Advertorial

Buka Turnamen Esports Piala Menpora 2021, Zainudin Amali Apresiasi 14.098 Tim dan 70 Ribu Pemain

Kompas.com - 17/04/2021, 20:59 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Youth Esports Tournament yang memperebutkan Piala Menpora 2021 secara virtual, Sabtu (17/4). Antusias tim peserta mengikuti turnamen ini sangat luar biasa. Sebanyak 14.098 tim dan Lebih 70 ribu player ikut menyemarakkan turnamen olahraga elektronik ini. raiky/kemenpora.go.idMenteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Youth Esports Tournament yang memperebutkan Piala Menpora 2021 secara virtual, Sabtu (17/4). Antusias tim peserta mengikuti turnamen ini sangat luar biasa. Sebanyak 14.098 tim dan Lebih 70 ribu player ikut menyemarakkan turnamen olahraga elektronik ini.

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka Youth Esports Tournament. Pertandingan yang digelar secara virtual ini memperebutkan Piala Menpora 2021.

Turnamen tersebut disambut meriah oleh masyarakat. Ini terlihat dari tingginya jumlah peserta yang mengikuti turnamen tersebut. Total, sebanyak 14.098 tim dan lebih dari 70.000 pemain ikut menyemarakkan turnamen olahraga elektronik ini.

Dalam kesempatan tersebut, Zainudin mengapresiasi Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Jawa Timur yang berhasil menyelenggarakan turnamen esports berskala nasional.

“Pertama, saya mengapresiasi upaya penyelenggara yang berinisiatif menyelenggarakan turnamen esports yang saat ini marak dilakukan,” ujar Zainudin dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/4/2021).

Apalagi, lanjut Zainudin, di tengah situasi pandemi Covid-19, protokol kesehatan (prokes) harus menjadi pedoman penyelenggara.

Zainudin menilai, esports merupakan salah satu olahraga yang terus berkembang di kalangan milenial. Sebab, olahraga ini mengedepankan konsentrasi, strategi, mental, dan teknologi, serta bisa dimainkan di rumah. Tak heran, esports menjadi salah satu olahraga pilihan yang tepat di tengah pandemi.

“Upaya penyelenggara sangat luar biasa. Panitia sangat siap dan penyelenggara saya rasa mampu melakukan turnamen. Hal ini terbukti dari peserta tim yang ikut mendaftar. Ini bukan pekerjaan yang mudah. Sangat luar biasa capaian ini,” tutur Zainudin.

Zainudin berharap, turnamen esports dapat melahirkan atlet-atlet baru yang nantinya bisa menjadi andalan Tim Nasional Indonesia dan mengharumkan nama bangsa di kejuaraan tingkat internasional.

“Saya dapat laporan, usia yang ikut bertanding dalam turnamen ini berkisar pelajar hingga mahasiswa. Ini berarti masuk kategori pemuda dan esports memang menjadi kegemaran anak muda,” jelasnya.

Senada dengan Zainudin, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Esports Indonesia, Komjen Pol Bambang Sunarwibowo, mengatakan bahwa pihaknya mendukung turnamen secara penuh.

“Kami mendukung sepenuhnya turnamen ini. Melalui turnamen ini, kami berharap dapat muncul atlet yang berprestasi agar kelak mengharumkan Indonesia di tingkat dunia. Kepada tim, selamat bertanding dan junjung sportivitas. Mari kita bersatu untuk mendukung esports Indonesia,” kata Bambang.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Dewan Pembina AMPI Jawa Timur, Sarmudji.

“Semoga turnamen ini bisa sukses dan melahirkan atlet nasional yang nantinya bisa menjadi andalan bagi tim Merah Putih,” katanya.

Sebagai informasi, Mobile Legend terpilih menjadi olahraga elektronik yang dipertandingkan pada Youth Esports Tournament kali ini.

Turnamen tersebut memperebutkan hadiah total Rp 200 juta dan trofi Piala Menpora.

Adapun tahapan kualifikasi dan babak 8 besar berlangsung pada 17 April 2021 hingga 9 Mei 2021. Sementara, semifinal dan grandfinal akan dilaksanakan di Jawa Timur pada 30 Mei 2021.