Advertorial

Penanganan Cepat, Pertamina Isolasi Area Tangki T-301 Balongan

Kompas.com - 29/03/2021, 15:39 WIB
Pertamina telah mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran (damkar) Pertamina Group menangani kebakaran di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021). Dok. PertaminaPertamina telah mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran (damkar) Pertamina Group menangani kebakaran di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021).

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) bergerak cepat menangani kebakaran yang terjadi pada tangki T-301 di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3/2021) pukul 00.45 WIB.

Sejak insiden itu terjadi, Tim Emergency Pertamina terus mengambil langkah-langkah darurat. Tim emergency pun telah berhasil mengisolasi dan mendinginkan area sekitar titik nyala api serta memadamkan pusat titik api.

Senior Vice President Corporate Communication and Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto menjelaskan, Pertamina tetap fokus menangani insiden dan telah mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling.

Pertamina juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik secara internal maupun eksternal di pusat dan daerah, seperti kepolisian, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Indramayu, serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

“Api telah dapat dilokalisasi sehingga tidak meluas ke area sekitarnya,” jelas Agus melalui rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Senin.

Menurut Agus, dalam proses penanganan api, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bund wall atau tanggul di sekeliling tangki T-301. Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan foam ke perimeter bund wall dan pusat nyala api.

Dalam penanganan tersebut, Pertamina telah mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran (damkar) Pertamina Group, mulai dari Pertamina Pusat, Pertamina EP, Pertamina Region Jawa Bagian Barat, hingga Politama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemda Cirebon dan Indramayu juga turut mengerahkan mobil damkar untuk membantu proses pemadaman api.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu penanganan insiden di lapangan,” ujar Agus.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.