Advertorial

Penting, Ini 5 Suplemen untuk Bantu Tingkatkan Sistem Imun Selama Ramadhan

Kompas.com - 16/04/2021, 15:52 WIB
Ilustrasi mengonsumsi suplemen selama Ramadhan. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi mengonsumsi suplemen selama Ramadhan.

KOMPAS.com – Menjaga sistem imun selama berpuasa di tengah pandemi Covid-19 harus menjadi prioritas utama. Pasalnya, imunitas berkaitan dengan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai bakteri atau virus yang menyerang.

Jika sistem imun bekerja dengan baik, memiliki tubuh yang sehat setiap saat pun bukan jadi angan-angan. Oleh karena itu, jalankan gaya hidup sehat mulai dari sekarang.

Kamu bisa memulai dengan selalu menjaga kebersihan, cukup istirahat, makan makanan bergizi, olahraga teratur, dan rutin mengonsumsi suplemen.

Pada dasarnya, ada beberapa suplemen vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem imun. Berikut ulasannya.

  1. Vitamin C

Asam askorbat atau vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang penting dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Fungsi utamanya adalah membentuk antibodi yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan menetralkan senyawa yang tidak dibutuhkan, seperti radikal bebas. Vitamin C juga berperan dalam memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

  1. Vitamin E

Sama seperti vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang mampu melindungi dan membantu sel tubuh dari efek buruk radikal bebas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh, vitamin E juga berperan dalam mengatasi gangguan saraf. Diberitakan Kompas.com, Sabtu (21/11/2021), vitamin E terbukti dapat membantu pengobatan gangguan sistem saraf, seperti Alzheimer dan epilepsi.

Selain itu, vitamin E juga berguna untuk mencegah kerusakan jaringan saraf tepi akibat efek samping obat tertentu.

  1. Vitamin D

Vitamin D kerap dijuluki vitamin sinar matahari. Julukan itu berasal dari sifat vitamin yang bisa dihasilkan tubuh secara alami saat terpapar sinar matahari.

Selain berjemur di bawah sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan tertentu. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D di antaranya ikan salmon, sarden, kuning telur, udang, susu, sereal, dan jus jeruk.

Tak hanya itu, beberapa produk kesehatan juga menyediakan vitamin D dalam bentuk suplemen makanan.

  1. Zat besi

Zat besi merupakan salah satu komponen penting dalam pembentukan hemoglobin pada tubuh. Seperti diketahui, hemoglobin berfungsi membawa oksigen dan menghasilkan energi bagi tubuh.

Saat kekurangan zat besi, tubuh tidak akan punya cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen. Akibatnya, tubuh akan merasakan kelelahan dan melemahkan sistem imunitas.

Adapun beberapa makanan yang mengandung zat besi adalah ati ampela, daging sapi, susu, dan sayuran. Namun, jika asupan zat besi dalam tubuh belum cukup, mengonsumsi suplemen makanan yang mengandung nutrisi ini bisa menjadi solusi.

  1. Zinc

Zinc merupakan nutrisi yang penting bagi tubuh. Sebab, mineral ini dapat membantu menjaga daya tahan, menunjang fungsi metabolisme, dan membantu melindungi diri dari penyakit infeksi paru-paru, seperti flu.

Makanan atau suplemen yang mengandung zinc dapat mendukung reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh. Zinc juga berfungsi untuk membantu merangsang kinerja sedikitnya 100 jenis enzim lainnya untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah peradangan.

Itulah lima suplemen vitamin dan mineral yang bermanfaat memperkuat sistem imunitas. Untuk mendapatkan suplemen tersebut, kamu bisa membelinya secara online di berbagai marketplace, salah satunya Tokopedia.

Sebagai informasi, saat ini Tokopedia menghadirkan TokoPoints. Toko Points merupakan program loyalitas yang khusus dipersembahkan untuk pelanggan Tokopedia.

Melalui TokoPoints Tokopedia, pelanggan dapat menikmati beragam keuntungan, seperti mendapatkan cashback lebih tinggi dan diskon membayar transaksi.

Jadi, kamu bisa membeli berbagai suplemen yang dibutuhkan dengan harga lebih terjangkau.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.