Advertorial

Dukung Upaya Pemberantasan Narkotika, Pelindo III Jalin Kerja Sama dengan BNN

Kompas.com - 01/04/2021, 18:30 WIB
 Pelindo III dan BNN jalin kerja sama terkait P4GN dan prekursor narkotika, Kamis (1/4/2021). Dok. Pelindo III Pelindo III dan BNN jalin kerja sama terkait P4GN dan prekursor narkotika, Kamis (1/4/2021).

KOMPAS.com – Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan prekursor narkotika menjadi komitmen bersama setiap elemen bangsa.

Sebagai wujud komitmen tersebut, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN). Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BNN dan Pelindo III di Kantor Pusat Pelindo III, Surabaya, Kamis (1/4/2021).

Kerja sama tersebut meliputi penyebarluasan informasi mengenai P4GN, prekursor narkotika, dan deteksi dini terhadap penyalahgunaan narkotika.

Selain itu, Pelindo III dan BNN juga akan bertukar data informasi terkait upaya P4GN dan prekursor narkotika. Hal ini dilakukan dengan tetap memperhatikan kerahasiaan dan kepentingan negara.

Kepala BNN Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Petrus Reinhard Golose mengatakan, Pelindo III sebagai pengelola pelabuhan memiliki potensi besar mendukung pemerintah dalam upaya menekan penyebaran narkotika di Indonesia.

“Sebagai negara maritim, Indonesia menggunakan jalur laut sebagai (salah satu) pintu keluar masuk barang dari luar negeri. Hal ini selalu dimanfaatkan pengedar narkoba untuk memasukkan barang terlarang itu ke Indonesia,” kata Petrus dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Dengan kerja sama tersebut, lanjut Petrus, pihaknya optimistis upaya mencegah penyebaran narkotika ke Indonesia akan lebih mudah. 

Pasalnya, BNN mendapat dukungan penuh dari Pelindo III, mulai dari sumber daya manusia (SDM) hingga infrastruktur.

Pada kesempatan yang sama, Boy Robyanto menyampaikan, pihaknya sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung penuh upaya pemerintah dalam memberantas peredaran narkotika di Indonesia. 

Hal itu dibuktikan dengan adanya pemeriksaan acak secara berkala kepada para pegawai Pelindo III di seluruh wilayah kerja di 7 provinsi Indonesia.

Selain itu, Pelindo III juga menetapkan syarat bebas narkoba untuk setiap orang yang mendaftar menjadi pegawainya.

“Bagi kami, narkotika adalah musuh bangsa yang harus diperangi bersama. Karena itu, kami senantiasa terbuka dan mendukung hal-hal positif yang dapat meningkatkan kualitas masyarakat,” katanya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.