Advertorial

6 Cara Menata Dapur Minimalis untuk Memaksimalkan Ruang yang Terbatas

Kompas.com - 06/04/2021, 11:09 WIB
Ilustrasi dapur minimalis. DOK. ShutterstockIlustrasi dapur minimalis.

KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan penting dalam rumah. Biasanya, mobilitas penghuni di ruangan ini cukup tinggi, baik untuk memasak hidangan untuk keluarga maupun membuat kreasi kue favorit.

Karena alasan itu pula, Anda perlu memiliki area dapur yang simpel, minimalis, dan tertata rapi.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan dapur minimalis idaman dengan ruangan yang terbatas.

  1. Memaksimalkan fungsi ruang

Ruangan dapur yang terbatas membutuhkan penataan barang yang cermat. Anda bisa mengandalkan rak dapur untuk menyimpan berbagai peralatan memasak berukuran besar atau kecil.

Namun, jika memiliki barang dalam jumlah banyak, Anda bisa menambahkan beberapa tempat penyimpanan ekstra, seperti laci hingga rak gantung. Cara ini akan membuat dapur terlihat rapi, meski kapasitas ruang terbatas.

Selanjutnya, untuk memaksimalkan ruang, Anda cukup membeli peralatan seperlunya. Pilihlah beberapa perabotan yang penting dan sering digunakan untuk diletakkan di dapur, seperti pisau dan peralatan makan.

Hindari memiliki peralatan dalam jumlah terlalu banyak karena akan membuat dapur penuh dan berceceran ke area lainnya. Ada baiknya Anda memiliki sedikit barang tetapi berkualitas.

  1. Gunakan cat dinding dengan warna netral

Salah satu kunci membuat dapur minimalis adalah menggunakan cat dinding berwarna netral, seperti putih, coklat, krem, dan olive. Penggunaan warna-warna ini mampu memberikan kesan luas pada ruangan yang terbatas dan sentuhan yang sempurna.

Anda juga bisa mengombinasikan warna tersebut dengan warna yang lebih cerah. Namun, sebaiknya padu padankan warna sekunder dengan warna primer agar tampak sempurna. Selain itu, hindari menggunakan lebih dari tiga palet warna.

  1. Memilih desain yang simpel

Untuk mewujudkan desain dapur minimalis, Anda bisa menggunakan wastafel dengan keran yang terbuat dari krom atau rak susun besi.

Agar semakin sempurna, Anda bisa mengunjungi Ruparupa untuk melihat berbagai macam pilihan perabotan yang menunjang dapur minimalis idaman Anda.

  1. Mengganti detail

Mengganti beberapa detail dapat memberikan kesan yang lebih modern pada dapur minimalis Anda.

Contohnya, bila masih menggunakan kenop sebagai pegangan pintu lemari, Anda bisa menggantinya dengan pegangan pintu berbentuk bundar atau ganti dengan pintu berwarna polos tanpa pegangan.

  1. Membeli peralatan sesuai tujuan

Sebelum membeli peralatan dapur, Anda bisa mempertimbangkan frekuensi aktivitas dapur yang biasa dilakukan.

Bila gemar membuat kue, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli beberapa perangkat elektronik, seperti mixer dan food processor yang akan menunjang aktivitas tersebut.

Namun, bila lebih menyukai memasak, Anda bisa melengkapi dapur dengan panci, wajan, hingga pisau koki serbaguna.

Hindari membeli peralatan yang hanya digunakan sesekali saja. Hal ini akan membuat dapur Anda penuh dan sumpek dengan peralatan.

Selain itu, perhatikan juga ukuran peralatan yang akan digunakan saat memasak. Bila jumlah penghuni rumah sedikit, pilih peralatan dapur minimalis yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menyediakan ruang terpisah

Meskipun dapur tidak luas, Anda bisa membuat dapur terlihat rapi dengan cara mengelompokkan area yang tersedia. Misalnya, menyediakan area untuk makanan dan sebagian lagi untuk meletakkan aneka perabotan dapur.

Langkah sederhana itu bisa memaksimalkan ruang dapur minimalis, walau kapasitas ruang penyimpanannya terbatas.

Untuk memperluas ruang yang tersedia, Anda bisa menyingkirkan makanan yang sudah kedaluwarsa dan membeli stok makanan secukupnya.

Kemudian, pilih peralatan dan perlengkapan dapur yang bisa menunjang kebutuhan Anda dan membuat ruangan dapur menjadi lebih tertata rapi.

Produk tersebut bisa Anda dapatkan melalui Ruparupa. E-commerce ini menyatukan berbagai brand tepercaya, seperti Informa, ACE Hardware, dan Toys Kingdom.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai penawaran eksklusif setiap minggu, seperti cashback, potongan harga, dan flash sale. Kunjungi Ruparupa sekarang juga untuk menikmati promo tersebut.