Advertorial

Rumah Shestarts.id, Asa bagi Perempuan Pelaku UMKM Bertahan di Masa Pandemi

Kompas.com - 09/04/2021, 17:20 WIB

KOMPAS.com - Perempuan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dinilai menjadi kelompok rentan selama pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak dari mereka terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan. Pun, tak sedikit yang harus menutup usahanya.

Situasi kian terasa sulit karena masih banyak perempuan pelaku UMKM yang belum mendapat bantuan memadai, baik dari pemerintah, swasta, ataupun organisasi masyarakat. Bahkan, akses permodalan di lembaga keuangan formal untuk kelompok pengusaha ini juga terbilang masih minim.

Meski begitu, semangat perempuan Indonesia untuk berwirausaha tetap kuat. Sebab, tak sedikit juga dari mereka merintis usaha di kala pandemi virus corona. Selain untuk mengisi waktu, kegiatan tersebut dilakukan demi membantu perekonomian keluarga.

Semangat tersebut mendapat respons hangat dari Shestarts.id, sebuah komunitas perempuan wirausaha yang berada di bawah naungan Yayasan Prakarsa Perempuan Indonesia.

Bertepatan dengan perayaan Hari Perempuan Internasional 2021, Shestarts.id meluncurkan Rumah Shestarts.id pertama di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Fasilitas yang merupakan hasil kerja sama dengan Angkasa Pura II tersebut berfungsi sebagai wadah bagi para perempuan wirausaha untuk memperkenalkan produk usahanya.

Selain itu, Rumah Shestarts.id juga dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan akselerasi atau memulai usaha bagi perempuan.

Sebagai informasi, Rumah Shestarts.id di Bandara Soekarno-Hatta merupakan gerai pertama. Nantinya, Shestarts.id akan menghadirkan gerai serupa di lokasi lain.

Co-founder Shestarts.id Geraldine Christina membeberkan alasan pendirian Rumah Shestarts.id.

Merujuk data Bank Indonesia (2018), 60 persen UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Temuan ini, kata Geraldine, menandakan perempuan punya peran dalam kemajuan perekonomian nasional.

Saat ini, Geraldine menambahkan, ada lebih dari 30 juta perempuan wirausaha di Indonesia dan jumlahnya terus meningkat.

“Perempuan memiliki peran dan kontribusi yang sangat strategis dalam membangun bangsa. Ini saatnya kita saling mendukung kemajuan usaha milik perempuan demi kepentingan bersama,” kata Geraldine dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (9/4/2021).

Geraldine mengatakan, upaya komunitas Shestarts.id dimulai dengan mendukung teman-teman terdekat yang usahanya terdampak pandemi Covid-19.

“Kami sadar berjuang sendiri itu sangat sulit. Melalui Shestarts.id, mereka dapat bertemu mentor serta belajar dari pakar dan narasumber kompeten untuk mengembangkan diri dan membuat network yang solid. Semua kegiatan itu terpadu dalam program Rumah Shestarts.id,” ujar Geraldine.

Hingga saat ini, Rumah Shestarts.id telah memasarkan beragam jenis produk UMKM perempuan Indonesia. Sebut saja minuman rempah dari Rempah Karsa, kopi sehat rendah lemak dari Elgatos Healthy Koffie, dan cendol sehat dari Minnie Healthy Cendol.

Selain itu, ada pula aneka produk makanan, seperti makanan khas asli Jawa Timur dari Dapur Noona Sherly, keripik balado khas Sumatra Barat dari Dapur Unnies Keripik Indonesia, kudapan anak Crunchy, dan cheesecake in jar produksi T’s Cheesehouse.

Bukan hanya makanan dan minuman, Rumah Shestarts.id juga memasarkan produk dari usaha-usaha yang berkecimpung di bidang kerajinan tangan dan karya seni. Sebut saja Debidubidam asal Yogyakarta, Casadesha dari Bandung, Tinung Rambu, Be Practical, AjakAnakMain, dan Kahf.

Pemilik  brand Dapur Unnies Keripik Indonesia, Azki, turut merasakan manfaat dari kehadiran Rumah Shestarts.id.

“Rumah Shestarts.id memberikan kami kesempatan untuk memperkenalkan produk secara langsung di samping melalui online. (Pemasaran) offline seperti ini juga kami perlukan agar konsumen langsung dapat merasakan, mencoba produk yang kami hasilkan,” tutur Azki.

Terkait kerja sama peluncuran Rumah Shestarts.id, founder Shestarts.id Nadia Sarah menyampaikan terima kasih kepada Angkasa Pura II karena telah memberikan kesempatan pada komunitas yang berdiri sejak Juli 2020 tersebut.

“Kami berharap, inisiatif ini dapat didukung oleh perusahaan lain yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pemberdayaan perempuan wirausaha selama dan pascapandemi Covid-19,” kata Nadia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Shestarts.id, silakan kunjungi halaman www.shestarts.id.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com