Advertorial

Desain Rumah Lampu Sesuka Hati dengan Teknologi 3D Printing

Kompas.com - 18/04/2021, 14:40 WIB
Penggunaan rumah lampu yang dicetak dengan teknologi 3D printing Dok. SignifyPenggunaan rumah lampu yang dicetak dengan teknologi 3D printing

JAKARTA, KOMPAS.com – Pencahayaan atau lampu merupakan salah satu bagian penting dari dekorasi ruangan, baik untuk rumah, kantor, maupun tempat usaha. Pasalnya, sistem pencahayaan yang tepat akan membuat ruangan berfungsi dengan maksimal.

Tak hanya itu, lampu yang jadi sumber pencahayaan juga bisa didesain sedemikian rupa menjadi dekorasi untuk memperindah ruangan.

Bahkan, bagi perusahaan, dekorasi interior sebuah ruang dapat menjadi identitas yang turut membangun citra brand. Oleh sebab itu, tak jarang setiap elemen dalam ruangan perkantoran atau tempat usaha didesain sedemikian rupa dengan warna dan pencahayaan lampu yang sesuai dengan value dan kebutuhan perusahaan.

Khusus untuk rumah lampu, saat ini telah hadir Philips 3D Printed Luminaires dari Signify. Sebagai informasi, Signify merupakan produsen pencahayaan pertama di dunia yang memproduksi luminer atau rumah lampu cetak 3D dalam skala industri.

Dengan teknologi tersebut, konsumen bisa meng-custom atau mendesain sendiri luminer sesuai kebutuhan dengan proses lebih cepat dan harga terjangkau.

“3D Printed Luminaires dari Signify memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mencetak luminer sesuai dengan ide dan kreasi desain mereka. Konsumen bisa memilih bentuk, warna, dan tekstur yang diinginkan melalui platform digital kami,” jelas Commercial Operations Leader Signify Indonesia, Wibawa Jati Kusuma kepada Kompas.com, Jumat (05/03/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, lanjut Wibawa, industri lampu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproduksi sebuah rancangan desain luminer. Konsumen juga harus memesan dalam jumlah yang tidak sedikit.

Namun, dengan teknologi cetak 3D untuk luminer, konsumen bisa mencetak berapa pun lampu yang dibutuhkan, meski hanya satu lampu. Teknologi cetak 3D tersebut dapat menghasilkan lampu sesuai kreasi mereka dengan harga terjangkau. Waktu pencetakan lampu ini pun hanya beberapa jam.

Proses pencetakan rumah lampu dengan 3D Printed Luminaires Signify.Dok. Signify Proses pencetakan rumah lampu dengan 3D Printed Luminaires Signify.

Sebagai informasi, 3D Printed Luminaires Signify menggunakan bahan baku polikarbonat yang kuat, berkualitas tinggi, dan 100 persen dapat didaur ulang. Polikarbonat yang digunakan juga merupakan produk daur ulang, di antaranya dari compact disk (CD) yang sudah jarang terpakai di era digital.

Dijelaskan oleh Wibawa, penggunaan bahan ramah lingkungan tersebut merupakan bentuk komitmen Signify untuk menekan emisi karbon sekaligus berkontribusi dalam menciptakan kelangsungan hidup berkelanjutan.

“3D Printed Luminaires kami memiliki jejak karbon 47 persen lebih rendah dibandingkan luminer logam yang diproduksi secara konvensional,” kata Wibawa.

Saat ini, fasilitas cetak dan daur ulang 3D Printing Luminaires telah hadir di Jakarta. Artinya, jejak karbon yang mungkin ditimbulkan selama proses pengiriman juga menjadi semakin jauh berkurang.

Apalagi, bobot bahan yang digunakan untuk luminer cetak 3D ini dua pertiga kali lebih ringan dari berat luminer konvensional. Dengan demikian, ada penghematan lebih lanjut sebesar 35 persen emisi karbon saat pengiriman dan bahan bakar selama pengangkutan.

Selain itu, bobot polikarbonat yang ringan juga dapat mengurangi konsumsi energi sebesar 27 persen pada akhir masa pakai. Sebagai informasi, polikarbonat akan dirobek menjadi bagian kecil saat mencapai akhir masa pakai di fasilitas daur ulang.

Total, Signify dapat mengurangi 75 persen jejak karbon atas pasokan dan produksi bahan, transportasi, serta akhir masa pakai.

Untuk mulai merancang luminer cetak 3D dekoratif sendiri, konsumen bisa mengunjungi onlineconfigurator milik Signify. Pada platform digital tersebut, konsumen dapat memilih desain dasar hanya dengan beberapa kali klik. Selanjutnya, konsumen bisa menentukan bentuk, ukuran, warna, dan tekstur dari luminer yang diinginkan.

Begitu rancangan sudah sesuai, konsumen dapat mengonfirmasi pesanan pada platform tersebut untuk mendapatkan barcode. Untuk mencetaknya, Anda dapat mengunjungi toko-toko yang telah ditentukan dan menunjukkan barcode kepada petugas.

Dalam waktu 2-3 minggu, luminer rancangan sendiri tersebut akan dikirimkan langsung ke rumah atau kantor Anda. Luminer tersebut juga bisa diambil di toko.

Informasi selengkapnya mengenai 3D Printing Luminaires Signify dapat Anda temukan pada tautan berikut ini.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.