Advertorial

Bersama PSSI dan LIB, Kemenpora Kaji Izin Penonton Terbatas pada Liga 1 dan 2

Kompas.com - 14/04/2021, 20:19 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali. Dok. KemenporaMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali.

KOMPAS.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) akan mengkaji lebih lanjut mengenai izin penonton terbatas pada gelaran Liga 1 dan Liga 2 Indonesia yang diwacanakan Presiden Joko Widodo.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk bersama-sama mengkaji wacana tersebut.

Selain merespons arahan Presiden, Amali berkata, hasil kajian itu akan menjadi dasar bagi pihak kepolisian dalam memberikan izin kepada pihak penyelenggara Liga Indonesia untuk menggelar acara dengan penonton terbatas.

"Ini bukan pekerjaan ringan, ya. Mengizinkan siapa yang boleh dan tidak boleh nonton langsung itu sulit. Namun, beliau (Presiden) telah membuka peluang untuk mengkaji lebih dulu. Mengkaji, ya. Bukan mengizinkan," tegas Amali dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Amali mengungkapkan, wacana perizinan penonton terbatas pada Liga 1 dan 2 merupakan bentuk perhatian Presiden terhadap pencinta olahraga tersebut di Tanah Air.

“Presiden juga memantau langsung jalannya Piala Menpora (2021). Ia menampung aspirasi masyarakat pencinta sepak bola Indonesia. Karenanya, muncul arahan kepada Menpora untuk mengkaji rencana penonton terbatas saat pelaksanaan liga. Selain itu, arahan Presiden bertujuan mendidik para penonton dan suporter supaya tertib,” terang Amali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan transparansi terhadap hasil kajian, termasuk jika tidak ada kemungkinan untuk penonton menghadiri gelaran Liga Indonesia.

"Saya akan kaji betul-betul. Ini bukan keputusan, melainkan baru kajian. Jika hasil kajiannya ternyata tidak visible untuk penonton, ya saya akan sampaikan seperti itu. Kajian ini juga berlaku untuk semua cabang olahraga (cabor). Kami akan menetapkan standard operating procedure (SOP) sesuai karakteristik dari cabor itu,” ujar Amali.

Hingga saat ini, turnamen pramusim Piala Menpora telah berlangsung hingga babak semifinal tanpa kehadiran suporter di stadion. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.