Advertorial

Masih Pandemi, Ini 4 Aktivitas Ngabuburit Seru yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 19/04/2021, 08:44 WIB
Ilustrasi ngabuburit di rumah sambil berbelanja online Shutterstock/Dean DrobotIlustrasi ngabuburit di rumah sambil berbelanja online

KOMPAS.com – Bulan suci Ramadhan identik dengan ngabuburit. Adapun istilah ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang berarti menunggu azan magrib atau berbuka puasa.

Biasanya, ngabuburitdiisi dengan aktivitas bersowoiy tokped yg disialisasi di luar rumah, seperti berburu takjil dan berkumpul dengan teman. Namun, pandemi membuat hal tersebut tak mungkin dilakukan. Masyarakat diimbau tetap di rumah saat menunggu waktu berbuka.

Meski begitu, bukan berarti ngabuburit di rumah tidak mengasyikkan. Berikut Kompas.com rangkumkan sederet aktivitas yang bisa dilakukan saat menunggu waktu berbuka puasa.

Mendengarkan podcast

Podcast atau siniar menjadi salah satu konten audio yang cukup diminati akhir-akhir ini di samping musik. Pasalnya, selain menghibur dan informatif, mendengarkan siniar memberikan sejumlah manfaat bagi pendengarnya.

Sebut saja sebagai brain gym, yaitu merangsang daya imajinasi dan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, mendengarkan podcast juga dapat melatih seseorang untuk menjadi pendengar yang baik.

Ada banyak tema pembahasan podcast yang bisa kamu dengar untuk mengisi waktu ngabuburit di rumah, antara lain komedi, olahraga, pengembangan diri, bisnis, kesehatan, edukasi, romansa, dan parenting.

Olahraga ringan

Berpuasa bukan menjadi halangan untuk berolahraga. Pakar kebugaran Ahmed Al Sayed mengatakan, bulan Ramadhan justru merupakan momen untuk melakukan aktivitas tersebut sehingga tubuh bisa lebih kuat dan segar pada bulan berikutnya.

Untuk jenis olahraga, Ahmed menganjurkan aktivitas fisik berskala ringan dengan durasi sekitar 30 menit setiap hari. Pilih aktivitas yang sudah mencakup tiga aspek kebugaran dasar, yaitu kekuatan, kardio, dan fleksibilitas. Hal ini dilakukan mengingat tubuh rentan dehidrasi saat berpuasa.

“Alasan saya mengutamakan kekuatan otot karena hilangnya massa otot akan memperlambat metabolisme,” kata Ahmed dikutip dari The National News, Selasa (13/4/2021).

Menonton film

Selain dua aktivitas di atas, menonton film juga bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu menunggu berbuka. Terlebih, tak sedikit judul film maupun serial seru yang dirilis sejak awal 2021.

Pun, aktivitas tersebut punya manfaat positif lain, seperti mengasah daya pikir, menciptakan kesadaran sosial, dan menjadi sarana pembelajaran. Bahkan, bermanfaat sebagai sarana terapi mental.

Berselancar di marketplace

Tak kalah seru dengan menonton, waktu ngabuburit juga bisa diisi dengan berselancar di marketplace, seperti Tokopedia. Terlebih, jika saat ini kamu hendak membeli kebutuhan sehari-hari dengan harga relatif terjangkau.

Sebagai informasi, Tokopedia tengah menggelar Promo Diskon Belanja Online. Salah satu keuntungan yang ditawarkan dari program itu adalah pengguna bisa mendapatkan poin usai bertransaksi. Poin-poin tersebut dapat ditemukan pada fitur TokoPoints.

TokoPoints Tokopedia sendiri merupakan program loyalitas yang diberikan dalam bentuk poin kepada pengguna Tokopedia. Poin ini dapat ditukarkan untuk mengurangi total transaksi dengan nilai cashback lebih tinggi.

Nah, untuk menikmati keuntungan Toko Points, jangan lupa update aplikasi Tokopedia ke versi terbaru, ya!