Advertorial

Jaga Kesehatan Tubuh di Bulan Ramadhan dengan ProHealthy Ramadan Prodia

Kompas.com - 25/04/2021, 22:17 WIB
Pemeriksaan kesehatan ProHealthy Ramadan Prodia membantu mengetahui kondisi kesehatan secara umum. Dok. ProdiaPemeriksaan kesehatan ProHealthy Ramadan Prodia membantu mengetahui kondisi kesehatan secara umum.

KOMPAS.com - Menjalankan ibadah puasa di masa pandemi Covid-19 tidaklah mudah. Dibutuhkan persiapan tepat agar tubuh tetap prima. Dengan begitu, ibadah puasa dapat berjalan lancar hingga hari kemenangan.

Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah menjaga pola makan dengan bijak. Pasalnya, orang yang berpuasa sering kali kesulitan mengontrol asupan makanan dengan benar, baik ketika sahur maupun berbuka puasa. Hal ini berisiko mengakibatkan sejumlah gangguan kesehatan.

Perut yang kosong saat berpuasa memungkinkan seseorang mengalami gangguan asam lambung, khususnya bagi penderita penyakit mag.

Sakit kepala juga menjadi salah satu gangguan kesehatan yang patut diwaspadai. Sebab, asupan glukosa dalam tubuh akan berkurang ketika berpuasa. Tekanan darah pun menjadi rendah.

Selain itu, saat berpuasa, dehidrasi juga rentan terjadi. Menahan dahaga ketika berpuasa membuat cairan tubuh berkurang. Apalagi, jika kebutuhan cairan tidak terpenuhi dengan baik ketika sahur.

Gangguan kesehatan yang juga sering muncul saat berpuasa adalah radang tenggorokan. Hal ini diakibatkan konsumsi makanan berminyak berlebih saat berbuka.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain makanan berminyak, banyak orang juga cenderung asal makan santapan berbuka dan abai akan kandungan gizi seimbang. Padahal, makanan yang minim vitamin dan serat ini dapat memicu gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Oleh sebab itu, agar ibadah puasa tidak terganggu, pastikan tubuh selalu sehat. Apalagi, imun tubuh juga harus selalu terjaga selama pandemi agar tidak mudah terserang beragam penyakit dan memperbesar risiko tertular virus corona.

Selain menjaga pola makan, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin agar tubuh tetap sehat selama berpuasa. Anda dapat melakukan pemeriksaan ini di Prodia.

Pada bulan suci Ramadhan, Prodia menyediakan paket pemeriksaan kesehatan ProHealthy Ramadan yang dapat membantu Anda menjaga tubuh agar selalu sehat dan prima selama berpuasa. Pemeriksaan laboratorium ini dilakukan dengan pengambilan sampel darah.


Untuk diketahui, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), pengambilan darah untuk pemeriksaan laboratorium tidak membatalkan puasa. Pemeriksaan ini hanya membutuhkan sedikit darah sehingga tidak akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh.

Adapun waktu pengambilan darah yang ideal adalah 10 hingga 12 jam setelah santap sahur. Sebagai contoh, jika sahur pada pukul 04.00, pengambilan darah dapat dilakukan pada pukul 15.00.

Sebagai informasi, ProHealthy Ramadan merupakan serangkaian pemeriksaan kesehatan dasar yang dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara umum. Hal ini dapat dilakukan sebagai salah satu persiapan untuk menjalankan ibadah puasa.

Dengan paket ProHealthy Ramadan, Anda dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh, mulai dari fungsi organ hingga metabolisme.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui risiko kelainan atau penyakit yang sering muncul, misalnya kelainan darah, gangguan metabolisme lemak dan gula, serta gangguan fungsi hati dan ginjal.

Prodia juga menghadirkan layanan pemeriksaan Prodia PULS Cardiac Marker.
Pemeriksaan ini membantu mengidentifikasi risiko serangan jantung dalam lima tahun ke depan, meskipun tanpa ada tanda atau gejala sebelumnya.

Saat ini, Prodia memberikan potongan harga sebesar 20 persen untuk pemeriksaan ProHealthy Ramadan dan Prodia PULS Cardiac Marker di seluruh cabang Laboratorium Klinik Prodia. Program ini berlangsung dari 12 April hingga 9 Mei 2021.

Untuk informasi selengkapnya, Anda dapat mengunjungi laman resmi www.prodia.co.id atau menghubungi Prodia di nomor 1500 830.