Advertorial

Catat! Ini 3 Hal yang Perlu Disiapkan Sebelum Ramadhan di Masa Pandemi

Kompas.com - 24/03/2021, 11:18 WIB

KOMPAS.com – Ramadhan 2021 atau 1442 Hijriah sebentar lagi tiba. Bulan yang penuh berkah ini selalu dinantikan oleh umat Islam setiap tahun untuk menyucikan diri dan menambah amal ibadah.

Meski belum ditetapkan secara resmi oleh pemerintah, hari pertama Ramadhan diperkirakan akan jatuh pada Senin (12/4/2021) atau Selasa (13/4/2021).

Sementara, seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (10/2/2021), Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan hari pertama Ramadhan pada Selasa (13/4/2021).

Tahun ini merupakan kali kedua bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia, menjalankan ibadah Ramadhan di tengah pandemi Covid-19.

Meski bukan pertama kali, persiapan menyambut Ramadhan diperlukan agar pandemi tidak menjadi penghalang. Berikut tiga hal yang perlu dipersiapkan untuk menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan semasa pandemi.

  1. Kondisi fisik

Saat berpuasa, tubuh akan berhenti makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Oleh sebab itu, kondisi fisik tubuh harus benar-benar dijaga. Apalagi, kesehatan merupakan prioritas utama semasa pandemi.

Jaga selalu pola makan saat sahur dan berbuka dengan asupan bergizi. Perbanyak konsumsi buah dan sayur sehingga imunitas tubuh tetap terjaga.

Pola tidur yang mungkin berubah akibat penerapan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) juga tak boleh diabaikan. Pasalnya, saat Ramadhan nanti, Anda perlu bangun lebih dini untuk santap sahur. Oleh karena itu, buat jadwal teratur agar bisa tidur selama 7 jam tiap hari.

Tak lupa, lakukan olahraga secara teratur agar badan tetap bugar. Pilih olahraga yang ringan dan waktu yang tepat sehingga tubuh tidak merasa terlalu lelah.

  1. Aplikasi digital
    Bulan Ramadhan begitu dimuliakan. Oleh sebab itu, umat Islam berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah di bulan suci ini. Salah satunya adalah membaca Al Quran.

    Membaca Al Quran termasuk ibadah yang mudah karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja, kecuali di toilet, tempat permainan dan hiburan, serta di perkumpulan orang-orang pandir.

    Di era digital seperti sekarang ini, untuk membacanya, tak perlu membawa Al Quran dalam bentuk fisik. Anda bisa memanfaatkan layanan Al Quran online yang bisa didapat, bahkan tanpa memasang aplikasi khusus yang memakan ruang penyimpanan berlebih pada ponsel.

    Pasalnya, saat ini, layanan belanja online Tokopedia telah menghadirkan Al Quran online untuk memudahkan pelanggan Tokopedia meraih keberkahan di bulan Ramadhan. Layanan ini bisa Anda gunakan, baik melalui aplikasi maupun laman resmi Tokopedia.

    Selain menampilkan Al Quran online secara lengkap, fitur ini juga menghadirkan pilihan Juz Amma online. Juz ini berisikan 37 surat dengan ayat-ayat pendek dan menjadi juz ke-30 atau terakhir dalam Al Quran.

    Fitur tersebut menggunakan sumber data langsung dari Kementerian Agama (Kemenag) dan dilengkapi terjemahan bahasa Indonesia beserta tafsirnya sehingga akan membantu pembaca memahami

  1. Anggaran
    Pengeluaran biaya selama Ramadhan sering kali lebih tinggi dibandingkan bulan-bulan biasa. Hal ini terjadi karena menu untuk berbuka dan sahur dibuat dengan lebih lengkap dan beragam.

    Kemudian, mudik menjelang Lebaran biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Terlebih, tahun ini pemerintah tidak melarang mudik Lebaran 2021.

    Selain itu, Anda juga harus membuat anggaran untuk kebutuhan menjelang Lebaran, seperti masakan khas Lebaran, kue kering, dan parsel Lebaran untuk kerabat.

    Oleh sebab itu, agar tidak boros, pastikan untuk membuat perencanaan anggaran yang tepat. Misalnya, dengan membuat daftar menu dan memasak sendiri untuk berbuka dan sahur, menghindari berbelanja secara impulsif, serta cermat memilih kebutuhan dengan harga terjangkau.

    Untungnya, saat ini Anda tidak perlu keluar rumah untuk membeli berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau. Di tengah situasi yang mengharuskan untuk menjaga jarak atau physical distancing, Anda dapat memanfaatkan situs belanja online, seperti Tokopedia.

    Tokopedia menghadirkan fitur Tokopedia Salam untuk memudahkan umat Islam memenuhi kebutuhan Ramadhan dengan harga terjangkau sehingga tidak menguras anggaran belanja Anda.

    Di Tokopedia Salam, Anda bisa menemukan berbagai produk kebutuhan rumah tangga bersertifikat halal, fesyen muslim, perlengkapan ibadah, buku agama Islam, serta layanan pembelian reksa dana syariah dan e-gold. Tak hanya itu, Anda juga bisa bersedekah dan membayar zakat secara

Itulah tiga hal yang perlu Anda persiapkan sebelum menjalani ibadah bulan Ramadhan. Jika ketiga hal ini dipersiapkan dengan matang, pandemi bukan lagi halangan untuk meraih keberkahan di bulan suci Ramadhan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com