Advertorial

Cocok Buat Gaming, Ini 5 HP Asus Terbaik 2021

Kompas.com - 23/04/2021, 19:03 WIB
Bermain gim GRID Autosport dengan Asus ROG Phone 5. Dok. Shutterstock/Jovana KuzmanovicBermain gim GRID Autosport dengan Asus ROG Phone 5.

KOMPAS.com – Seiring perkembangan zaman, ada banyak game atau gim yang bisa dimainkan melalui smartphone berbasis Android.

Meski demikian, resolusi bawaan gim masa kini yang sudah Full High Definition (FHD) menuntut pemain untuk memiliki perangkat dengan spesifikasi yang mendukung. Hal ini dilakukan guna menghindari lag selama bermain.

Menanggapi kebutuhan para gamer, saat ini banyak bermunculan handphone (HP) yang dirancang khusus untuk menunjang pengalaman bermain gim di ponsel agar lebih optimal. Salah satu merek HP yang mengeluarkan perangkat Android khusus gaming adalah Asus. 

Berikut ulasan lengkap untuk mengetahui tipe HP gaming Asus terbaik 2021.

  1. Asus ROG Phone 5

Melengkapi seri Republic of Gamers (ROG) besutannya, Asus menghadirkan seri ASUS ROG Phone 5 untuk para mobile gamer.

Dirilis pada Maret 2021, ponsel pintar khusus gaming itu muncul dengan chipset terbaru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888 bermanufaktur 5 nanometer (nm) dan kartu grafis Adreno 660. Kelebihan ini membuat Asus ROG Phone 5 memiliki performa yang bagus, terutama dalam urusan bermain gim.

Ponsel penerus ROG Phone 3 tersebut memiliki kapasitas baterai sebesar 6.000 mAh dengan teknologi fast charging 65 watt (W) yang diklaim mampu mengisi baterai hingga 100 persen hanya dalam 52 menit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kapasitas baterai yang besar tersebut membuat para gamer tidak perlu mengisi daya setiap saat.

Selain itu, Asus ROG Phone 5 juga dilengkapi teknologi reverse charging atau pengisian balik 10 W, Power Delivery 3.0, dan Quick Charge 5. Kehadiran teknologi ini membuat HP Asus ROG Phone dapat digunakan untuk mengisi daya pada perangkat lain.

Dilengkapi dengan fitur Near-Field Communication (NFC), Asus ROG Phone 5 tersedia dalam berbagai kapasitas random access memory (RAM) dan ruang penyimpanan, mulai dari RAM 8 gigabyte (GB)/128 GB, RAM 12 GB/256 GB, hingga RAM 16 GB/512 GB.

Walaupun dikenal sebagai ponsel gaming, Asus ROG Phone 5 juga memiliki kamera berkualitas dan dapat diandalkan untuk menciptakan hasil gambar yang jernih.

Perangkat tersebut dibekali kamera utama beresolusi 64 megapiksel (MP), kamera ultra wide 13 MP, dan kamera depan 24 MP.

Soal harga, Asus ROG Phone 5 dibanderol dengan harga Rp 13,7 juta hingga Rp 17,1 juta.

  1. Asus ROG Phone Ultimate

Meskipun diluncurkan berbarengan dengan seri ROG Phone 5, Asus ROG Phone Ultimate dibekali dengan chipset gaming terbaru dan tertinggi, yaitu Qualcomm SM8350 Snapdragon 888. Sementara untuk grafis, Asus ROG Phone Ultimate mengusung Adreno 666.

Pada segi kamera, HP gaming terbaru besutan Asus tersebut dibekali dengan kamera belakang utama beresolusi 64 MP, kamera ultra wide 13 MP, dan makro 5 MP.

Pengguna juga dapat menikmati selfie dan video conference secara jernih dengan kamera depan beresolusi 24 MP.

Adapun untuk baterai, Asus ROG Phone Ultimate memiliki daya 6.000 mAh dengan fitur fast charging 65 W, RAM 18 GB, dan ruang penyimpanan sebesar 512 GB.

Sebagai informasi, Asus ROG Phone Ultimate dibanderol dengan kisaran harga Rp 22,2 juta.

  1. Asus ROG Phone 5 Pro

Dibekali layar berukuran 6,78 inci dengan teknologi active matrix organic light emitting diode (AMOLED), Asus ROG Phone 5 Pro merupakan versi tertinggi dari seri Asus ROG Phone 5.

Dengan teknologi layar tersebut, Asus ROG Phone 5 Pro mampu menampilkan 1 miliar warna, refresh rate 144 hertz (Hz), HDR10+, tingkat kecerahan 800 nits, dan kerapatan piksel 395 ppi.

Ponsel gaming tersebut juga memiliki bodi yang kekar berkat material Gorilla Glass Victus pada area depan, Gorilla Glass 3 pada cangkang, dan bahan aluminium pada sisi samping.

Terkait konektivitas, Asus ROG Phone 5 Pro dilengkapi dengan fitur NFC dan Bluetooth 5.2.

Sama seperti Asus ROG Phone terbaru lainnya, HP ini dilengkapi chipset terbaru Snapdragon 888 dan kartu grafis Adreno 660.

Selain itu, Asus ROG Phone 5 Pro juga memiliki kapasitas baterai 6.000 mAh dengan fitur fast charging yang mampu mengisi daya baterai hingga penuh hanya dalam 52 menit.

Untuk kamu yang ingin memiliki Asus ROG Phone 5 Pro, kamu bisa menyiapkan dana sekitar Rp 20,5 juta.

  1. Asus ROG Phone 3

Sebagai ponsel pertama yang menghadirkan chipset Snapdragon 865+, Asus ROG Phone 3 menjadi salah satu ponsel gaming dengan nilai plus.

HP gaming yang disambut positif oleh para gamer sejak kehadirannya pada 2018 tersebut merupakan generasi ketiga seri Asus ROG Phone.

Adapun Asus ROG Phone 3 dibekali dengan RAM sebesar 16 GB pada Low Power DDR (LPDDR) 5 dan memori internal sebesar 512 GB dengan Universal Flash Storage (UFS) 3.1.

Sementara untuk layar, HP gaming tersebut dibekali teknologi HDR10+ dan refresh rate 144 Hz. Dengan teknologi ini, ASUS ROG Phone 3 dirancang khusus untuk menunjang immersion dalam bermain gim.

Saat ini, Asus ROG Phone 3 dibanderol dengan kisaran harga Rp 14,9 juta.

  1. Asus ROG Phone 3 Strix

Jika merasa berbagai fitur canggih pada ASUS ROG Phone 3 terlalu overkill, kamu bisa memilih versi yang lebih ringan, yaitu Asus ROG Phone 3 Strix Edition.

Dengan harga yang lebih murah, Asus ROG Phone 3 Strix dibekali dengan spesifikasi yang hampir serupa dengan Asus ROG Phone 3.

Soal chipset, HP gaming tersebut menggunakan Snapdragon 865 dengan memori internal hingga 256 GB.

Asus ROG Phone 3 Strix juga memiliki layar sebesar 6,95 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel.

Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan kamera utama yang menggunakan sensor flagship Sony IMX686 beresolusi 64 MP, kamera ultra wide 13 MP, dan lensa makro 5 MP.

Kamu bisa mendapatkan Asus ROG Phone 3 Strix pada kisaran harga Rp 9,9 juta.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.