Advertorial

Peringati Hari Bumi, Alfamart Tanam 15.000 Pohon untuk Indonesia

Kompas.com - 22/04/2021, 14:45 WIB
Sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, program Alfamart Sahabat Bumi menanam 15.000 pohon untuk Indonesia. Dok. AlfamartSebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, program Alfamart Sahabat Bumi menanam 15.000 pohon untuk Indonesia.

KOMPAS.com - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selaku pengelola jaringan ritel modern Alfamart menunjukkan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan melalui kampanye Alfagreen.

Kampanye tersebut dituangkan dalam program bertajuk “Alfamart Sahabat Bumi.” Melalui program ini, Alfamart menargetkan penanaman 15.000 bibit pohon di berbagai daerah di Indonesia pada 2021.

Program Alfamart Sahabat Bumi diwujudkan dengan penanaman 1.500 bibit pohon di 12 kota dan kabupaten di Indonesia. Adapun program ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April.

Corporate Communication General Manager Alfamart Nur Rachman mengatakan, Alfamart Sahabat Bumi merupakan inisiasi perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang lestari.

“Alfagreen merupakan salah satu dari lima pilar program corporate social responsibility (CSR) kami. Program ini diwujudkan dengan menanam 15.000 bibit pohon yang juga merupakan simbol dari jumlah toko kami (pada) tahun ini,” jelas Nur Rachman dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Bibit pohon tersebut, kata Nur Rachman, ditanam di berbagai tempat, seperti pinggir sungai, hutan kota, lahan rawan, dan jalan raya. Jenis pohon yang ditanam pun beragam, antara lain pohon buah, pohon pelindung, dan pohon produktif.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Melalui gerakan itu, kami berusaha untuk memberi kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya memiliki lingkungan asri yang minim polusi dan terhindar dari bencana. Program ini juga mewariskan sesuatu yang berguna di masa mendatang,” ujar Nur Rachman.

Salah satu lokasi penanaman pohon tersebut adalah Sungai Cisadane di Kabupaten Tangerang, Banten. Di sana, Alfamart menanam 200 pohon buah di pinggir sungai.

Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan membersihkan sungai, pelepasan bibit ikan, dan pemasangan waste trap atau penahan sampah untuk mencegah risiko banjir.

Dalam kegiatan itu, Alfamart menggandeng dinas lingkungan hidup dan kehutanan kota dan kabupaten, warga, serta komunitas pegiat lingkungan setempat sebagai mitra perawatan dan pemanfaatan pohon yang ditanam.