Advertorial

Buka Kompetisi Inovasi, Pelindo III Jaring 192 Ide Perbaikan

Kompas.com - 23/03/2021, 21:24 WIB

KOMPAS.com - Tuntutan industri kepelabuhanan yang terus berkembang memacu PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III untuk terus berinovasi.

Karenanya, Pelindo III membuka kesempatan kepada para pegawainya untuk menyampaikan ide perbaikan melalui sebuah kompetisi inovasi bertajuk Inno Reactivation 2.0.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, kompetisi tersebut dimaksudkan untuk memberi ruang kepada para pegawai untuk berkontribusi dalam pengembangan perusahaan.

Total, lanjut Edi, Inno Reactivation 2.0 berhasil menjaring 192 ide inovasi untuk berbagai aspek bisnis di lingkungan perusahaan. Pada edisi sebelumnya, kompetisi ini menjaring 106 inovasi.

“Setiap tahun, jumlah inovasi semakin meningkat. Ini menunjukkan bahwa para pegawai memiliki kepedulian untuk memajukan perusahaan. Semangat kreativitas ini yang mendorong kami untuk mengadakan kompetisi inovasi setiap tahun,” kata Edi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (23/3/2021).

Mengusung tema besar “Energize Your Idea and Culture”, Inno Reactivation 2.0 berhasil menjaring beberapa ide inovatif, seperti monitoring sistem pompa banjir di Pelabuhan Tanjung Emas, fuel monitoring system untuk bahan bakar alat bongkar muat, dan automatic customs behandle job order untuk kegiatan pemeriksaan peti kemas di Terminal Petikemas Surabaya.

“Kami berupaya untuk menjadikan inovasi sebagai budaya kami. Terlebih, 60 persen pegawai Pelindo III merupakan generasi milenial. Ini merupakan modal berharga kami untuk bisa menghadirkan berbagai inovasi,” ujar Edi.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Imam Bustomi turut mengapresiasi gelaran Inno Reactivation 2.0.

“Acara ini selaras dengan upaya BUMN untuk menghasilkan inovasi-inovasi di bidang teknologi guna menyambut ‘Indonesia Emas’ yang berdaya saing tinggi pada 2030,” tutur Imam.

Indonesia, kata Imam, akan menyambut masa keemasan di bidang teknologi. Karenanya, Kementerian BUMN berupaya untuk mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan, termasuk sumber daya manusia (SDM) unggul.

“Saya berharap, inovasi yang dihasilkan (di Inno Reactivation 2.0) bisa langsung diimplementasikan dalam pengembangan perusahaan,” imbuh Imam.

Semua ide inovasi yang masuk akan dinilai oleh dewan juri. Selanjutnya, ide terbaik akan ditindaklanjuti untuk diimplementasikan di lingkungan Pelindo III.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com