Advertorial

4 Perlengkapan Ini Menunjang Ibadah Kamu di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 16/04/2021, 15:22 WIB

KOMPAS.com – Ramadhan merupakan bulan yang paling dinanti dan dirindukan oleh umat Islam di seluruh dunia, begitu pun di Indonesia.

Bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah itu juga dipercaya umat Islam sebagai bulan penuh berkah. Pahala ibadah pun dilipatgandakan pada bulan ini.

Pada bulan Ramadhan, umat Islam diharapkan untuk banyak berdoa, berbuat kebajikan, dan beribadah. Sebab, bulan ini merupakan bulan yang penuh pengampunan.

Selain menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh, sejumlah ibadah lain juga kerap dilaksanakan, seperti shalat tarawih, tadarus Al Quran, dan iktikaf di masjid.

Agar ibadah tersebut berjalan secara maksimal, kamu memerlukan berbagai persiapan yang matang. Berikut empat perlengkapan yang wajib kamu miliki saat bulan suci Ramadhan.

  1. Al Quran

Salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan di bulan suci Ramadhan adalah membaca Al Quran. Pada bulan ini, kegiatan tadarus atau membaca, menelaah, dan mengkaji Al Quran secara bergantian kerap dilaksanakan di sejumlah majelis.

Selain membaca secara bersamaan, tadarus seringkali dilaksanakan secara sendirian di waktu senggang, seperti saat istirahat bekerja, menunggu berbuka puasa, dan setelah shalat.

Akankah lebih baik jika kamu memiliki Al Quran agar dapat dibawa selagi melakukan rutinitas. Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan rutinitas tadarus dengan lebih mudah.

  1. Sajadah

Sajadah merupakan salah satu peralatan penting untuk menunjang ibadah shalat. Selain menjadi alas bersujud, benda ini juga diperuntukkan agar ibadah menjadi lebih nyaman dan tenang.

Alas bersujud tersebut memiliki berbagai macam jenis dan corak, mulai dari sajadah beludru yang mudah dibawa bepergian hingga sajadah impor dari Turki yang saat ini digemari banyak orang.

Ada pula sajadah dengan tambahan busa di bagian dalamnya. Sajadah ini bisa menjadi pilihan bila kamu tidak menyukai sajadah tipis.

  1. Mukena

Hampir seluruh wanita muslim memiliki peralatan ibadah yang satu ini. Meski demikian, ada baiknya untuk memiliki mukena lebih dari satu. Terlebih saat memasuki Ramadhan dengan rutinitas beribadah lebih banyak.

Sebagai perlengkapan dasar ketika beribadah bagi perempuan muslimah, mukena hadir dalam berbagai motif, ukuran, dan bahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Sarung dan peci

Sarung dan peci merupakan perlengkapan ibadah untuk pria. Jika sarung digunakan sebagai bawahan oleh pria, peci digunakan di atas kepala guna menutupi rambut atau bagian atas kepala.

Sama halnya seperti perlengkapan ibadah lainnya, sarung memiliki beragam motif yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Sementara peci, saat ini tersedia dalam beragam jenis, mulai dari peci songkok, kopiah, fez, hingga karakul.

Itulah tadi empat perlengkapan wajib yang perlu kamu miliki di bulan Ramadhan. Seluruhnya bisa dengan mudah kamu dapatkan melalui marketplace Tokopedia.

Saat ini, Tokopedia tengah mengadakan pesta promo Ramadan bertajuk Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan. Promo ini menghadirkan diskon hingga 90 persen, bebas ongkos kirim (ongkir), dan berbagai cashback spesial.

Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan berlangsung hingga 12 Mei 2021.

Pada promo Ramadan tersebut, kamu juga dapat menyaksikan WIB TV Show, program bulanan dari Tokopedia TV Show yang digelar setiap tanggal 25.

Dengan berbagai promo Ramadan menarik di Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan, kamu bisa mendapatkan berbagai perlengkapan untuk menunjang ibadah selama Ramadhan secara lebih hemat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com