Advertorial

Bulan Puasa Sebentar Lagi, Berikut 4 Ide Hidangan Manis untuk Berbuka

Kompas.com - 31/03/2021, 23:22 WIB
 Ilustrasi makanan manis Dok. PEXELS/RODNAE PRODUCTION Ilustrasi makanan manis

KOMPAS.com – Dalam hitungan minggu, umat Islam akan bersukacita menyambut bulan Ramadhan 2021 atau 1442 Hijriah. Pada bulan tersebut, umat Islam akan menjalankan rukun Islam yang ke-empat yaitu berpuasa selama sebulan penuh sebagai bentuk ibadah.

Melansir artikel Kompas.com (11/05/2020), waktu berpuasa pada saat bulan Ramadhan dimulai dari terbitnya fajar kedua atau waktu subuh, dan berakhir sampai terbenamnya matahari. Setelah berpuasa seharian, buka puasa menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

Selain untuk melepas rasa haus dan lapar, buka puasa juga menjadi momen hangat penuh sukacita bersama keluarga dan orang tercinta. Apalagi jika berbuka puasa ditemani hidangan manis yang disukai.

Nah, berikut 4 ide hidangan berbuka puasa yang dijamin dapat membuat momen berbuka puasa menjadi lebih spesial.

  1. Teh manis hangat

Setelah belasan jam berpuasa, tak ayal tubuh akan mengalami dehidrasi dan merasa lemas akibat kekurangan energi. Oleh karena itu, teh manis hangat dapat menjadi minuman pembuka yang wajib ada pada saat waktu berbuka puasa.

Setelah berpuasa seharian, Anda disarankan untuk meneguk minuman hangat terlebih dahulu agar terhindar dari sakit perut. Minuman hangat dapat menyiapkan perut yang sudah kosong karena puasa seharian untuk menerima makanan.

  1. Kurma

Kurma merupakan buah yang sangat identik dengan Ramadhan. Pasalnya, buah tersebut berasal dari Timur Tengah dan sering digunakan dalam hidangan khas negara-negara di sana. Selain itu, memakan buah kurma juga merupakan salah satu kebiasaan Nabi Muhammad SAW pada saat berbuka puasa.

Buah kurma mengandung berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Contohnya, seperti karbohidrat dan protein.

Kalori dalam buah kurma juga terbilang lebih besar dari buah lainnya. Walaupun rasanya manis, ternyata kurma justru dapat membantu menjaga lonjakan gula darah sehabis makan karena serat yang terdapat di dalamnya.

  1. Kue basah

Kue basah merupakan makanan yang biasa ditemukan di pasar sehingga juga biasa disebut jajanan pasar. Namun, pada saat memasuki Ramadhan, kue basah akan lebih mudah ditemui di berbagai tempat.

Momen Ramadhan kali ini, Anda bisa menyiapkan kue basah khas Nusantara yang sudah jarang ditemukan. Anda dapat mengobati kangen jajanan tempo dulu.

Sediakan kue basah seperti klepon, onde-onde, lemper, kue cucur, dan cenil. Anda juga dapat mengeksplorasi beragam kue basah khas Nusantara lainnya yang tentu dapat menghidupkan nuansa Ramadhan.

  1. Es krim

Es krim bisa menjadi pilihan untuk makanan penutup atau dessert. Makanan beku berbahan dasar susu ini memang menjadi salah satu makanan favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Selain rasanya yang manis dan segar, biasanya es krim juga memiliki beragam pilihan rasa. Misalnya, es krim yang disediakan oleh Aice.

Aice merupakan pelopor es krim mochi di Indonesia yang memiliki berbagai varian rasa, seperti Mochi Vanilla, Mochi Chocolate, Mochi Strawberry, dan Mochi Red Bean.

Lapisan mochi Aice memiliki tekstur yang kenyal. Dibuat dari bahan yang diadon dengan cara dipukul puluhan ribu kali, lapisan mochi tersebut memiliki tekstur kenyal yang sempurna.

Dengan bahan baku pilihan yang diolah dengan resep tradisional, es krim mochi Aice memiliki rasa manis yang pas sehingga cocok untuk dijadikan penganan berbuka puasa.

Selain es krim mochi, Aice juga menghadirkan Aice Sweet Corn. Es krim ini merupakan pelopor es krim rasa dan bentuk jagung di Indonesia. Aice Sweet Corn dilapisi kulit dengan aroma bakar atau smoked. Aroma tersebut membuat rasanya semakin klop dengan isian es krim yang lumer di mulut.

Varian Aice lain yang juga menjadi favorit ialah Aice Double Chocolate Crispy. Pelopor es krim double chocolate crispy pertama ini memiliki dua lapisan cokelat.

Lapisan pertama berada di bagian terluar. Dengan potongan cokelat, lapisan ini terasa renyah (crispy) saat digigit. Sementara itu, lapisan cokelat kedua berada di tengah-tengah es krim. Perpaduan kedua lapisan tersebut menghadirkan rasa manis yang pas dan lumer di mulut.

Seperti diketahui, mengonsumsi makanan favorit, khususnya es krim, merupakan salah satu bentuk sukacita saat berbuka puasa di bulan Ramadhan

Untuk mendukung hal itu, Aice menghadirkan program “Jagoan Sehat Bawa Kejutan Hadiah Besar” sejak 15 Maret hingga 31 Juli 2021. Selain membawa kebahagiaan saat Ramadhan, program ini juga menghadirkan edukasi pencegahan Covid-19.

Dok. Aice Dok. Aice

Pada program tersebut, Anda berkesempatan mendapatkan masker Aice Limited Edition untuk setiap pembelian Aice Mochi Assorted isi sepuluh. Selain masker, Anda juga akan mendapatkan kupon berhadiah. Dengan kupon ini, Anda berkesempatan memenangkan smart TV, smartphone, dan hoodie Aice Limited Edition.

Kupon berhadiah tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan membeli Aice Double Chocolate Crispy atau Sweet Corn.

Yuk, siapkan es krim Aice dari sekarang sebagai penganan manis saat berpuasa sekaligus mendapatkan peluang memperoleh berbagai hadiah menarik.

Itulah empat ide hidangan berbuka puasa yang dapat membuat nuansa Ramadhan akan lebih terasa sesuai dengan sunnah yaitu berbuka dengan yang manis. Namun, mesti diingat untuk menghindari konsumsi asupan manis secara berlebihan.

Terlebih, segala sesuatu yang berlebihan tidak dianjurkan, termasuk saat berbuka puasa.

Atur konsumsi makanan manis sesuai dengan kadar yang dibutuhkan tubuh. Imbangi juga dengan makanan lain yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan karbohidrat.