalanan jauh. Untuk itu, Anda bisa menyiapkan suplemen, seperti seperti vitamin C, D, dan E, sebelum bepergian.

Selain itu, siapkan pula obat-obatan pribadi. Tujuannya, agar Anda dapat mengobati penyakit kambuhan, misalnya alergi, mag, dan flu.

  1. Beli tiket pesawat di e-commerce

Pada masa pandemi, bertransaksi secara online dinilai lebih aman dibandingkan secara offline karena dapat meminimalisasi kontak fisik. Hal ini juga berlaku dalam pembelian tiket pesawat.

Anda dapat beli tiket pesawat online di e-commerce Tokopedia. Tiket pesawat bisa Anda pesan jauh-jauh hari di marketplace tersebut. Anda juga bisa memilih beragam maskapai dan jadwal penerbangan sesuai kebutuhan.

Selain itu, metode pembayaran yang disediakan Tokopedia juga beragam, mulai dari kartu kredit, internet banking, transfer ATM, sampai Ovo.

Anda juga bisa berkesempatan mendapatkan tiket pesawat murah lewat berbagai promo menarik dari Tokopedia, seperti cashback dan diskon.

Tokopedia juga menyediakan fasilitas refund tiket pesawat dengan mudah. Jadi, saat membatalkan keberangkatan, Anda tetap bisa mendapatkan pengembalian uang tiket sesuai ketentuan.

Tidak hanya tiket pesawat, Tokopedia juga melayani pembelian tiket kereta api. Jadi, apa pun kebutuhan tiket yang diperlukan, Anda bisa mendapatkannya di satu e-commerce.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.