Advertorial

Selenggarakan Kegiatan Pemuda Indonesia Mengaji, BKPRMI Diapresiasi Kemenpora

Kompas.com - 14/04/2021, 20:23 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi kegiatan Pemuda Indonesia Mengaji (PIM) yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) pada 13 April hingga 28 Oktober 2021.

Selain mengaji, kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan 1 juta hafiz Quran pemuda Indonesia dan menggerakkan 10.000 rumah tahfidz BKPRMI di seluruh Indonesia.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi langkah dari BKPRMI tersebut. Pasalnya, lembaga tersebut juga aktif memperjuangkan kesejahteraan para guru mengaji melalui komunikasi yang dibangun dengan pemerintah daerah mengenai kenaikan insentif.

"Saya mendukung langkah BKPRMI. Sebab, 60 persen pemuda Islam Indonesia tidak bisa mengaji. Kami mengapresiasi dan berterima kasih atas peran BKPRMI di tengah masyarakat. Saya lihat fungsi BKPRMI, di mana ada masjid, di situ BKPRMI bisa berjalan, " ujar Amali dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/4/2021).

Apresiasi juga datang dari Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam. 

Asrorun mengatakan, kegiatan tersebut berhasil menggerakkan pemuda di Indonesia untuk ikut serta dalam kegiatan mengaji.

“Harus diapresiasi. Karena gerakan ini (PIM) sudah mulai langka di negeri ini. Kami juga berpesan kepada BKPRMI untuk menjadikan momentum ini sebagai solusi memberantas buta aksara di Indonesia, terutama bagi remaja, pemuda, dan lanjut usia (lansia). Menurut hasil penelitian, hampir 60 persen umat Islam tak bisa membaca Alquran dengan baik,” ujar Asrorun.

Asrorun menambahkan, pihaknya juga telah menyerahkan bantuan berupa 2.500 Alquran dan sajadah untuk mendukung kegiatan pemuda remaja masjid di DKI Jakarta.

Di sisi lain, Ketua Umum DPP BKPRMI Said Aldi Al Idrus mengatakan, kegiatan PIM tersebut akan terus berlanjut di seluruh Indonesia.

"Di awal Ramadhan, pemuda mengaji dimulai di Masjid Menpora ini setiap setelah Ashar. Ini dimulai dari masjid Kemenpora dan terus berjalan sampai (hari ke) 29 Ramadhan di seluruh provinsi," jelasnya. 

Said menambahkan, sejumlah kegiatan lain yang akan dilaksankan beberapa bulan ke depan, antara lain melantik 2 juta Pemuda Mengaji, Festival Pemuda Islam, Festival Anak Saleh, dan Festival Pemuda Islam ASEAN.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com