Advertorial

Persiapkan Perkuliahan Tatap Muka, Itenas Bandung Selenggarakan Vaksinasi Covid-19

Kompas.com - 29/03/2021, 22:24 WIB
 Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Itenas Bandung, Senin (29/3/2021). Dok. Itenas Bandung Kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Itenas Bandung, Senin (29/3/2021).

KOMPAS.com - Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung menyelenggarakan vaksinasi di Gedung Serba Guna (GSG) Bale Dayang Sumbi Itenas, Jl PKH Hasan Mustafa No 23 Bandung, Senin (29/3/2021).

Adapun dalam kegiatan tersebut, Itenas menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung dan Klinik Padjadjaran Kiara Husada.

Kegiatan vaksinasi sendiri dilakukan oleh Itenas Bandung sebagai persiapan pelaksanaan proses pembelajaran tatap muka. Untuk itu, dosen-dosen Itenas diprioritaskan untuk diberikan vaksin.

Usai vaksinasi dosen selesai terselenggara, Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, PhD berharap, pemerintah dapat mengizinkan pelaksanaan program vaksin untuk mahasiswa.

“Apabila program vaksin untuk mahasiswa dilaksanakan, tentunya kami lebih yakin untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka,” tutur Prof Meilinda dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin.

Prof Meilinda menambahkan, saat ini Itenas masih menunggu pengumuman terkait program vaksin untuk mahasiswa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sesuai dengan pengumuman Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, terkait kebutuhan gedung besar dan event organizer untuk menunjang kegiatan vaksinasi, kami sudah membuat surat resmi dan koordinasi dengan Dinkes Pemkot bahwa Itenas Bandung siap sebagai penyelenggara vaksin bagi mahasiswa maupun umum,” imbuhnya.

 Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, PhD. Dok. Itenas Bandung Rektor Itenas Bandung Prof Meilinda Nurbanasari, PhD.

Kegiatan vaksinasi, kata Prof Meilinda, juga dilakukan sebagai upaya menciptakan kekebalan atau imunitas untuk melindungi warga Itenas dari ancaman pandemi Covid-19. Hal ini sekaligus mendukung program pemerintah guna mendorong terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity dalam masyarakat.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kota Bandung Girindra Wardhana, SKM, MT mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan konsolidasi dengan kampus, sekolah kesehatan, serta asosiasi atau perhimpunan dari profesi bidang kesehatan untuk melakukan kegiatan vaksinasi.

Dari awal, kata Girindra, penyelenggaraan vaksinasi covid-19 dari Pemkot Bandung selalu menyesuaikan dengan ketentuan yang diarahkan Kementerian Kesehatan.

“Apa yang dilakukan oleh seluruh sumber daya kesehatan, termasuk tenaga administrasi dari institusi pendidikan yang membantu pelaksanaan vaksinasi merupakan aksi Bela Negara,” tambahnya.

Dinkes Kota Bandung, jelas Girindra, pun memberikan pelatihan atau job training kepada tenaga administrasi dan tenaga kesehatan lainnya. Tujuannya, agar vaksinasi berjalan lancar dan cepat.

Lebih lanjut, Girindra mengatakan, kegiatan vaksinasi yang dilakukan di institusi-institusi seperti di Itenas Bandung sangat membantu percepatan akselerasi terciptanya kekebalan komunitas, khususnya di Kota Bandung.

“Dengan dilakukannya kegiatan vaksinasi di institusi-institusi, kekebalan komunitas akan cepat diraih dan masyarakat terlindungi. Ini yang kita lakukan tiada henti dan saat ini di Itenas Bandung,” tegasnya.

Selain dosen, vaksin juga diberikan kepada tenaga kependidikan sebagai pelayan administrasi publik dan tenaga non-kependidikan, seperti petugas keamanan, petugas gedung, dan petugas taman. Total penerima vaksin di lingkungan Itenas berjumlah 458 orang.

Dalam pelaksanaan vaksinasi, baik panitia, tenaga kesehatan, maupun seluruh peserta penerima vaksin menerapkan protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.