Advertorial

Autodesk Product Design Manufacturing Collection, Solusi dan Pilar Industri Manufaktur

Kompas.com - 20/04/2021, 19:21 WIB
Autodesk Product Design Manufacturing Collection (PDMC). DOK. AUTODESKAutodesk Product Design Manufacturing Collection (PDMC).

KOMPAS.com – Autodesk Product Design Manufacturing Collection (PDMC) menjadi salah satu solusi dalam bidang desain. Pasalnya, ada belasan software dan fitur penting yang dibenamkan Autodesk untuk memudahkan proses desain.

Masing-masing software yang tersedia dalam Autodesk PDMC pun saling terhubung. Integrasi yang dibangun berbagai software itu membuat proses product design jadi lebih cepat dan optimal.

Adapun fungsi utama ragam software tersebut adalah sebagai penghubung tugas desain 2D dan 3D.

Seperti diketahui, pembuatan sketsa manual 2D menjadi proses pertama yang dilakukan dalam pemodelan desain. Kemudian, hasil sketsa 2D tersebut dikonversi menjadi 3D.

Pada proses tersebut, ragam software pada Autodesk PDMC saling bekerja untuk memudahkan desainer dan engineer dalam proses konversi.

Fungsi utama ragam software yang ada di Autodesk PDMC adalah sebagai penghubung tugas desain 2D dan 3D.DOK. AUTODESK Fungsi utama ragam software yang ada di Autodesk PDMC adalah sebagai penghubung tugas desain 2D dan 3D.

Untuk mengenal lebih lanjut ragam software yang terdapat pada Autodesk PDMC, simak ulasan berikut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Inventor

Inventor berfungsi sebagai software khusus bidang teknik yang mampu melakukan tugas desain produk, desain mold, dan desain konstruksi untuk pemodelan solid. Berbasis fitur parametrik, Inventor lebih fokus pada pemodelan 3D dalam desain mekanik.

  1. Inventor Tolerance Analysis

Inventor Tolerance Analysis berguna untuk menentukan bagian dalam perakitan agar sesuai syarat ketentuan mekanik dan kinerja dengan asas toleransi kumulatif.

  1. Inventor Nesting

Perangkat lunak ini membantu mengoptimalkan hasil dari bahan baku mentah dan melakukan perbandingan bahan tersebut secara mudah. Dengan begitu, proses desain akan semakin efisien dalam biaya produksi, termasuk saat melakukan ekspor ke model 3D atau file DXF.

  1. Inventor CAM

Software ini dirancang untuk mempermudah sekaligus menyederhanakan alur kerja permesinan.

  1. Inventor Nastran

Software ini berfungsi sebagai toolfinite element analysis (FEA) yang terintegrasi ke berbagai produk simulasi Autodesk. Dengan adanya perangkat lunak ini, pekerja manufaktur tak perlu membuka satu-persatu software simulasi sehingga waktu kerja jadi lebih efektif dan efisien.

  1. AutoCAD

Jika Inventor fokus pada perancangan obyek 3D, AutoCAD bisa digunakan membuat obyek 2D dan 3D sekaligus. Hanya saja, opsi yang disediakan software ini cukup terbatas jika dibandingkan dengan modeller solid parametrik yang ditawarkan Inventor.

  1. 3ds Max

3ds Max merupakan perangkat lunak grafik vektor 3D dan animasi yang berfungsi memberikan visualisasi desain yang tengah dirancang. Dengan adanya software ini, desainer dapat dengan mudah melakukan koreksi desain saat terjadi kesalahan.

Itulah berbagai perangkat lunak yang terdapat pada Autodesk PDMC. Untuk mengakses informasi ragam software tersebut secara lebih terperinci, Anda bisa mengisi formulir di sini dan brosur lengkap mengenai Autodesk PDMC akan dikirimkan ke alamat email Anda.

Keberadaan berbagai software dalam Autodesk PDMC juga dapat mempersingkat waktu pengaturan data.DOK. AUTODESK Keberadaan berbagai software dalam Autodesk PDMC juga dapat mempersingkat waktu pengaturan data.

Pengaturan data lebih singkat

Selain berfungsi sebagai penghubung desain 2D dan 3D, keberadaan berbagai software dalam Autodesk PDMC juga dapat mempersingkat waktu pengaturan data. Jadi, Anda dapat mengontrol seluruh properti intelektual di satu tempat saja. Berikut beberapa software yang dapat memudahkan proses tersebut.

  1. Vault

Seluruh software yang tersedia dalam Autodesk PDMC saling terintegrasi dengan Vault sebagai alat manajemen data. Jadi, pengguna bakal makin mudah melacak berbagai file.

  1. Navisworks Manage

Perangkat lunak ini dapat mempermudah urusan desain proyek, teknik, konstruksi, dan manufaktur profesional.

  1. Fusion 360

Fusion 360 merupakan software berbasis cloud yang berfungsi menggabungkan desain industrial dengan mekanik 3D. Lewat Fusion 360, berbagai perangkat permesinan yang terlibat selama proses bisa saling berkolaborasi.

  1. Autodesk Rendering

Software ini memungkinkan Anda menghasilkan rendering yang berkualitas tinggi dari berbagai desain dan model.

  1. HSMWorks

Software HSMWorks berfungsi untuk segala kebutuhan solidworks dan sudah terintegrasi dengan 2,5- 5 axis CAD atau CAM.

  1. Autodesk Drive

Solusi penyimpanan cloud yang memungkinkan setiap individu atau tim kecil untuk mengatur, melihat pratinjau, dan berbagi ragam jenis desain atau model data.

  1. ReCap Pro

ReCap Pro merupakan layanan yang bisa membuat data 3D beresolusi tinggi dari berbagai foto dan langsung divisualisasikan serta dibagikan secara 3D melalui cloud. Jadi, data dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

  1. Factory Design Utilities

Software ini dapat mengoptimalkan tata letak pabrik 2D dan 3D sehingga hasil rancangan dan pemodelan bisa jauh lebih efisien. Perangkat lunak ini juga memungkinkan desainer mengetahui tampilan model digital yang dirancang dan membuat urusan komunikasi untuk proses selanjutnya lebih lancar.

Dari berbagai fungsi-fungsi tersebut, bisa disimpulkan bahwa berbagai peranti lunak yang ada pada Autodesk PDMC saling terhubung dan membantu proses pengerjaan desain proyek skala besar.

Berbagai fitur pengumpulan dan penghubungan itu memungkinkan terjadinya pengolahan seluruh data 2D dan 3D yang telah dikerjakan, termasuk data-data yang tersimpan di dalam cloud, lebih terpadu dalam sebuah model yang lengkap.

Dengan berbagai fungsi tersebut, pelaku industri manufaktur dapat melakukan simulasi, mempelajari potensi kerugian, dan melakukan revisi data secara lebih mudah.

Bukan hanya itu saja, berbagai model-model product design yang sudah dibuat dalam format CAD atau melalui aplikasi BIM juga bisa langsung ter-update secara otomatis saat melakukan revisi pada file utama.

Lewat penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa berbagai fitur dalam serangkaian software pada Autodesk PDMC dapat menjadi solusi mutakhir dalam industri manufaktur.

Untuk itu, tunggu apalagi? Segera gunakan paket Autodesk PDMC sekarang juga. Hanya lewat satu paket pembelian, Anda bisa memperoleh manfaat dari belasan software berkualitas yang membuat kinerja industri manufaktur makin optimal. Dapatkan brosur lengkap mengenai informasi Autodesk PDMC dengan mengisi formulir di laman berikut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.