Advertorial

Tinjau Kilang Balongan, Dewan Komisaris Pertamina Dukung Upaya Pemadaman Api dan Penanganan Warga Terdampak

Kompas.com - 30/03/2021, 19:45 WIB
 Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama, mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pertamina menangani insiden kebakaran di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Dok. Humas Pertamina Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama, mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pertamina menangani insiden kebakaran di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

KOMPAS.com – Dewan Komisaris PT Pertamina (Persero) mendukung penuh upaya perseroan dalam penanganan insiden kebakaran tangki T-301 di kilang minyak Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat. 

Hal itu ditunjukkan lewat kunjungan Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama dan Komisaris Condro Kirono ke lokasi kejadian, Senin (29/3/2021).

Dalam kunjungan tersebut, keduanya didampingi Chief Executive Officer (CEO) Refining and Petrochemical Subholding Pertamina Djoko Priyono.

Pada kesempatan itu, Basuki mengapresiasi tim Pertamina, baik dalam upaya pemadaman api maupun penanganan warga terdampak.

"Saya mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan Pertamina untuk penanganan insiden dan dampaknya kepada masyarakat," ujar Basuki dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (30/3/2021).

Selain itu, Dewan Komisaris Pertamina juga meminta agar dilakukan evaluasi menyeluruh atas insiden tersebut. Tujuannya, supaya kejadian serupa bisa dihindari dan tidak terulang.

Setelah memantau penanganan kebakaran, Dewan Komisaris berkunjung ke fasilitas utama kilang. Hal ini untuk memastikan Kilang Balongan dalam kondisi aman karena tangki yang terbakar berada jauh dari kilang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan yang sama, Djoko turut menyampaikan kabar terkini terkait penanganan insiden serta kondisi warga yang terdampak.

Untuk diketahui, Pertamina berhasil mengisolasi api sehingga tidak merambat ke tangki lain.

"Sejak kejadian, dilakukan penyemprotan pada tangki yang terbakar menggunakan foam. Api berhasil dilokalisasi dengan bund wall di sekitar tangki T-301," terang Djoko.

Selain itu, Djoko juga meyakinkan Dewan Komisaris bahwa Pertamina akan memberikan perhatian penuh bagi warga terdampak dengan menyiapkan tempat yang nyaman sebagai lokasi pengungsian sementara.