Advertorial

Berhasil Padamkan 2 Tangki, Pertamina Terus Maksimalkan Upaya Pemadaman

Kompas.com - 31/03/2021, 13:31 WIB
Pertamina berhasil memadamkan dua tangki di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. DOK. PertaminaPertamina berhasil memadamkan dua tangki di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat.

KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) berhasil memadamkan api di tangki T-301H dan T-301E Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, pada Rabu (31/03/2021).

Tangki pertama berhasil dipadamkan pukul 01.30 WIB. Lalu, disusul pemadaman satu tangki lainnya pukul 06.44 WIB. Sementara, dua tangki lainnya masih dalam upaya pemadaman.

“Dua tangki lainnya, yakni T-301F dan T-301G masih kami upayakan pemadamannya," ungkap Senior Vice President (SVP) Corporate Communication dan Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu.

Api berhasil dipadamkan berkat penanganan yang optimal dari Pertamina.

Selama proses memadamkan api, Tim Emergency Pertamina lebih dulu melokalisasi titik api di dalam tanggul (bundwall) di sekeliling tangki T-301. Untuk diketahui, di area tersebut terdapat empat tangki penyimpanan bahan bakar minyak (BBM).

Total, 10 mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pertamina Group dan pemerintah daerah (pemda) dikerahkan Pertamina untuk menjinakkan api. Pemadaman api sendiri menggunakan terminator canon foam ke perimeter bundwall dan pusat nyala api.

Agus menambahkan, Pertamina telah melakukan pengaturan orientasi peralatan fire fighting. Selanjutnya, pihaknya akan kembali melakukan pemadaman setelah peralatan on position dengan sasaran dua tangki yang masih terbakar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walaupun tangki T-301H dan T-301E sudah padam, lanjut Agus, upaya pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan tidak ada percikan api yang muncul kembali.

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di dua tangki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," ujar Agus.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.