Advertorial

Perkuat Sektor Migas, PTP Multipurpose dan PHE Resmikan Fasilitas Shorebase di Pelabuhan Cirebon

Kompas.com - 08/04/2021, 18:30 WIB
PTP Multipurpose dan PHE bekerja sama untuk memperkuat sektor migas. DOK. PTP MultipurposePTP Multipurpose dan PHE bekerja sama untuk memperkuat sektor migas.

KOMPAS.com – Anak usaha PT Pertamina (Persero), Pertamina Hulu Energi (PHE), mengadakan acara peresmian inaugurasi Cirebon Shorebase PHE Abar dan PHE Anggursi di Pelabuhan Cirebon, Selasa (06/04/2021).

Adapun kedua fasilitas shorebase yang dioperasikan oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP Multipurpose), anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC, tersebut merupakan hasil sinergi dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk memperkuat sektor minyak dan gas (migas) Indonesia.

Pada inaugurasi bertema “Sinergi Antar-BUMN, Maju Bersama Maju Indonesia” itu, Vice President (VP) Eksplorasi PHE Farid Rochmadianto mengatakan bahwa kegiatan kerja sama dua BUMN tersebut mulanya hanya sebatas kegiatan penumpukan casing atau pipa pada November 2019.

Lambat laun, kerja sama tersebut menguntungkan kedua belah pihak sehingga akhirnya berkembang hingga saat ini.

“Kerja sama ini berhasil menjadi integrated shorebase services yang mampu memberikan pelayanan kegiatan shorebase yang lengkap dan berstandar keselamatan hulu migas,” ujar Farid dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (8/4/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) Multipurpose Drajat Sulistyo mengatakan, penyelenggaraan dan operasi shorebase and facilities services oleh PTP Multipurpose di Pelabuhan Cirebon menjadi bukti nyata dari program sinergi BUMN antara PHE dan IPC Group.

“Kami berharap agar kerja sama ini dapat menjadi lokomotif penggerak efisiensi biaya di sektor hulu migas dan sekaligus terciptanya layanan yang jauh lebih efisien,” tutur Drajat.

Pada acara tersebut, hadir pula Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon Pangeran Raja Adipati (PRA) Luqman Zulkaedin. Ia turut mengapresiasi adanya sinergi PTP Multipurpose dan PHE.

Ia pun berharap, kerja sama tersebut mampu memberikan kontribusi terbaik dalam ketahanan energi untuk masyarakat Cirebon dan Indonesia.

Hal senada juga diungkapkan oleh General Manager PHE Anggursi Joko Mulyono. Pihaknya bersyukur atas dukungan yang diberikan IPC dan PTP Multipurpose dalam memfasilitasi kegiatan shorebase.

“Kami mengharapkan kerja sama ini akan selalu ditingkatkan di masa yang akan datang,” ujar Mulyono.

Peresmian fasilitas shorebase di Pelabuhan Cirebon.DOK. PTP Multipurpose Peresmian fasilitas shorebase di Pelabuhan Cirebon.

Untuk diketahui, sinergi antara PHE Abar, PHE Anggursi, dan IPC di Pelabuhan Cirebon direalisasikan dalam bentuk penyediaan jasa shorebaseand facilities sejak November 2019.

Kerja sama tersebut meliputi kegiatan bongkar muat dan penyimpanan barang yang akan digunakan dalam kegiatan pengeboran, penyediaan bulk plant facilities, serta berbagai fasilitas site office and portable camp untuk mendukung kegiatan offshore crew change selama proyek hulu migas berlangsung.

Sebagai informasi, Cirebon Shorebase telah berhasil menjadi integrated shorebase services yang lengkap. Pelabuhan tersebut juga telah memenuhi standar keselamatan hulu migas dengan ketersediaan dermaga, lifting equipment, gudang penyimpanan, dan medical services.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Operasi Shorebase Pelabuhan Cirebon Soni Patandum memaparkan, para pekerja yang bertugas di fasilitas shorebase tersebut telah memiliki sertifikasi migas. Selain itu, para pekerja juga telah mengikuti pelatihan Sistem Izin Kerja Aman (SIKA).

Dengan adanya sertifikasi tersebut, keandalan para kru shorebase tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, operasional shorebase Pelabuhan Cirebon berhasil menciptakan zero accident dalam jasa pelayanannya dengan total 48.504 jam kerja orang tanpa kecelakaan (man-hours free lost time injury/Free-LTI).

Selain melayani kegiatan jasa shorebase berstandar industri hulu migas untuk PHE Abar dan PHE Anggursi di Cirebon, IPC melalui PTP Multipurpose juga melayani kegiatan shorebase di cabang Tanjung Priok dan beberapa daerah lain di Indonesia.

PTP Multipurpose memiliki tenaga profesional yang kompeten, berpengalaman, dan memiliki sertifikasi berstandar industri hulu migas. Selain itu, perusahaan juga memiliki fasilitas infrastruktur, peralatan, dan perlengkapan yang memadai.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, PTP Multipurpose mampu melayani kegiatan shorebase hulu migas dengan hasil kinerja yang lebih efektif. Selain itu, total biaya logistik shorebase yang dikeluarkan oleh perusahaan juga jauh lebih efisien.

Adapun acara inagurasi tersebut juga dihadiri Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Cirebon Wismantono, Senior Vice President (SVP) Konstruksi Sipil IPC Irwan Setyabudi sebagai perwakilan Direksi IPC, Direktur Utama PTP Multipurpose Drajat Sulistyo, Direktur Operasi PTP Multipurpose Rino Wisnu Putro, dan jajaran manajemen dari PHE dan PTP Multipurpose.