Advertorial

5 Perangkat yang Wajib Kamu Miliki untuk Menunjang WFH

Kompas.com - 05/04/2021, 16:42 WIB
Ilustrasi work from home. Dok. Pexels/Vlada KarpovichIlustrasi work from home.

KOMPAS.com – Sudah satu tahun pandemi Covid-19 melanda Tanah Air. Sepanjang masa pandemi, masyarakat pun diminta untuk tetap berada di dalam rumah guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Oleh karena itu, sejumlah perusahaan masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) hingga saat ini.

Meski sudah lama dijalankan, produktivitas bekerja dengan sistem WFH masih belum bisa mengalahkan saat bekerja normal di kantor. Pasalnya, rumah memang tidak ditujukan untuk bekerja.

Selain suasana, peralatan bekerja di rumah cenderung tidak selengkap di kantor. Hal ini yang menyebabkan pekerja kerap kali kerepotan dalam menyelesaikan tugas.

Untuk menyiasatinya, kamu perlu memiliki perangkat kerja sendiri di rumah. Berikut sejumlah perlengkapan yang wajib dimiliki untuk menunjang produktivitas selama WFH.

  1. Laptop

Laptop merupakan perangkat wajib yang perlu dimiliki untuk menunjang segala aktivitas selama bekerja dari rumah. Pasalnya, laptop dapat memudahkan kamu mengerjakan segala jenis pekerjaan, seperti memindahkan atau mengirim file atau editing dokumen.

Selain itu, laptop juga memiliki sejumlah keuntungan, yaitu tidak memakan banyak ruang, mudah dipindahkan, dan dapat digunakan di mana saja tanpa perlu selalu tersambung dengan stopkontak.

Jika kamu biasa menggunakan komputer yang difasilitasi kantor, ada baiknya untuk mempertimbangkan memiliki laptop sendiri.

  1. Ponsel

Komunikasi yang baik merupakan salah satu kunci lancarnya WFH. Hal ini dikarenakan koordinasi jarak jauh memerlukan komunikasi dua arah yang jelas dan real time.

Oleh sebab itu, memiliki ponsel pintar atau smartphone yang dapat terhubung ke sambungan internet generasi keempat (4G) bisa mempermudah kamu dalam berkomunikasi dengan rekan kerja selama bekerja dari rumah.

Dalam memilih smartphone, pastikan spesifikasi ponsel sudah bisa menunjang aplikasi mobile untuk bekerja. Dengan begitu, kamu takkan kesal karena ponsel lelet.

  1. Internet

Di era pandemi, sebagian besar perusahaan menghindari adanya pertemuan fisik secara langsung. Sebagai gantinya, meeting kerap dilakukan melalui video conference.

Dengan kondisi seperti itu, kemampuan layanan telekomunikasi menjadi hal terpenting untuk mendukung pekerjaan jarak jauh. Pasalnya, kelancaran video conference  akan sangat bergantung pada kemampuan koneksi internet yang mumpuni.

Selain itu, internet berkecepatan tinggi juga memberikan kemudahan bagi para pekerja yang perlu mengunduh dan mengunggah sejumlah dokumen penting penunjang pekerjaan.

  1. Speaker mini dan headphone

Perlengkapan selanjutnya yang perlu dimiliki untuk menunjang WFH adalah speaker mini dan headphone.

Kedua benda itu dapat membantu kamu dalam berkomunikasi dan mendengarkan instruksi dengan jelas yang disampaikan rekan kerja saat rapat online.

Selain menunjang pekerjaan, mendengarkan lagu melalui pengeras suara dan headphone juga dapat menjadi alat pengusir jenuh selama WFH berlangsung.

  1. Printer

Memiliki mesin pencetak atau printer di rumah dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari. Selain itu, mesin printer juga bisa digunakan bersama anggota keluarga lain.

Tak hanya itu, sejumlah printer yang beredar di pasaran juga dapat memindai (scan) dan fotokopi dokumen. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot pergi ke warung fotokopi untuk mencetak, scan, dan fotokopi dokumen. 

Adapun printer rumahan terbaru 2021 yang memiliki performa seperti itu adalah Brother Printer DCP-T220 Ink Tank dan DCP-T420W Refill Tank Printer

Printer terbaru besutan Brother tersebut sudah menyesuaikan kebutuhan pelanggan masa kini. Hal itu dibuktikkan dengan kemudahan pengaturan awal printer Brother DCP-T220 dan DCP-T420W yang menggunakan sistem plug and play.

Khusus seri Brother DCP-T420W, pengguna dapat mencetak dokumen secara wireless atau tanpa kabel. Bahkan, kamu dapat mencetak dokumen dari smartphone dengan printer ini.

Brother DCP-T220 dan DCP-T420W juga merupakan pencetak yang hemat. Sebab, dengan kondisi tinta penuh, printer ini dapat mencetak hingga 7.500 halaman hitam putih dan 5.000 halaman berwarna.

Selain hemat, printer tersebut memiliki teknologi inktank. Dengan teknologi ini, kamu dapat dengan mudah mengisi ulang tinta dengan penutup tangki tinta yang transparan untuk mencegah kebocoran tinta.

Mesin printer dan sejumlah komponen print head juga akan lebih tahan lama serta hemat jika menggunakan tinta asli besutan Brother.

Mesin cetak Brother DCP-T220 dan DCP-T420W juga memiliki kecepatan cetak di atas rata-rata, yakni hingga 17/9 images per minutes (ipm). Dengan demikian, kamu tidak perlu menunggu lama untuk dapat melihat hasil cetak.

Untuk pembelian dan informasi lebih lanjut mengenai printer Brother Inktank Terbaru DCP-T220 dan DCP-T420W, kunjungi official store Brother Printer di Shopee, Tokopedia, atau kunjungi website Brother di http://bit.ly/brother-kompas.